8 Cara Memanfaatkan Susu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut ini Terbukti Beri Hasil Nyata

12 March 2019, at 03:30
0
0
8 Cara Memanfaatkan Susu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut ini Terbukti Beri Hasil Nyata

Susu murni adalah salah satu bahan alami yang sering ditemukan dalam produk kecantikan. Tak hanya itu, minuman sehat ini juga bisa dimanfaatkan sendiri untuk merawat wajah, kulit, juga rambut lho.

Hal ini karena susu murni memiliki kandungan protein, fosfor, kalsium, kasein, vitamin, dan mineral, yang selain bagus untuk kesehatan tubuh juga berkhasiat untuk merawat kecantikan.

Untuk itu, Qupas sudah merangkum sederet manfaat susu untuk wajah, kulit, juga rambut yang patut diketahui. Seperti berikut ini!

1. Mencerahkan kulit

manfaat susu untuk memutihkan badan dan wajah
stylecraze.com

Satu yang mungkin sudah kamu ketahui, susu bisa digunakan untuk memutihkan kulit. Asam laktat dan senyawa lain di dalamnya mengandung beta hydroxyl yang bisa membuat kulit jadi lembut, kenyal, dan lebih cerah.

Itulah mengapa, banyak pusat perawatan tubuh yang menawarkan fasilitas mandi susu untuk memutihkan badan.

Untuk memutihkan kulit sendiri di rumah, kamu bisa mencelupkan kapas ke susu murni lalu mengoleskannya ke permukaan wajah, tangan, dan kaki secara merata.

Baca juga: Cara Membuat Lulur Pemutih Badan dari Bahan Alami, Terbukti Berhasil

Diamkan selama 30 menit supaya kandungannya terserap sempurna hingga ke dalam kulit lalu bilas hingga bersih.

2. Melawan tanda penuaan

manfaat susu untuk melawan tanda penuaan
stylecraze.com

Kandungan enzim, protein, mineral, dan vitamin yang dimiliki susu juga bisa dimanfaatkan untuk melawan tanda-tanda penuaan. Caranya, gunakan sebagai masker.

Campurkan susu dengan pisang yang sudah dilumatkan lalu oleskan pasta ini ke wajah sebagai masker alami selama 15 menit.

Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Bila melakukan ritual ini secara rutin, garis-garis halus, keriput, atau tanda penuaan lainnya dijamin akan hilang.

3. Pelembab untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah

manfaat susu untuk melembabkan kulit
lionesse.net

Selain membantu mencerahkan, lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu murni telah terbukti efektif untuk menggantikan kelembaban kulit yang hilang.

Untuk perawatan kulit kering ini, cukup sediakan semangkuk kecil susu murni. Kemudian celupkan kapas dan usapkan secara merata pada wajah, bibir, atau area yang diinginkan.

Tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan air sembari memijat wajah dengan lembut.

4. Pengganti makeup remover

manfaat susu sebagai pengganti makeup remover
lionesse.net

Seperti yang diketahui, banyak produk makeup remover yang mengandung alkohol. Tapi bukan berarti kamu tak bisa membersihkan wajah.

Susu murni memiliki sifat anti inflamasi yang akan sangat bagus digunakan sebagai pengganti makeup remover. Bahkan untuk merawat kulit sensitif sekalipun.

Cara membersihkan wajah dengan susu pun cukup mudah. Siapkan semangkuk kecil susu lalu tambahkan dengan satu sendok teh minyak esensial, bisa olive oil, almond oil, dan sebagainya.

Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah dengan bantuan kapas.

Baca juga: Tak Disangka, Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover

5. Mengecilkan pori-pori

manfaat susu untuk mengecilkan pori-pori
ladysbeautycareblog.wordpress.com

Manfaat susu untuk wajah selanjutnya adalah untuk memangkas tampilan pori-pori lebar. Sehingga wajah akan terlihat mulus sempurna tanpa cela.

Cara memanfaatkannya pun tak kalah mudah. Cukup oleskan susu secara merata ke area muka dan leher.

6. Merawat rambut kering

manfaat susu untuk merawat rambut kering
uclub-international.com

Seperti yang dibahas pada poin 3, susu sangat efektif digunakan sebagai pelembab kulit dan bibir yang kering hingga pecah-pecah. Khasiatnya ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan rusak lho.

Langkahnya, buat pasta dari campuran susu, pisang, madu, dan minyak zaitun. Setelah itu balurkan pada rambut dan diamkan selama kurang lebih satu jam, baru bilas dengan air hingga bersih.

7. Mencegah rambut rontok

manfaat susu untuk mencegah rambut rontok
stylecraze.com

Shampo khusus rambut rontok saja biasanya kurang efektif untuk mencegah kerontokan yang sudah parah. Sebagai alternatif dan perawatan tambahan, kamu bisa buat masker dari susu.

Caranya, campurkan susu, kopi, yoghurt, telur, dan minyak zaitun. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut hingga merata.

Diamkan selama kurang lebih satu jam agar meresap sempurna, lalu bilas dengan air hangat setelahnya.

8. Membuat rambut lembut dan berkilau

manfaat susu untuk membuat rambut lembut dan berkilau
pinimg.com

Manfaat susu untuk kecantikan yang terakhir juga tak kalah menarik. Pasalnya, minuman menyehatkan ini mampu membuat rambut jadi terasa lebih lembut dan berkilau.

Kamu bisa mengusapkannya langsung ke rambut atau menaruh susu di botol spray lalu semprotkan hingga merata. Tunggu beberapa saat saja dan bilas dengan air sampai bersih.

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk dapatkan rambut lembut dan berkilau dalam waktu singkat.

Nah, itulah sederet manfaat susu untuk wajah juga kecantikan kulit dan rambut. Gimana, tertarik mencoba beberapa tips di atas di rumah?

0 Comment