8 Cara Menjaga Kecantikan Kulit dari Ancaman Polusi yang Semakin Berbahaya

17 August 2019, at 18:00
0
0
8 Cara Menjaga Kecantikan Kulit dari Ancaman Polusi yang Semakin Berbahaya

Isu polusi udara yang terus menjadi perbincangan hangat memang nggak bisa dianggap enteng. Selain mengancam kesehatan, masalah yang satu ini juga bisa merusak kecantikan kulit.

Maka dari itu, kamu pun nggak boleh santai dalam hal merawat kecantikan kulit. Tapi tenang, karena Qupas akan berbagi tips mudah yang bisa kamu coba.

Langsung aja yuk simak cara menjaga kecantikan kulit dari bahaya polusi berikut ini!

1. Skincare routine untuk pagi hari

memakai pelembab wajah
instagram.com/innisfreeofficial

Sebelum keluar rumah dan 'menyapa' polusi, jangan pernah lupa untuk melindungi kulitmu. Caranya, dengan memakai dua skincare wajib di pagi hari, yaitu pelembab dan sunscreen.

Pelembab wajah dan sunscreen ini akan bertugas melindungi kulit dari berbagai masalah yang bisa diakibatkan oleh polusi juga sinar matahari. Selain kedua skincare wajib tersebut, kamu juga boleh mengaplikasikan produk perawatan sesuai kondisi wajahmu.

2. Pakai body lotion

memakai body lotion
instagram.com/nivea_id

Jangan cuma wajah, kulit tubuhmu juga perlu dilindungi supaya terhindar dari bahaya polusi. Di pagi hari, pastikan untuk selalu mengoleskan body lotion sebelum beraktivitas.

Sebagai tips, pilih produk body lotion yang diperkaya dengan antioksidan dan dilengkapi dengan SPF. Supaya kulitmu tetap terjaga kelembabannya dan terhindar dari bahaya radikal bebas juga sinar UV.

3. Lakukan triple cleansing

triple cleansing
instagram.com/studiotropik

Dengan kualitas udara yang semakin memprihatinkan, kamu tentunya sadar, berapa banyak debu dan kotoran yang akan menempel di wajah setiap harinya.

Untuk itu, jangan pernah malas untuk segera membersihkan wajah setelah sampai di rumah. Kalau perlu, lakukan triple cleansing supaya debu, kotoran, dan sisa makeup benar-benar terangkat secara maksimal.

4. Pakai skincare malam hari

memakai sleeping mask
instagram.com/laneige_kr

Tahu nggak sih, saat kamu terlelap di malam hari, kulit secara otomatis akan memperbaiki diri dengan cara melakukan regenerasi sel.

Nah, supaya proses ini berjalan maksimal, jangan lupa untuk memakai krim malam yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Selain night cream, menambahkan sleeping mask di ritual skincare malam harimu juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 5 Sleeping Mask Lokal yang Nggak Kalah Bagus dari Produk Korea

5. Rutin eksfoliasi kulit

eksfoliasi wajah
instagram.com/thebathbox

Supaya skincare yang kamu pakai tiap hari bekerja lebih efektif, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi wajah. Ritual ini akan membuang sel-sel kulit mati supaya kulitmu terbebas dari tumpukan kotoran akibat polusi.

Jangan lupa juga, akukan eksfoliasi pada kulit tubuh dengan bantuan body scrub setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

6. Pakai masker wajah

memakai masker
instagram.com/mediheal_idn

Rutin memakai masker wajah juga sangat diperlukan bila kamu selalu bersinggungan dengan polusi. Baiknya pilih produk yang bisa mendetoksifikasi kulit seperti clay mask.

Atau sebagai opsi lain, kamu bisa memakai masker berbahan charcoal yang ramai diperbincangkan karena dikenal mampu menutrisi sekaligus mendetoksifikasi kulit.

7. Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan

konsumsi salad
instagram.com/innisfreeofficial

Selain membentengi kulit dengan skincare, memilih makanan yang tepat juga bisa membantu menangkal bahaya polusi lho.

Salah satunya dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

8. Perbanyak konsumsi air putih

minum air putih
instagram.com/elsheskin

Sadar nggak sih, air berperan vital dalam menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, kamu wajib minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.

Selain bisa menghidrasi tubuh dan kulit, air akan merangsang regenerasi sel supaya kulitmu lebih sehat, kencang, juga glowing.

Baca juga: 8 Skincare Anti Polusi yang Wajib Dipakai Kalau Kamu Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kulitmu dari polusi yang kian hari semakin memburuk. Selamat mencoba!

0 Comment