8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!

10 November 2018, pada 04:00
0
0
8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!

Taman Nasional Baluran (TNB) bisa dibilang adalah salah satu destinasi wisata kebanggan Situbondo, Jawa Timur. Di sini, kamu bisa menyaksikan hamparan padang savana yang cantik.

Wisata alam ini pun dijuluki sebagai Africa van Java. Sebab lanskapnya pasti akan mengingatkanmu pada ciri khas Afrika.

Kawasan konservasi berbagai macam flora dan fauna ini juga seolah menjadi miniatur hutan di Indonesia. Sebab ada beberapa jenisnya ada di Taman Nasional Baluran, seperti:

  • Hutan tropis
  • Hutan hujan pegunungan
  • Hutan pantai
  • Hutan mangrove dan rawa asin
  • Hutan payau
  • Hutan musim

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/olinrullysas

Taman Nasional Baluran sendiri berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Letaknya pun ada di perbatasan antara Situbonto dan Banyuwangi.

Jadi kamu bisa mengaksesnya dari kedua kabupaten tersebut.

Soal tiket masuk, kamu cukup menyediakan budget mulai dari lima belas ribu rupiah (hari biasa) dan tujuh belas ribu lima ratus rupiah (hari libur).

Sangat terjangkau kan? Apalagi kamu bisa dengan puas menyaksikan kecantikan alamnya seperti ulasan Qupas berikut ini. Yuk simak!

1. Indahnya Padang Savana Bekol

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/biokamuthia

Salah satu daya tarik dari Taman Nasional Baluran adalah padang savananya yang luas. Bahkan terkadang kondisinya yang tandus pasti akan mengingatkanmu dengan Afrika.

Tepatnya di Savana Bekol, kamu nggak hanya bisa menyaksikan hamparan daratan yang tandus maupun subur (saat musim penghujan). Beragam aktivitas satwa liar pun bisa kamu saksikan secara langsung.

Untuk bisa pengalaman tersebut, biasanya para wisatawan akan diajak menjelajah menggunakan jeep.

Keindahan dari savana Bekol ternyata juga menarik minat sejumlah wisatawan untuk mengabadikan momen-momen spesial. Mulai dari melakukan foto prewedding hingga menjadikannya lokasi syuting film atau video klip.

2. Mengamati kehidupan binatang di alam liar

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/ferdiza

Selama berada di padang savana, para wisatawan akan diajak mengamati sejumlah aktivitas satwa liar. Mulai dari rusa Jawa atau kancil hingga banteng yang populasinya kini semakin menyusut.

Bahkan kalau beruntung, kamu juga dapat melihat cantiknya si burung merak atau gagahnya burung elang yang melintas di langit.

Banyaknya binatang liar di Taman Nasional Baluran ternyata juga berkaitan dengan konservasi serta pelestarian hewan-hewan tersebut.

Apalagi  beberapa di antaranya dapat dikategorikan ke dalam kelompok hewan yang rawan punah. Maka dari itu, jangan sampai melakukan tindakan yang merusak alam saat mengunjungi Taman Nasional Baluran ya!

3. Menikmati keindahan Evergreen

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/zulisme

Sejauh 6 sampai 9 kilometer dari pos jaga, kamu akan melewati hutan sepanjang tahun atau dikenal dengan nama "Evergreen". Unik ya?

Ya, karena hutan ini selalu terlihat hijau karena berada di kawasan cekungan yang dibawahnya terdapat sungai bawah tanah.

Pepohonan di kawasan ini cukup rimbun dan menutupi jalan. Benar-benar memanjakan mata bagi siapapun yang melewatinya.

Terlebih lagi saat kamu datang di bulan Desember-Februari, dimana banyak kupu-kupu tampak di ranting pepohonan maupun kubangan air.

4. Menyegarkan Diri di Pantai Bama

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/agnesflorencia

Usai berpanas-panasan di "The Little Africa"-nya Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi Pantai Bama. Lokasi wisata satu ini cukup tersembunyi di bali keindahan Taman Nasional Baluran.

Meski begitu, kamu nggak akan kecewa begitu sampai di Pantai Bawa. Sebab panorama alamnya sangat eksotis. 

