8 Cara Menaikkan Berat Badan Biar Nggak Dibilang Cungkring

09 September 2018, at 02:57
0
0
8 Cara Menaikkan Berat Badan Biar Nggak Dibilang Cungkring

Bicara tentang penampilan, tentu saja tidak terlepas dari yang namanya bentuk tubuh. Sebab, bagaimanapun juga bentuk tubuh adalah yang utama, daripada pakaian yang menyelimuti tubuh itu sendiri. Oleh karenanya, ketika seseorang memiliki bentuk tubuh yang belum ideal, maka dia akan menjadi kurang percaya diri karena menganggap penampilannya masih kurang menarik.

Masalah utama yang sering menghambat seseorang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah faktor berat badan. Seperti diketahui, ketika seseorang terlalu gemuk atau terlalu kurus, maka dia tidak bisa dikatakan ideal.

badan terlalu kurus

Jika berat badan terlalu tinggi, alias gemuk, mungkin bisa cukup mudah diatasi dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur. Namun, bagaimana jika seseorang memiliki tubuh yang terlampau kurus? Sebab, dari kebanyakan kasus terjadi, orang bertubuh kurus sangat sulit untuk menaikkan berat badannya.

Hal itu juga berkenaan dengan urusan gen, ketika seseorang dilahirkan dengan gen kurus, maka biasanya dia akan sulit gemuk walau makan dalam jumlah banyak sekalipun. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa. Karena ada beberapa cara yang dipercaya bisa menambah berat badan menjadi lebih ideal dalam waktu singkat.

Penasaran? Yuk disimak!

Baca juga : Jangan Pernah Curang Saat Diet, Akibatnya Fatal!

1. Perhatikan Jadwal Makan

jadwal makan
hellosehat.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jadwal makan. Sebab, percuma saja jika kamu makan banyak tapi tidak terjadwal. Sebaiknya kamu makan dengan skala yang sering, namun porsi yang sedikit. Cara ini terbilang lebih efektif dan bisa menggemukkan badan secara cepat, daripada harus makan banyak tapi tidak terjadwal.

2. Wajib Sarapan

sarapan
friendlysrestaurants.com

Untuk mempercepat proses penggemukan tubuh, jangan pernah melewatkan sarapan. Sebab, sarapan sangat besar manfaatnya, seperti memberi cadangan energi. Semakin baik makanan yang kamu konsumsi saat sarapan, maka semakin baik pula tubuh menyerapnya dan mengubah menjadi massa otot.

3. Makan Perlahan

makan perlahan
pexels.com

Selanjutnya, kamu harus menerapkan cara makan yang baik dan benar, yaitu makan perlahan dengan mengunyah makanan sampai benar-benar halus. Sebab, makanan yang tidak halus akan membuat lembung menjadi lebih lelah dalam memprosesnya. Alhasil, sari makanan tidak dapat disebarkan secara baik ke seluruh tubuh.

4. Pilih Makanan Bergizi

makanan bergizi
orami.co.id

Dan yang tak kalah penting juga adalah perhatikan menu makanan yang kamu konsumsi. Agar tubuh cepat gemuk, sebaiknya kamu pilih makanan yang bergizi, seperti telur, daging, sayur, buah, ikan, dan susu. Beberapa makanan tersebut bisa kamu konsumsi secara rutin setiap hari agar proses penggemukan badan cepat membuahkan hasil.

5. Perbanyak Air Putih

minum air putih
orami.co.id

Yang tidak kalah penting juga adalah kamu harus memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Jika biasanya kamu kurang dari delapan gelas, maka perbanyaklah jumlahnya. Sebab, di dalam tubuh manusia, komposisi air adalah yang mendominasi, bisa sampai 60 persen. Tentu saja saat kamu kekurangan air, maka organ di dalam tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal.

6. Perbaiki Kualitas Tidur

tidur
orami.co.id

Salah satu penyebab seseorang menjadi susah gemuk adalah karena kualitas tidurnya tidak baik. Coba kamu perhatikan, seseorang yang sering begadang pasti akan memiliki tubuh yang kurus dan pucat. Oleh karenanya, memperbaiki kualitas tidur adalah cara yang tepat untuk menambah berat badan secara aman dan cepat.

7. Sering Konsumsi Jus

minum jus
detik.com

Kemudian, jangan biasakan ngemil makanan tidak sehat. Sebab, makanan tidak sehat itu justru bisa mengganggu proses pencernaan. Oleh karenanya, gantilah dengan jus buah yang ditambah susu. Kalau bisa, pilihlah buah-buah yang bernutrisi tinggi seperti apokat, pisang, dan pepaya agar proses penggemukan badan menjadi lebih cepat.

8. Rutin Berolahraga

olahraga
pixabay.com

Jika kamu ingin menambah berat badan secara cepat, maka sebaiknya untuk rutin berolahraga mulai sekarang. Sebab, olahraga yang intens bisa membakar materi jahat dan racun di dalam tubuh sehingga makanan yang masuk akan diproses dengan baik. Selain itu, berolahraga secara rutin juga bisa menambah selera makanmu loh!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan mulai sekarang. Selamat mencoba, ya!

0 Comment