Qupas Healthy

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami yang Mudah Diterapkan

18 December 2019, at 03:00
1
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami yang Mudah Diterapkan

Memiliki kulit mulus tanpa bercak mungkin menjadi salah satu impian banyak orang. Akan tetapi, luka goresan yang nggak terhindarkan seringkali menyisakan bekas luka.

Meskipun mungkin nggak berpengaruh pada kesehatan, namun bekas luka dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Maka dari itu, nggak heran kalau banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

Kamu salah satunya? Kalau iya, berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami yang telah Qupas rangkum khusus untukmu. Catat ya!

1. Lemon

menghilangkan bekas luka secara alami
earth.com

Cara menghilangkan bekas luka secara alami yang pertama adalah menggunakan lemon. Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya ini juga memiliki Alpha Hydroxy atau AHA yang berfungsi untuk penyembuhan kulit di dalamnya.

Selain itu, lemon juga dikenal sebagai pencerah kulit alami yang dapat membantu pertumbuhan sel baru serta mengembalikan elastisitas kulit sehingga sangat baik untuk memudarkan bekas luka.

Untuk menggunakannya, cukup peras lemon dan oleskan sarinya pada bekas luka. Tunggu sekitar 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Lidah Buaya

menghilangkan bekas luka
100percentpure.com

Tahu nggak sih, kandungan antioksidan dalam lidah buaya mampu membantu mengurangi bengkak, memudarkan bekas luka, dan kemerahan akibat terpapar cahaya matahari lho.

Cara menghilangkan bekas luka pada wajah, kaki, dan area lainnya menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskannya langsung (atau bentuk gel) pada kulit. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari agar hasilnya maksimal.

3. Bawang Putih

cara menghilangkan bekas luka dengan bawang putih
thehealthy.com

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan serta memudarkan luka. Kandungan antibiotik dan antimikroba di dalamnya ampuh mengurangi infeksi.

Cara menghilangkan bekas luka dengan bawang putih cukup mudah. Haluskan bawang putih secukupnya, campurkan sedikit air agar berbentuk pasta dan oleskan pada kulit. Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami, Coba Yuk!

4. Jagung

obat penghilang bekas luka
globalvillagespace.com

Jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas luka alami lho. Mengandung vitamin C dan likopen, bahan yang satu ini dapat melembutkan serta mengembalikan elastisitas kulit.

Selain itu, antioksidan dalam jagung juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah radikal bebas. Kamu bisa mengoleskan jagung parut, minyak jagung, bahkan tepung jagung sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar, cacar, dan lain sebagainya.

5. Kentang

cara menghilangkan bekas luka bakar
hearstapps.com

Cara menghilangkan bekas luka yang selanjutnya adalah menggunakan kentang. Memiliki enzim yang disebut sebagai katekolase, bahan alami yang satu ini dapat menekan produksi melanin berlebih pada kulit.

Potong kentang dengan ketebalan sedang, lalu gosokkan pada bekas luka yang ingin dihilangkan. Laukan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

6. Madu

cara menghilangkan bekas luka di kaki
phys.org

Siapa sih yang nggak tahu kalau madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan? Selain itu, ternyata bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini juga cocok digunakan untuk perawatan kulit lho.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan madu adalah dengan mengoleskannya pada kulit, kemudian ditutup dengan perban dan dibiarkan semalaman. Bilas dengan air hanya pada pagi harinya. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal ya!

7. Cuka Apel

cara menghilangkan bekas luka di wajah
customhealthcenters.com

Cuka apel memang terkenal ampuh dalam hal membuat kulit mulus. Kemampuannya untuk mengeksfoliasi membuat bahan ini sering dimanfaatkan untuk mencegah komedo, mengempeskan jerawat, dan menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, tangan, dan lain sebagainya menggunakan cuka apel yaitu dengan mengoleskannya pada kulit menggunakan kapas layaknya menggunakan toner. Biarkan semalaman lalu bilas di keesokan harinya.

Baca Juga: Salah Membersihkan Luka Bisa Berbahaya, Begini Cara yang Benar

8. Kunyit

cara menghilangkan bekas luka
ladyshob.com

Bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk memudarkan atau menghilangkan bekas luka adalah kunyit. Mengandung curcumin, kunyit membantu menyeimbangkan level pH dan membuat kulit bercahaya.

Cobalah untuk memarut kunyit dan mencampurkannya dengan sedikit air atau madu supaya berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pada kulit dan biarkan hingga mengering sebelum dibilas dengan air dingin.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Gampang, kan?