Qupas Weekend

8 Film Ini Dilarang Tayang dengan Alasan Nggak Masuk Akal, Ada yang Karena Terlalu Pintar!

02 June 2020, at 08:46
8 Film Ini Dilarang Tayang dengan Alasan Nggak Masuk Akal, Ada yang Karena Terlalu Pintar!

Adanya larangan penayangan suatu film di negara tertentu bukanlah fenomena baru. Pada umumnya, hal tersebut terjadi karena konten kekerasan dan kontroversional lain di dalamnya sehingga film nggak lolos sensor.

Eits, tapi nggak cuma masalah sensor lho! Ada juga beberapa film yang dilarang tayang di negara tertentu dengan alasan yang cukup aneh bahkan konyol seperti berikut ini.

1. Annihilation (2018)

Film Dilarang Tayang (Foto: netflix.com)
netflix.com

“Annihilation” merupakan film fiksi ilmiah yang bercerita tentang seorang ilmuwan Biologi bernama Lena (Natalie Portman). Ia memasuki sebuah teritori asing bernama “X” yang menyimpan berbagai hal misterius serta surealis di dalamnya.

Diadaptasi dari novel karya Jeff VanderMeer, film cerdas ini gagal tayang di bioskop internasional karena dianggap terlalu pintar dan sulit dipahami oleh orang awam. Akhirnya, Paramount memutuskan untuk menjual hak tayang “Annihilation” pada Netflix.

2. Back To The Future (1985)

Film Gagal Tayang (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dirilis pertama kali tahun 1985, “Back To The Future” merupakan film lawas yang pernah dilarang tayang oleh negara China dengan alasan cukup aneh.

Film tentang time traveling ini dianggap sebuah kriminal. Pemerintah China menolak memberikan izin tayang untuk “Back To The Future” karena nggak mau masyarakat mempelajari ilmu sihir karena perjalanan waktu dianggap sebagai bagian dari ilmu tersebut.

3. 2012 (2009)

Film Dilarang Tayang di Bioskop (Foto: imdb.com)
imdb.com

Masih ingat film kontroversial “2012” yang dirilis pada tahun 2009 lalu? Karya tersebut menggemparkan dunia karena menggambarkan bencana alam super besar yang terinspirasi oleh ramalan suka Maya terkait tahun 2012 yang katanya akan menjadi akhir zaman.

Film “2012” sempat dilarang tayang di beberapa negara karena dianggap bisa menyebarkan ketakutan pada masyarakat. Meskipun demikian, pada akhirnya film tersebut tetap tayang di bioskop karena hanyalah fiktif belaka.

Berbeda dari negara-negara lainnya, Korea Utara melarang film “2012” karena bertepatan dengan ulang tahun ke-100 Kim Il Sung. Pemerintah nggak ingin film tersebut merusak keberuntungan.

Baca juga: 6 Film Indonesia yang Kontroversial Tapi Sukses di Mancanegara

4. The Simpsons Movie (2007)

Alasan Film Dilarang Tayang (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film animasi yang ramah anak-anak biasanya akan lebih mudah terhindar dari kontroversi dan pencekalan. Namun, “The Simpsons Movie” ternyata dilarang tayang di bioskop Myanmar lho! Alasannya pun cukup aneh yaitu karena ada banyak warnah kuning dan merah di dalamnya.

Setelah ditelusuri, ternyata kedua warna tersebut merupakan warna kelompok pemberontak di Myanmar sehingga pemerintah mengaggap bahwa “The Simpsons Movie” mendukung gerakan tersebut.

Selain nggak memberikan izin penayangan untuk filmnya, pemerintah Myanmar juga melarang masyarakat untuk membicarakan apapun tentang The Simpsons lho!

5. The Departed (2006)

Film yang Dilarang Tayang (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson, dan Matt Damon, film “The Departed” yang tayang di bioskop pada tahun 2006 lalu ini sukses membawa pulang empat Piala Oscar.

Meskipun sangat sukses, ternyata “The Departed” dilarang tayang di bioskop China karena terdapat satu kalimat di dalamnya yang menunjukkan bahwa pemerintah China berencana untuk menggunakan senjata nuklir di Taiwan.

6. Wonder Woman (2017)

Film yang Dilarang Tayang di Bioskop (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Wonder Woman” dari DC Expended Universe dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik yang pernah dibuat. Walau begitu, karya tersebut ternyata dilarang tayang di bioskop Qatar, Lebanon, dan Tunisia lho!

Alasannya karena pemeran utama “Wonder Woman” adalah Gal Gadot yang lahir dan besar di Israel yang notabennya memiliki hubungan kurang harmonis dengan negara-negara tersebuut. Selain itu, aktris cantik tersebut juga merupakan anggota Israel Defence Force (IDF).

Baca juga: Gara-gara Corona, 4 Film Ini Gagal Tayang di Bioskop dan Akhirnya Rilis di Layanan Digital

7. E.T. (1982)

Film Kontroversial (Foto: imdb.com)
imdb.com

Setelah ditayangkan, film “E.T.” berhasil meraih empat Piala Oscar. Bercerita tentang persahabatan antara manusia dan alien, karya fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Steven Spielberg memang cukup populer pada zamannya.

Meski demikian, film ini ternyata dikecam oleh sekelompok orang dari Scandinavia. Mereka menganggap bahwa kisah tersebut dapat berdampak buruk terhadap anak-anak.

8. Christopher Robin (2018)

Film Hollywood yang Dilarang Tayang (Foto: imdb.com)
imdb.com

Tahu nggak sih, “Christopher Robin” dilarang tayang di Tiongkok karena terdapat sosok Winnie the Pooh di dalamnya.

Karakter tersebut ternyata sering dibandingkan dengan Presiden Xi Jinping. Karena dianggap merendahkan, maka film tersebut nggak mendapatkan izin tayang di Tiongkok.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa film yang dilarang tayang karena alasan aneh dan nggak masuk akal. Menurutmu bagaimana?