8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami Supaya Kulitmu Halus Lagi

06 September 2018, at 08:53
0
0
8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami Supaya Kulitmu Halus Lagi

Cacar adalah sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus sehingga menimbulkan bintik-bintik hitam disertai rasa gatal. Secara umum, cacar bisa menyebabkan rasa gatal, demam, ruam, bahkan rasa tak nyaman pada beberapa bagian tubuh.

Bintik-bintik yang dihasilkan tersebut biasanya akan bertahan lama dan menyisakan bekas. Walaupun demam sudah sembuh dan virus sudah diusir, tapi bekasnya masih akan menempel. Hal tersebut tidak jadi masalah ketika berada pada bagian tubuh yang tertutup baju. Lantas, bagaimana pada bagian wajah?

cacar air pada wajah
abcnews.com

Yap, bekas cacar pada wajah memang seringkali menjadi masalah yang sulit diakhiri. Pasalnya, bekas cacar itu bisa merusak penampilan, apalagi bintik-bintik hitam itu berukuran besar. Oleh karenanya, banyak yang tidak percaya diri untuk keluar rumah setelah mengalami cacar. Mereka biasanya akan berdiam diri di rumah sampai bekas cacar benar-benar hilang semua.

Namun, menunggu bekas cacar menghilang tentu bukan waktu yang singkat, bukan? Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa saja cara menghilangkan bekas cacar supaya kulitmu halus lagi. Simak ya!

Baca juga : Wajah Gampang Berjerawat? Yuk ikuti Cara berikut Agar Wajah Mulus Alami Tanpa Foundation !

1. Air Kelapa

air kelapa
solusiibuattack.com

Air kelapa adalah salah satu air ajaib yang dipercaya bisa mengobati segala macam penyakit. Hal tersebut dikarenakan air kelapa kaya akan vitamin, mineral, serta zak aktif lainnya. Nah, lebih dari itu ternyata air kelapa juga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas cacar loh! Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air kelapa dengan susu dan air bersih, kemudian gunakan untuk mencuci muka secara rutin.

2. Minyak Kelapa

minyak kelapa
hellosehat.co

Tidak hanya airnya saja, minyak kelapa juga ampuh dalam menghilangkan bekas cacar pada kulit dan wajah. Hal itu juga dibuktikan dengan digunakannya minyak kelapa pada kebanyakan pusat terapi dan rileksasi. Sebab, minyak kelapa memang ampuh untuk membersihkan kulit dari dalam dan membuang sel-sel kulit mati dan mengganti dengan yang baru.

3. Madu

masker madu
vebma.com

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bekas cacar yang menempel di kulit tubuh dan wajah. Hal ini dikarenakan madu mengandung antibakteri dan antioksidan yang baik untuk meremajakan kulit serta menyembuhkan bekas luka. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan madu dan jeruk nipis dan aduk sampai merata. Kemudian, oleskan pada bekas cacar tersebut dan diamkan beberapa saat.

4. Pepaya

masker pepaya
bripoin.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalau pepaya adalah buah yang baik dalam mengangkat sel kulit mati, bukan? Oleh karenanya, tidak heran kalau pepaya sering diekstrak menjadi produk pembersih wajah. Nah, begitupula dengan bekas cacar, diklaim pepaya mampu menghilangkannya. Cara menggunakan juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan pepaya yang telah dicampur dengan susu atau madu, lalu gunakan sebagai masker dan tempelkan pada bekas cacar yang membandel.

5. Lidah Buaya

masker lidah buaya
miignon.com

Lidah buaya tidak hanya bisa menyehatkan rambut saja, tapi juga kulit. Sebab, lidah buaya kaya akan asam amino, air, dan antioksidan yangbisa menyembuhkan kulit dari berbagai masalah, salah satunya adalah bekas cacar. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong lidah buaya untuk mendapatkan gel-nya, kemudian oleskan pada bekas cacar dan biarkan sampai kering.

6. Sari Lemon

sari lemon
cream.id

Buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas. Selain itu, lemon juga bisa membuang racun di dalam tubuh secara alami sehingga cocok digunakan untuk membersihkan kulit, termasuk dari bekas cacar. Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan sari lemon pada bagian kulit yang hitam akibat cacar, lalu diamkan beberapa menit dan terakhir bilas dengan air bersih.

7. Ekstrak Bawang Bombai

ekstrak bawang
pexels.com

Kalau bahan alami yang satu ini memang sedikit aneh, tapi kamu tidak perlu takut karena cara ini aman dan telah digunakan sejak dulu. Hal tersebut dikarenakan ekstrak bawang bombai bisa memperbarui tekstur bekas luka pada kulit dengan mengembalikan produksi hormon serta darah. Akibatnya, proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan ekstrak ke bagian tubuh dan diamkan beberapa saat.

8. Kunyit

masker kunyit
breakingnews.co.id

Rempah yang satu ini memang dikenal sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagi macam penyakit, salah satunya adalah penyakit kulit. Oleh karenanya, orang zaman dulu sering menggunakan kunyit untuk mengobati luka pada kulit. Hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang bisa menurunkan risiko peradangan serta oksidasi yang menenangkan kulit. Selain itu, kolagen yang dikandungnya juga bisa merangsang jaringan kulit dalam reproduksi sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan bekas cacar.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas cacar di kulit wajah. Selamat mencoba!

0 Comment