8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

07 January 2019, pada 09:00
1
0
8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

Bumbu dapur biasanya digunakan untuk memasak agar memberikan rasa pasa makanan. Namun beberapa bahan ini ternyata telah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan dalam bumbu dapur tertentu.

Sebuah riset telah menemukan khasiat rempah-rempah pada kesehatan. Manfaat tersebut termasuk mencegah kanker, memerangi peradangan, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat dan lain sebagainya.

Penasaran kan apa saja bumbu dapur yang punya manfaat bagi kesehatan? Ini dia 8 bumbu dapur di bawah ini bisa bikin kamu panjang umur. Yuk simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Lada Hitam

lada hitam
pexels.com/@pixabay

Pada buku yang berjudul "Eat Better, Live Longer: Understand What Your Body Needs to Stay Healthy" karya ahli gizi Inggris bernama Juliette Kellow dan Dr. Sarah Brewer, lada hitam terbukti sebagai bumbu masak yang ramah pada jantung.

Hal ini karena lada hitam mengandung alkaloid yang berfungsi untuk meningkatkan kerja perncernaan. Selain itu, lada hitam juga bisa menjadi pengganti garam. Terlalu banyak mengonsumsi garam dipercaya memunculkan dampak buruk bagi jantung dan ginjal.

2. Kayu Manis

kayu manis
pexels.com/@daria-shevtsova

Bagi penderita diabetes, kayu manis bisa sangat membantu. Bumbu dapur satu ini bisa menurunkan kadar gula darah dan mengontrol berat badan penderita. Bukan hanya itu, kayu manis juga mengandung senyawa anti infeksi.

Oleh sebab itu, mengonsumsi kayu manis dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit dan mengurangi peradangan.

3. Jahe

jahe
pexels.com/@pixabay

Kalau yang satu ini memang selain digunakan untuk bahan masakan sering kali digunakan sebagai bahan minuman, yaitu wedang jahe. Jika kamu suka mengonsumsi minuman tersebut, kamu sudah memperbesar peluang panjang umurmu.

Hal tersebut karena jahe mengandung gingerol yang bermanfaat untuk penderita osteoarthritis. Selain itu, jahe juga juga dikenal ampuh dalam mengatasi mual.

4. Cabai

cabai
pexels.com/@belart84

Siapa sangka cabai juga merupakan bumbu masak yang bisa membuat orang panjang umur?

Jika kamu penggemar sambal atau pedas, bersyukurlah! Ternyata cabai memiliki kandungan capcaisin yang dapat menghambat penyebaran kanker payudara, lho.

Selain itu, cabai juga menurunkan risiko kematian sebanyak 13 persen. Meskipun begitu, tetap konsumsi cabai sesuai takaran dan jangan berlebihan, ya!

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Berselera Makan, Cabai Juga Punya Manfaat Kesehatan

5. Rosemary

rosemary
pexels.com/@monicore

Bumbu dapur yang satu ini banyak ditemukan dan digunakan oleh masyarakat Italia. Hampir semua masakan mereka menggunkan daun rosemary. Daun ini mengandung minyal atsiri yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Dalam penelitian yang dilakukan pada penduduk Acciarolli, Italia, penduduk yang mengonsumsi rosemary secara teratur tidak mengalami masalah kesehatan dan panjang umur.

6. Kunyit

kunyit
medicalnewstoday.com

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang dapat membantu meredakan peradangan jangka panjang. Selain itu, beberapa penelitian memprediksi curcumin dapat mencegah dan membunuh sel kanker, terutama kanker payudara, usus, lambung dan kulit.

Para ahli menilai kunyit kaya akan antioksidan dan dapat memperpanjang usia seseorang.

7. Bawang Putih

bawang putih
pexels.com/@skitterphoto

Bumbu yang satu ini memang punya banyak manfaat. Bawang putih mengandung allicin yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam tubuh. Selain itu, bumbu ini juga kaya akan nutrisi, vitamin C, zat besi, dan kalsium, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga bawang putih bisa menangkal penyakit dan menyehatkan tubuh.

8. Ketumbar

ketumbar
kissparry.com

Bumbu masak yang terakhir adalah ketumbar. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi bumbu ini. Ketumbar bisa membantu mengobati anemia, melancarkan sistem pencernaan, serta mampu mengobati diare.

Bagi perempuan, ketumbar juga bisa bermanfaat untuk melancarkan siklus menstruasi, lho!

Nah, itu dia 8 bumbu dapur yang bisa bikin kamu panjang umur. Yuk konsumsi secara teratur! Tapi ingat, ada baiknya jika mengonsumsi segala sesuatu sesuai dengan porsi. Jangan berlebihan dan jangan kekurangan.

Mengonsumsi 8 bumbu dapur di atas secara rutin dan sesuai porsi akan membuat kamu menjadi sehat. Selain itu, kemungkinan memiliki umur yang panjang pun meningkat!

0 Komentar