8 Bahan Pengganti Bumbu Masakan Utama, Biar Nggak Perlu Repot Beli ke Luar Rumah

02 March 2019, at 00:00
0
0
8 Bahan Pengganti Bumbu Masakan Utama, Biar Nggak Perlu Repot Beli ke Luar Rumah

Para ibu-ibu pasti pernah merasakan sulitnya mencari bahan masakan untuk membuat sajian favoritnya para anggota keluarga. Wah, pasti akan merasa kebingungan bukan?

Nah, ternyata bahan masakan tersebut bisa diganti dengan bahan lainnya lho. Tentu tanpa mengurangi cita rasa pada masakan, pengganti aneka bumbu ini bisa digunakan.

Apa saja ya itu? Yuk simak!

1. Tepung Roti

tepung roti
indotrading.com

Saat ingin memasak chicken katsu tapi lupa membeli tepung roti, sudah tak perlu gelisah. Pasalnya kamu bisa menggantikannya dengan tepung panko atau bisa juga dengan oatmeal asin yang sudah diremukan.

Tak sampai di situ, menggunakan keripik renyah yang sudah ditumbuk halus juga bisa digunakan untuk mengganti tepung roti lho. Bagaimana ingin mencobanya tidak?

2. Paprika Merah

paprika merah
indonesian.alibaba.com

Ada yang menggunakan paprika merah untuk menambah rasa pedas pada masakan? Nah, berhubung harganya yang terbilang cukup mahal.

Bahan masakan pedas ini juga bisa digantikan dengan lada hitam bubuk. Keduanya sama-sama memberikan rasa pedas dan menghangatkan tenggorokan.

3. Pala

bisa pala
indotrading.com

Pala memang nikmat saat ditambahkan pada menu masakan sop sayur. Rasanya yang pedas menghangatkan juga bisa menjaga kesehatan mulut.

Nah kalau kamu saat ini ingin sekali menggunakan resep sop tapi nggak punya pala, ternyata bisa digantikan dengan jahe yang juga memiliki khasiat sama.

4. Tepung Maizena

tepung maizena
livestrong.com

Menyebalkan memang saat asyik memasak sesuatu, tapi lupa membeli bahan utamanya. Buat kamu yang lupa menyiapkan tepung maizena agar kuah masakan menjadi kental.

Ganti saja dengan tepung terigu biasa. Hanya takarannya harus sama dengan menggunakan tepung maizena pada resep.

Baca juga : 8 Bahan Alami ini Hasilkan Warna Hitam pada Makanan, Ide Memulai Bisnis Kuliner Nih

5. Kecap Jepang

kecap jepang
fussfreecooking.com

Pada saat membuat ramen diperlukan bahan kecap Jepang untuk menambahkan rasa nikmat. Hanya saja membeli shoyu harus datang ke supermarket terlebih dahulu.

Nah, agar tidak jauh-jauh beli ke sana mending kamu siapkan saja kecap asin di pasar dan menambahkannya dengan satu sendok air agar lebih cair.

6. Madu

madu
hellosehat.com

Penggunaan madu juga bisa diganti dengan campuran gula pasir dan air. Hanya saja vitamin yang diberikan tidak seberapa tinggi.

Menggunakan madu pada masakan juga akan menambah cita rasa lezat. Hanya saja menggantikan madu dengan campuran gula dan air tidak mengurangi rasa pada masakan kok.

7. Bumbu Szechuan

bumbu szenchuan
seriouseats.com

Bumbu masakan yang satu ini sering kali digunakan untuk memasak masakan khas China. Bahan ini merupakan campuran dari rempah-rempah pilihan yang ternyata juga bisa diganti lho.

Caranya mudah hanya perlu menyiapkan jintan sebagai penggantinya. Rasanya yang hampir mirip dan juga tidak mengubah warna masakan.

8. Gula dan Garam

gula dan garam
letstalksugar.com

Agar tak menggunakan MSG karena dapat memicu kanker, ada baiknya untuk menggantinya dengan bahan masakan sederhana seperti gula dan garam.

Tentu kedua bahan tersebut dalam memberikan rasa lezat dan gurih untuk kaldu sup maupun olahan daging lainnya. Bisa juga ditambah dengan bubuk paprika agar lebih nikmat dan ketagihan.

Itulah delapan bahan pengganti bumbu masakan yang bisa dicoba, agar masakan tetap lezat walau lupa membeli bahan aslinya. Cobain yuk, sobat Qupas!

0 Comment