8 Film Barat Bertema Politik, Penuh Intrik dan Jauh dari Kesan Membosankan

18 February 2019, at 09:00
0
0
8 Film Barat Bertema Politik, Penuh Intrik dan Jauh dari Kesan Membosankan

Politik selalu dianggap sebagai topik yang cukup 'berat'. Namun berbagai intrik dan skandal yang mengikutinya juga menginspirasi para sineas untuk mengangkatnya menjadi sebuah karya film terbaik.

Selain membahas mengenai isu terhangat, film tentang politik juga banyak yang diangkat dari kisah nyata. Drama yang disajikan di dalamnya pun banyak yang jauh dari kesan membosankan seperti persepsi orang kebanyakan.

Untuk itu, kali ini Qupas telah merangkum deretan film barat bertema politik yang seru untuk ditonton. Yuk intip ada apa saja!

1. The Post

film politik the post 2017
services.cinergy.ch

The Post adalah film bertema politik karya sutradara ternama, Steven Spielberg. Dirilis secara luas pada Januari 2018 lalu, cerita di dalamnya mengangkat kisah nyata tentang drama sejarah Amerika Serikat.

Lebih tepatnya lagi mengenai dokumen rahasia yang dibocorkan oleh The New York Times dan The Washington Post. Mengambil setting di tahun 1971, alur cerita yang disajikan sangat intens dan membuat siapa saja terpaku hingga akhir film.

2. Lincoln

film politik lincoln 2012
deviantart.net

Film yang satu ini juga diadaptasi dari kisah nyata dan disutradari oleh Steven Spielberg. Ceritanya membingkai perjuangan Abraham Lincoln pada tahun 1865.

Saat itu, Abraham Lincoln berusaha agar amandemen ke-13 bisa disahkan sebelum perang berakhir.

Usut punya usut, amandemen itu berisi tentang penghapusan perbudakan yang selalu menjadi isu panas di Amerika saat itu.

3. Snowden

film barat bertema politik snowden 2016
lisimg.com

Film yang dirilis tahun 2016 ini menceritakan kisah Edward Snowden. Mantan anggota CIA yang sempat menjadi buron karena telah membocorkan dokumen sangat rahasia kepada media.

Dokumen tersebut diketahui milik Badan Keamanan Nasional Amerika. Di dalamnya, mengungkap bahwa pemerintah dari Negeri Paman Sam ternyata memata-matai semua masyarakat.

Film tentang kisah nyata ini sangat menarik untuk ditonton. Mengingat skandal yang ada di dalamnya baru saja terjadi pada tahun 2013 lalu.

4. Syriana

film barat bertema politik syriana 2005
pinimg.com

Syriana adalah film besutan Stephen Gaghan dan dibintangi oleh aktor ternama, George Clooney, Matt Damon, Jeffrey Wright, dan Chris Cooper.

Film ini mengangkat tiga tema, yaitu politik, minyak, dan terorisme di Timur Tengah. Namun drama di dalamnya juga melibatkan peran Amerika Serikat serta China.

Tayang pada tahun 2005, Syriana berhasil mengantongi review positif dari banyak kalangan. Tentunya kamu juga harus nonton film politik terbaik yang satu ini.

Baca juga: 8 Film Kolosal Terbaik dengan Kisah Susah Dilupakan

5. The Ides of March

film barat politik the ides of march
chimesnewspaper.com

Film tentang politik satu ini juga dibintangi oleh George Clooney, yang ditemani oleh Ryan Gosling dan Evan Rachel Wood. Ceritanya di dalamnya diklaim benar-benar bisa merepresentasikan dunia politik saat ini.

Karater Stephen Meyer yang diperankan oleh Ryan Gosling diketahui sebagai politisi yang 'bersih'. Namun ia akan dihadapkan pada konspirasi dan permaian 'kotor' yang tentu saja bisa menggoyahkan pendiriannya.

6. The Insider

film barat politik the insider 1999
amazonaws.com

The Insider memang sudah dirilis sejak 1999 silam. Namun, film yang berhasil mendapat 7 nominasi Academy Award ini wajib kamu tonton.

Disutradari oleh Michaell Man, The Insider bercerita tentang Jeffrey Wigand. Ia adalah seorang direktur sekaligus ilmuwan yang membuka rahasia perusahaan rokok.

Kisah yang dibingkai dalam film ini adalah skandal nyata yang pernah terjadi di industri rokok Amerika Serikat. Didukung dengan alur dan aktor yang bertalenta, The Insider pun sukses menerima banyak pujian.

7. Darkest Hour

film barat politik darkest hour
images-amazon.com

Salah satu film terbaru yang rilis 2017 lalu ini berlatar di tahun 1940. Darkest Hour menyoroti tentang kisah orang Inggris yang paling terkemuka di dunia, Winston Churchill.

Film ini menceritakan tentang awal pemilihan Churcill sebagai perdana menteri Inggris. Kamu juga bisa menyaksikan intrik dalam dunia politik seputar kekuasaan dan keberpihakan terhadap rakyat yang sama sekali tak membosankan untuk dilihat.

8. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi

film politik 13 hours
images-amazon.com

Film tentang politik yang terakhir ini juga tak kalah menarik. Diarahkan Michael Bay, 13 Hours diadaptasi dari buku dengan judul sama karangan Mitchell Zuckoff.

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi bercerita tentang insiden pada tanggal 11 September 2012 yang menewaskan duta besar Amerika Serikat, J. Christopher Stevens.

Saat itu, satu tim keamanan yang hanya beranggotakan 6 orang berusaha melindungi warga Amerika yang ada selama 13 jam.

Nah, itulah rekomendasi film barat bertema politik yang penuh intrik. Anti membosankan, cerita di dalamnya juga menyimpan banyak pesan moral. Kamu sudah pernah nonton?

0 Comment