Qupas Weekend

8 Film Jepang yang Diangkat dari Kisah Nyata, Inspiratif dan Penuh Makna

13 June 2020, at 08:00
8 Film Jepang yang Diangkat dari Kisah Nyata, Inspiratif dan Penuh Makna

Film memang memiliki kekuatan untuk mempermainkan emosi penontonnya, apalagi kalau cerita di dalam karya tersebut diadaptasi dari kisah nyata. Wah, pasti kamu akan semakin terbawa!

Berbicara tentang hal tersebut, berikut ini beberapa film Jepang dari kisah nyata yang penuh dengan makna. Penasaran kan apa saja? Yuk simak ulasannya! Nggak hanya "Hachiko Monogatari" lho!

1. The 8 Years Engagement (2017)

Film Takeru Satoh (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film Jepang dari kisah nyata yang pertama adalah "The 8 Years Engagement". Dibintangi oleh Takeru Satoh dan Tao Tsuchiya, cerita di dalam karya sutradara Takahisa Zeze ini bisa bikin penonton banjir air mata.

Bagaimana nggak, "The 8 Years Engagement" bercerita tentang kisah cinta Hasashi dan Mai yang penuh cobaan. Keduanya telah mempersiapkan pernikahan selama 3 bulan, namun tiba-tiba Mei jatuh sakit dan koma.

Setelah sekian lama, Mei akhirnya terbangun. Sayangnya, ia nggak bisa mengingat apa-apa. Kondisi tersebut pun membuat Hasashi terluka, namun nggak menyerah dan terus berjuang agar Mei kembali mengingatnya. Kira-kira berhasil nggak ya?

2. Hachiko Monogatari (1987)

Film Jepang Sedih (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kalau yang satu ini, kamu pasti sudah pernah nonton kan? Ya, "Hachiko Monogatari" merupakan salah satu film populer Jepang yang bahkan dikenal sampai mancanegara. Kisah nyata seekor anjing bernama Hachiko yang sangat setia kepada pemiliknya ini sungguh fenomenal.

Saking bagusnya, kisah tersebut difilmkan kembali dengan latar yang berbeda yaitu Amerika Serikat dengan judul "Hachiko: A Dog's Story" pada tahun 2009 lalu.

3. I Just Wanna Hug You (2014)

Film Jepang Kisah Nyata (Foto: imdb.com)
imdb.com

"I Just Wanna Hug You" merupakan film romantis Jepang yang juga diadaptasi dari kisah nyata. Bersetting di Hokkaido, film ini menceritakan tentang satu pasangan dengan kisah mengharukan.

Mereka adalah Tsukasa (Keiko Kitagawa) yang mengalami cacat dan harus menggunakan kursi roda setelah mengalami kecelakaan di masa SMA dan Masaki (Ryo Nishikido) yang merupakan seorang supir taksi.

Meskipun kesulitan, keduanya tetap berusaha untuk berjuang bersama demi membangun keluarga yang bahagia.

Baca juga: 6 Film Jepang Paling Sedih dan Bikin Nangis Sesenggukan

4. Nobody Knows (2004)

Film Jepang Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dirilis pada tahun 2004, "Nobody Knows" merupakan film adaptasi dari kisah nyata yang terjadi di Tokyo pada tahun 1988 silam. Kejadian tersebut dikenal sebagai "peristiwa empat anak di bawah umur yang terlantar di Nishi-Sugamo, Tokyo, selama 9 bulan".

Empat anak tersebut ditinggalkan oleh ibunya di sebuah apartemen. Sang kakak, Akira (Yuya Yagira) berusaha untuk melindungi adik-adiknya dan bertahan dengan uang yang tersisa karena takut dipindahkan ke panti asuhan.

5. Drop (2009)

Film Jepang dari Kisah Nyata (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Drop" merupakan film action Jepang yang diangkat dari otobiografi yang ditulis oleh Hiroshi Shinagawa. Nggak cuma berisi adegan laga, karya yang dirilis tahun 2009 ini juga kental akan unsur persahabatan.

Ceritanya sendiri berfokus pada anak laki-laki bernama Shinogawa Hiroshi (Hiroki Narimiya) yang baru saja pindah sekolah. Gaya rambutnya yang khas berhasil menarik perhatian geng sekolah yang dipimpin oleh Iguchi Tatsuya (Hiro Mizushima).

Mereka pun terlibat perkelahian. Akan tetapi, hal tersebut merupakan awal dari kisah persahabatan geng tersebut.

6. That's The Way!! (2011)

Film Jepang Bagus (Foto: imdb.com)
imdb.com

Memiliki judul lain “Korede Iinoda Eiga Akatsuka Fujio”, "That's The Way!!" merupakan film komedi Jepang yang bercerita tentang kisah hidup seniman manga bernama Fujio Akatsuka melalui sudut pandang editornya yaitu Hatsumi Takeda.

Fujio Akatsuka (Tadanobo Asano) merupakan sosok yang lucu dan penuh humor, sedangkan Hatsumi Takeda (Maki Horikita) merupakan orang yang tenang.

Baca juga: Dari yang Romantis Sampai Bikin Nangis, 8 Film Anime Jepang Terbaik Ini Nggak Boleh Dilewatkan

7. Isoroku Yamamoto, The Commander-in-Chief of the Combined Fleet (2011)

Film Sejarah Jepang (Foto: asianwiki.com)
asianwiki.com

Buat para pecinta sejarah, "Isoroku Yamamoto, The Commander-in-Chief of the Combined Fleet" merupakan film yang nggak boleh dilewatkan.

Pasalnya, karya yang dirilis pada tahun 2011 ini menceritakan tentang kisah nyata Isoroku Yamamoto, Panglima Angkatan Laut Jepang dan Panglima Armada Gabungan selama Perang Dunia II.

Dari film ini, penonton akan mengetahui fakta-fakta tentang Jepang dan Perang Dunia II yang mungkin selama ini belum diketahui.

8. Kiseki: Sobito of That Day (2017)

Film Jepang Kisah Nyata Terbaru (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Kiseki: Sobito of That Day" merupakan film yang diangkat dari kisah nyata empat anggota grup pop Jepang bernama "GreeeeN". Cocok banget buat kamu yang suka musik nih.

Film ini bercerita tentang perjuangan "GreeeeN" sampai lagu mereka yang berjudul "Kiseki" berhasil menjadi populer. Inspiratif deh pokoknya!

Well, film Jepang dari kisah nyata yang mana nih yang sudah kamu tonton? Bagus semua lho!