Qupas Weekend

8 Drama Korea yang Bikin Penonton Kena “Second Lead Syndrome”, Ada Favoritmu?

31 May 2020, at 09:15
8 Drama Korea yang Bikin Penonton Kena “Second Lead Syndrome”, Ada Favoritmu?

Second lead syndrome merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut penonton drama korea yang lebih tepesona pada tokoh pendukung (yang biasanya terjebak dalam kisah cinta segitiga namun kalah saing dengan pemeran utama).

Kondisi tersebut sering terjadi karena second lead (karakter pendukung utama) sering digambarkan sebagai sosok rupawan, baik hati, dan tersakiti. Penonton yang terkena second lead syndrome cenderung akan merasa sedih dan kecewa dengan akhir cerita dari drama Korea yang ditontonnya.

Nah, berikut ini beberapa drama Korea terbaik yang sering membuat penontonnya terkena second lead syndrome. Kamu termasuk nggak?

1. Reply 1988 (2015)

Drama Korea Terbaik (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Sudah menjadi rahasia umum bawa semua series “Reply” berpotensi menyebarkan virus second lead syndrom pada penontonnya. Namun yang paling membekas bagi para penggemar adalah sosok Jung Hwan (Ryu Jun Yeol) di “Reply 1988”.

Chemistry yang kuat antara Deok Sun (Hye Ri) dan Jung Hwan membuat banyak penonton mendukung mereka untuk bersama. Sayangnya, Deok Sun justru berakhir bersama Choi Taek (Park Bo Gum) di drama tersebut.

Meskipun demikian, penggemar merasa senang karena ternyata Hye Ri dan Ryu Jun Yeol menjadi pasangan di kehidupan nyata.

2. Extraordinary You (2019)

Drama Korea Second Lead Syndrome (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Tokoh Baek Kyung (Lee Jae Wook) dalam drama “Extraordinary You” menjadi pemeran pendukung pria selanjutnya yang berhasil membuat sebagian besar penonton terkena second lead syndrome.

“Extraordinary You” sendiri bercerita tentang tokoh-tokoh di dalam komik yang menyadari bahwa mereka hanyalah sosok buatan penulis dan mencoba untuk melawan adegan-adegan yang sudah dirancang olehnya.

Drama Lee Jae Wook (Foto: instagram.com/jxxvvxxk)
instagram.com/jxxvvxxk

Dalam komik, Baek Kyung merupakan sosok kasar dan arogan. Ia memiliki tunangan bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang mengidap penyakit jantung dan sangat mencintainya.

Namun saat Dan Oh sadar bahwa ia hanyalah tokoh komik, ia justru jatuh cinta pada Ha Ru (Rawoon). Saat itu, Baek Kyung menyadari bahwa ia sebenarnya juga sangat mencintai Dan Oh, namun semuanya sudah terlambat.

3. While You Were Sleeping (2017)

Drama Korea Romantis (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Aktor tampan Jung Hae In mulai dikenal namanya setelah membintangi serial “While You Were Sleeping” bersama Bae Suzy dan Lee Jong Suk. Dalam drama tersebut, ia berperan sebagai seorang polisi bernama Han Woo Tak.

Han Woo Tak berhasil membuat penonton jatuh cinta karena kelembutan dan kebaikannya. Sayangnya, hal tersebut nggak berhasil membuat tokoh Nam Hong Joo (Bae Suzy) jatuh kepelukannya.

Baca juga: 5 Drama Korea tentang Dunia Paralel yang Bikin Kamu Takjub!

4. The Heirs (2013)

Drama Korea Bikin Second Lead Syndrome (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Siapa nih yang setelah tamat menonton “The Heirs” merasa nggak tenang hidupnya karena berharap tokoh Choi Yong Do (Kim Woo Bin) mendapatkan akhir cerita yang lebih baik?

“The Heirs” sendiri merupakan drama Korea romantis yang bercerita tentang Kim Tan (Lee Min Ho), laki-laki kaya pewaris perusahaan yang jatuh cinta pada Cha Eun Sang (Park Shin Hye), anak dari asisten rumah tangga keluarganya.

Sedangkan Choi Young Do merupakan matan sahabat Kim Tan, pewaris hotel yang nakal dan suka semaunya sendiri. Singkat cerita, Young Do juga jatuh hati kepada Eun Sang. Ia bahkan rela membantu Eun Sang dan Kim Tan agar mereka bisa bersama meskipun hal tersebut menyakitkan.

5. School 2015 (2015)

Drama Korea Remaja (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Dalam drama “School 2015), karakter bernama Gong Tae Kwang (Sungjae BTOB) merupakan troublemaker di sekolah. Akan tetapi, ia mulai berubah sejak dekat dengan Lee Eun Bi (Kim So Hyun).

Tae Kwang sering membuat Eun Bi kesal karena itulah cara yang ia tahu agar mendapatkan perhatian. Walau begitu, Eun Bi pun sering mengandalkannya.

Chemistry yang kuat diantara keduanya membuat penonton mengharapkan meraka bersatu dalam drama. Akan tetapi pada akhirnya, tokoh Eun Bi lebih memilih Han Yi An dan membuat penggemar kecewa.

6. Boys Over Flowers (2009)

Second Lead Syndrome Drama Korea (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

“Boys Over Flower” merupakan salah satu drama Korea pertama yang membuat sebagian besar orang kecanduan dan menjadi pecinta drakor.

Nggak cuma itu, serial ini juga menjadi yang pertama menyebarkan second lead syndrome melalui karakter Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong). Berbeda dari tokoh utama pria Gu Jun Pyo (Lee Min Ho) yang kasar dan sombong, ia merupakan sosok yang lembut, dapat diandalkan, dan penuh cinta.

Itulah mengapa banyak penonton yang berharap tokoh Geum Jan Di (Ku Hye Sun) memilihnya dibandingkan Gu Jun Pyo.

Baca juga: Bikin Baper, 7 Drakor Tentang Sahabat Jadi Cinta Ini Cocok Ditonton Buat yang Lagi Dimabuk Asmara

7. Strong Woman Do Bong Soon (2017)

Drama Korea Komedi Romantis (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Karakter In Guk Doo yang diperankan oleh Ji Soo dalam drama Korea “Strong Woman Do Bong Soon” juga menjadi second lead yang sulit dilupakan dan dicintai oleh banyak penonton.

Dalam drama tersebut, Guk Doo telat mengetahui perasaannya pada Do Bong Soon (Park Bo Young) yang pernah sangat menyukai dan mengandalkannya. Saat menyadari itu, Bong Soon sudah berpindah ke lain hati yaitu pada tokoh Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik).

8. Cheese In The Trap (2016)

Drama Korea Cinta Segitiga (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Satu lagi drama Korea yang membuat penonton terkena second lead syndrome, yaitu “Cheese In The Trap”. Ceritanya sendiri berfokus pada hubungan rumit antara mahasiswi bernama Hong Seol (Kim Go Eun) dan seniornya yang tampan dan populer yaitu Yoo Jung (Park Hae Jin).

Namun, di sisi lain penonton sangat jatuh hati pada karakter Baek In Ho (Seo Kang Joon) yang merupakan bad boy dengan sifat blak-blakan. Namun meskipun begitu, ia sangat perhatian dan selalu menjaga Hong Seol.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa drama korea dengan virus second lead syndrome yang mungkin pernah membuatmu susah tidur karena memikirkan nasib pemeran pendukung utamanya.