Hamparan pasir putih yang halus dan jernihnya air laut pasti akan membuatmu terpukau. Bahkan ombaknya yang tenang pun juga menjadikan Pantai Bama sebagai salah satu tempat yang aman untuk snorkeling.

Oh iya, di lokasi satu ini kamu juga bisa menemukan sejumlah satwa liar seperti kera abu-abu ekor panjang dan beragam jenis burung yang sangat cantik.

Baca juga: Pasir Putih Situbondo dan Pantai di Sekitarnya yang Nggak Kalah dengan Bali

5. Menaklukan Puncak Gunung Baluran

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
wisataku.id

Kamu yang memiliki jiwa petualang dapat memilih opsi lain untuk menikmati keindahan Taman Nasional Baluran.

Yap! Salah satunya adalah dengan mendaki Gunung Baluran. Wilayah dataran tinggi ini punya ketinggian sekitar 1.247 meter.

Saat berada di Savana Bekol, Gunung Baluran selalu menjadi latar belakang yang memperkuat keindahan alam Taman nasional Baluran.

Menariknya lagi, saat berada di puncak Gunung Baluran, kamu bisa menyaksikan luasnya savana Bekol dari ketinggian.

Kendati demikian, kamu yang akan mendaki gunung ini perlu berhati-hati karena banyaknya jurang curam yang mengelilingi.

6. Berfoto di Hutan Mangrove

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
instagram.com/ellyanasitorus

Salah satu spot yang wajib didatangi sesampainya di Pantai Bama adalah kawasan hutan mangrove.

Lokasi satu ini nggak hanya mengizinkan para pengunjung menjelajah rimbunnya hutan mangrove. Hijaunya pepohonan yang dibelah oleh jembatan kayu pun menjadi salah satu tempat paling sempurna untuk berfoto. 

Nggak hanya di jembatan saja, kamu juga dapat berjalan hingga ke ujung jembatan di mana terdapat bangunan terbuka untuk melempar pandangan ke arah laut.

Di sini kamu pun bisa menikmati momen terbenamnya matahari. Menariknya lagi, kamu yang hobi memancing juga bisa coba menangkap ikan di kawasan ini.

7. Menyapa Hewan-Hewan Kecil di Bawah Air

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
superadventure.co.id

Selain menyusuri hutan mangrove, kamu juga dapat mendatangi spot diving dan snorkeling yang masih berada di sekitaran Pantai Bama.

Alat untuk melakukan olahraga menyenangkan ini pun bisa disewa di kantor operasional yang ada di Pantai Bama.

Selama perjalanan untuk mendatangi spot untuk menyapa ikan-ikan kecil, pengunjung akan dibawa menaiki perahu dengan dasaran kaca.

Nggak hanya disambut dengan batuan karang berwarna-warni, kamu juga dapat menemukan anemon laut yang beragam. Kalau beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan ikan Nemo.

Meski begitu, jangan sampai merusak karang yang ada demi menjaga kelestarian alam ya!

8. Bertandang ke Gua Jepang

8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!
balurannationalpark.web.id

Bukan hanya panorama alamnya yang berhasil menyita perhatian para turis. Taman Nasional Baluran juga menyimpan saksi bisu sejarah Indonesia.

Adalah Gua Jepang yang berada di sekitar pos 1 Taman Nasional Baluran. Dulunya tempat ini merupakan benteng pertahanan yang digunakan para tentara Jepang.

Bahkan, gua yang berukuran sekitar 12 meter ini juga disebut-sebut sebagai tempat untuk menyimpan senjata serta amunisi.

Meski kini Gua Jepang sudah nggak digunakan lagi, tapi bangunan ini masih punya daya tarik tersendiri bagi para turis Taman Nasional Baluran.

Apalagi Gua Jepang tersebut dibangun di bawah sebuah pohon besar yang membuatnya semakin unik. Coba saja hunting foto di sini!

Wah, siapa yang akan menyangka jika Taman Nasional Baluran benar-benar menjadi salah satu destinasi wisata terlengkap.

Nggak hanya dikenal sebagai "The Little Africa" karena Savana Bekolnya. Di sini kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan. Jadi kapan nih akan liburan ke Taman Nasional Baluran?

0 Komentar