8 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Dalam Kulkas, Agar Tetap Awet dan Menyehatkan

04 April 2019, at 08:00
0
0
8 Cara Terbaik Menyimpan Makanan Dalam Kulkas, Agar Tetap Awet dan Menyehatkan

Untuk para ibu-ibu atau anak kosan, membeli bahan makanan dalam jumlah yang banyak memang perlu. Apalagi kalau lagi diskon setengah harga.

Isi kulkas bisa penuh seketika. Eits, tapi perlu diketahui kalau ada Kitchen Hack yang bisa dilakukan untuk menyimpan makanan agar lebih menyehatkan.

Berikut 8 cara terbaik menyimpan bahan makanan di kulkas!

1. Jangan Taruh Buah yang Sudah Dicuci dalam Kulkas

simpan bahan makanan di kulkas
eatingwell.com

Hindari mencuci buah-buahan yang akan dimasukkan ke dalam kulkas. Hal itu karena buah seperti pisang, alpukat, dan jeruk nggak akan tahan lama kalau disimpan dalam kulkas.

Mencuci buah justru bisa merusak kelembapan dan mempercepat pembusukan. Wah, nggak mau dong buah yang sudah kamu beli cepat membusuk hanya karena dicuci?

2. Pisahkan Apel dengan Buah-Buahan Lainnya

menyimpan buah di dalam kulkas
eskipaper.com

Tahu nggak sih, kalau ternyata apel bisa mengeluarkan gas yang dapat mempercepat pembusukan pada buah atau sayuran? Itulah mengapa, memisahkan apel dan buah saat menyimpannya di kulkas dapat membuat awet bahan masakan lainnya.

Nah, untuk menyimpan apel juga nggak boleh sembarangan. Kamu bisa dengan membungkusnya ke dalam plastik berlubang.

3. Membungkus Bahan Masakan di Dalam Kulkas

membungkus bahan masakan
vacuumsealersexpert.com

Biasakan untuk membungkus makanan saat akan disimpan dalam kulkas. Hal itu dapat mengurangi perkembangan mikroba.

Apalagi kalau makanan kaleng. Usahakan jangan dibiarkan terbuka lebih dari satu hari. Bukan hanya rasanya saja yang berkurang, tapi juga adanya bakteri yang tumbuh pesat.

4. Jangan Menyimpan Buah yang Belum Matang

pisang di dalam kulkas
healthline.com

Menyimpan buah yang belum matang justru akan mempercepat pembusukan. Lho kok bisa ya? Itu karena buah tersebut nggak dapat  cukup paparan sinar matahari.

Misalnya seperti buah pisang, tomat, dan alpukat yang nggak dianjurkan untuk menyimpannya dalam kulkas saat belum matang.

Baca juga : Nggak Pakai Ribet, 8 Trik Ini Ampuh Awetkan Bahan Makanan Hingga Berbulan-bulan

5. Simpanlah Susu, Yoghurt, dan Keju di Kulkas

menyimpan susu dalam kulkas
thecut.com

Cara terbaik untuk menyimpan susu dan olahannya adalah dengan memasukkannya dalam kulkas. Bungkus keju dengan aluminium foil untuk menghindari pengerasan pada bahan makanan tersebut sampai 4 minggu ke depan.

Selain itu, tuang susu cair dalam karton ke dalam botol sebelum dimasukkan ke kulkas. Karena bakteri lebih cepat tumbuh di karton pembungkus susu.

6. Hindarkan Menyimpan Bawang-Bawangan dengan bahan makanan lainnya

menyimpan bawang putih
medicalnewstoday.com

Bawang-bawangan memang memiliki bau yang cukup menyengat. Maka dari itu, simpanlah di tempat yang jauh dari bahan masakan lainnya.

Untuk menyimpannya di dalam kulkas, lebih baik iris bawang dan simpan dalam sebuah toples. Bawang akan bertahan hingga empat hari kedepan. Cocok nih, untuk kamu yang super sibuk.

7. Simpan Sisa Makanan di Toples Kedap Udara

simpan sisa makanan di toples kedap
melarossa.it

Untuk menyimpan sisa makanan di dalam kulkas, bisa tuang terlebih dahulu ke toples kedap udara. Simpan dalam bentuk toples horizontal agar lebih cepat dingin.

Selain itu, dinginkan terlebih dahulu selama dua jam setelah dipanaskan. Masakan yang mengandung daging bisa bertahan hingga 4 hari kedepan lho.

8. Simpan Daging dalam Keadaan Terbungkus dengan Plastik

menyimpan daging di kulkas
resources.stuff.co.nz

Agar daging tetap terasa segar saat dimasak, bungkus dengan plastik. Hal itu untuk memperlambat perkembangan bakteri pada daging.

Plastik tersebut juga berguna agar air nggak mengenai daging. Gimana cukup sederhana bukan?

Nah, itulah cara terbaik menyimpan makanan dalam kulkas. Nggak ribet dan cukup sederhana sekali. Langsung deh, lakukan agar bahan masakan bisa awet.

0 Comment