8 Cara Mudah Merawat Rambut Kering yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

18 September 2018, at 06:16
1
0
8 Cara Mudah Merawat Rambut Kering yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Berbagai masalah rambut sering menghantui banyak orang, salah satunya adalah rambut kering. Masalah ini disebabkan oleh kulit kepala yang tidak menghasilkan cukup minyak untuk melembapkan rambut. Namun juga bisa karena faktor dari luar, seperti seringnya penggunaan alat styling atau paparan sinar matahari.

Ciri-ciri rambut kering biasanya bercabang, mudah patah, kusam, dan kasar. Bila kamu sedang mengalami masalah rambut kering, jangan terburu-buru untuk membeli masker instan atau pergi ke salon. Kamu bisa berhemat dengan cara membuat masker sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah seperti berikut ini:

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Dapat Mengatasi Ketombe Membandel

1. Pisang

letuspublish.com

Pisang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, bahkan ada yang memilihnya sebagai pengganti sarapan. Tak hanya itu, kamu bisa memanfaatkan kandungan buah ini untuk merawat rambut, lho. Nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dan fitokimia yang ada pada pisang mampu memberikan kelembaban dan menjaga kesehatan rambut.

Cara penggunaan pisang untuk merawat rambut kering sangat mudah. Haluskan buah secukupnya dan aplikasikan sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air dingin. Tak hanya buahnya, kulit pisang pun bisa digunakan sebagai pelembab rambut. Kamu cukup gosokkan bagian dalam kulitnya pada rambut secara merata. Sebaiknya lakukan perawatan alami ini satu sampai dua kali dalam seminggu.

2. Alpukat

femaleradio.co.id

Buah yang satu ini mengandung lemak yang cukup tinggi. Untuk itu, bisa dimanfaatkan juga sebagai masker yang akan melembabkan rambut secara alami. Cara membuat masker dari alpukat tak perlu ribet. Haluskan daging buahnya lalu oleskan secara merata pada rambut yang basah. Biarkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kamu juga bisa menambahkan santan kelapa ke dalam masker alpukat bila mau. Karena kandungan minyak pada santan baik untuk pelembab kulit kepala. 

3. Seledri

png.pngtree.com

Seledri mungkin sering dimanfaatkan sebagai bahan ataupun penambah aroma masakan. Tapi siapa sangka, mineral yang ada di dalamnya juga baik untuk menghitamkan dan mengatasi rambut kering. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cuci bersih seledri lalu rebus sampai airnya berwarna hijau. Kemudian pisahkan ampas dari air sari rebusan dan tunggu hingga dingin. Setelah itu kamu bisa aplikasikan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Lidah buaya

organicfacts.net

Tanaman berlendir ini memang banyak digunakan dalam produk kosmetik, krim kulit, dan perawatan rambut. Kandungan asam amino, vitamin, dan mineral pada lidah buaya mampu berfungsi sebagai pelembab rambut yang kering. Cara penggunaannya sangat mudah, oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut. Setelah 30 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih. Perawatan ini cukup kamu lakukan satu kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Cara Merawat Rambut Indah Meski Kamu Wanita Berhijab

5. Madu

graciaabadi.co.id

Madu banyak dikonsumsi karena memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun selain itu, cairan dari lebah ini bisa digunakan untuk perawatan rambut kering. Kandungan yang ada di dalam madu mampu melembabkan rambut secara alami. Untuk menggunakannya, kamu bisa menambahkan bahan seperti minyak zaitun atau air perasan lemon. Kamu tinggal campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada rambut seusai keramas. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Telur

erabaru.net

Kandungan protein, mineral, dan vitamin pada telur besar manfaatnya untuk menjaga kesehatan rambut. Cara memanfaatkannya cukup beragam, salah satunya dengan memakai cairan putihnya saja. Gunakan dua buah telur, pisahkan dengan kuningnya lalu kocok hingga berbusa. Aplikasikan putih telur tersebut pada rambut, bisa juga disertai memijat kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

7. Mayones

cdkitchen.com

Tak hanya sebagai pelengkap makanan, mulai sekarang cobalah mayones untuk mengatasi masalah rambut keringmu. Bahan berwarna putih ini mengandung minyak dan telur yang bisa melembabkan rambut. Tak perlu tambahan bahan lain, kamu bisa langsung menggunakan mayones sebagai pengganti kondisioner atau masker.

8. Minyak Kelapa

hindustantimes.com

Minyak kelapa yang baik untuk digunakan sebagai solusi rambut kering adalah yang belum diolah. Karena kandungannya masih alami dan terhindar dari campuran bahan-bahan lain. Caranya, cukup lelehkan minyak kelapa secukupnya. Aplikasikan pada rambut secara merata lalu tutup dengan pembungkus rambut agar minyak tidak menetes. Diamkan selama minimal dua jam dan bilas dengan menggunakan sampo.

Apabila dilakukan secara teratur, berbagai perawatan rambut di rumah tersebut tak kalah efektif dari perawatan di salon lho. Karena bahannya alami kamu juga akan terhindar dari efek samping bahan kimia. Gimana, tertarik untuk mencoba?

0 Comment