8 Camilan Manis dan Gurih Khas Belanda, Lezatnya Bikin Ketagihan!

24 March 2019, at 12:00
1
0
8 Camilan Manis dan Gurih Khas Belanda, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Bicara soal Belanda pasti yang ada di benak sobat Qupas adalah masa penjajahan. Ternyata Negeri Kincir Angin itu tak melulu meninggalkan kisah suram di tanah Ibu Pertiwi.

Tapi juga berbagai kuliner yang turun temurun dan memengaruhi Nusantara. Seperti delapan camilan khas berikut yang mungkin diantaranya ada yang pernah kamu cobain.

Apa saja ya itu? Simak deh artikel berikut ini.

1. Saucijzenbroodje

camilan khas belanda sosis gulung
uitpaulineskeuken.nl

Camilan gurih ini biasa disebut dengan sosis gulung. Di Indonesia sendiri beberapa kedai yang menjual jajanan pasar juga menyediakan menu tersebut.

Berisikan daging sapi cincang yang digulung dengan puff pastry, bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah.

2. Spekkoek

camilan spekkoek
insimoneskitchen.com

Lapis legit menjadi salah satu kue basah tradisional di Nusantara. Kue ini memang pertama kalinya menyebar pada masa penjajahan Belanda.

Dibuat dari campuran bubuk kayu manis, cengkeh, jahe, mentega tawar, dan tepung terigu. Biasanya menjadi menu suguhan saat acara kumpul keluarga.

3. Kaasstangels

foodiefeest.nl

Di beberapa tempat nongkrong, kastengel menjadi menu camilan favorit dengan rasa keju yang gurih. Saat hari raya tiba, jajanan ala Belanda ini nggak pernah absen di meja lho.

Banyak diantara ibu-ibu yang sering kali membuatnya sendiri di rumah. Itu karena bahan dan caranya yang mudah. Gimana, jadi ingin bikin kan?

4. Oliebollen

jajanan khas belanda
simoneskitchen.nl

Street food yang satu ini pasti sering kali kamu jumpai di pinggir jalan. Ini adalah roti goreng manis dengan taburan bubuk gula putih yang bikin rasa legit di lidah.

Bahan untuk membuatnya juga cukup mudah dicari, seperti tepung terigu, ragi instan, telur kocok, dan susu cair.

Baca juga : 5 Camilan Legit Warisan Belanda, yang Mana Favoritmu?

5. Tompouce

tompouce
bakkerijspecialiteiten.nl

Tompouce adalah camilan pastry yang memiliki bentuk persegi panjang dengan isian krim. Biasanya memiliki warna identik putih dan orange.

Di atasnya, masih diberi whipped cream yang manis. Biasanya disuguhkan dengan secangkir teh hangat di pagi hari.

6. Bitterballen

bitterballen
jocooks.com

Pernah makan kroket isian daging sapi? Nah, ini namanya dalam bahasa Belanda. Dengan isian yang sama bedanya hanya pada cocolannya saja, mustard dan saus sambal.

Baso bulan goreng ini juga jadi camilan mengenyangkan karena isiannya yang menggugah selera. Bikin pengen makan banyak ya!

7. Poffertjes

allaboutcuisines.com

Camilan layaknya sebuah pancake mini ini cara membuatnya cukup mudah lho. Hanya dengan bermodalkan tepung terigu dan ragi instan.

Baca juga: Resep Pancake Mudah dan Lembut dengan Bahan Murah

Tak lupa dengan taburan gula halus putih yang semakin membuat terasa manis. Teksturnya pun cukup fluffy.  

8. Schuimpjes

camilan manis ala Belanda
wallflowergirl.co.uk

Camilan manis yang satu ini biasa disuguhkan saat hari raya besar dan disukai oleh anak-anak kecil. Rasanya yang manis dan legit dari cream padat di atasnya.

Untuk membuatnya, kamu pun hanya perlu gula putih, cream of tartar dan tepung maizena. Praktis bukan?

Nah, diantara delapan camilan khas Belanda ini mana nih yang mau kamu buat terlebih dulu? Yang pasti hampir semua bahan dasar membuat jajanan enak itu mudah di dapatkan di Indonesia ya!

0 Comment