Qupas Weekend

8 Film Live Action Ini Diadaptasi dari Dongeng Klasik Dunia, Mana yang Paling Kamu Suka?

20 March 2020, at 10:00
8 Film Live Action Ini Diadaptasi dari Dongeng Klasik Dunia, Mana yang Paling Kamu Suka?

Selamat Hari Dongeng Sedunia!

Tanggal 20 Maret diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Word Storytelling Day. Peringatan tersebut diawali dari Hari Nasional Mendongeng di Swedia pada sekitar tahun 1991-1992.

Untuk memperingatinya, kamu bisa menyaksikan beberapa film live action yang diadaptasi dari dongeng klasik terkenal berikut ini. Sudah tahu belum?

1. Cinderella (2015)

Film Dongeng (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak kenal Cinderella? Kisah gadis cantik yang diperlakukan secara nggak adil oleh ibu dan kedua saudara tirinya ini memang sudah berkali-kali diangkat dalam film, baik kartun maupun live action.

Cerita tentang ketidakadilan tersebut diadaptasi dari cerita rakyat Eropa yang pertama kali dirilis tahun 1634 oleh Giambattista Basile dalam "Pentamerone" (Italia), kemudian tahun 1697 oleh Charles Perrault (Prancis), dan tahun 1812 oleh Brothers Grimm (Jerman).

2. Red Riding Hood (2011)

Film Dari Dongeng (Foto: imdb.com)
imdb.com

Selain "Cinderelle", ada film "Red Riding Hood" yang juga diambil dari dongeng klasik asal Eropa. Berjudul asli "Little Red Riding Hood", kisah ini diperkiraan pertama kali dirilis pada abad ke-17 oleh Charles Perrault dan diceritakan ulang oleh Brothers Grimm.

Meskipun mengadaptasi dongeng untuk anak-anak, namun film bergenre horor romantis ini sudah banyak dimodifikasi sehingga lebih cocok untuk orang dewasa.

3. Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013)

Film Negeri Dongeng (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kisah dalam film "Hansel and Gretel: Witch Hunters" yang dirilis tahun 2013 lalu diadaptasi dari dongeng klasik Jerman karya Brothers Grimm yang dipublikasikan pada 1812 silam.

Selain film, dongeng ini sudah diadaptasi dalam berbagai media termasuk opera "Hansel and Gratel" pada tahun 1893 oleh Engelbert Humperdinck yang sangat terkenal pada saat itu.

Baca juga: Selain The Little Mermaid, 4 Film Disney Ini Bakal Hidupkan Putri Dongeng yang Legendaris

4. Snow White And The Huntsman (2012)

Hari Dongeng Sedunia (Foto: imdb.com)
imdb.com

Tokoh Snow White pertama kali diangkat ke layar lebar oleh Disney pada tahun 1937. Cerita asli "Snow White and the Seven Dwarfs" diterbitkan oleh oleh Brothers Grimm 1812 silam.

Kemudian, kisah Putri Salju tersebut kembali diadaptasi oleh Roth Films melalui "Snow White And The Huntsman" dengan berbagai sentuhan modern yang semakin menambah daya tarik bagi penonton.

5. Beauty and The Beast (2017)

Film Adaptasi Dongeng (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Beauty and The Beast" yang dibintangi oleh Emma Watson diadaptasi dari dongeng bertajuk "La Belle et la Bete" karya Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve yang dirilis pada 1740.

Penulis asal Prancis tersebut ternyata terinspirasi darkisah nyata Petrus Gonsalvus dan tunangannya, Catherine. Petrus mengidap hypertrichosis sehingga badan dan wajahnya dipenuhi rambut tebal dan gelap.

6. Aladdin (2019)

Film Adaptasi Dongeng Terkenal (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Aladdin" diadaptasi dari cerita rakyat Timur Tengah yang tertuang dalam buku "One Thousand and One Nights" yang pengarang dan tahun terbitnya nggak diketahui secara pasti.

Memiliki judul asli "Aladdin and The Magic Lamp", cerita ini pertama kali dikenal dalam bahasa Inggris pada tahun 1703.

Baca juga: 5 Film Live Action Disney Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

7. Peter Rabbit (2018)

Dongeng Klasik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film adaptasi dongeng terkenal selanjutnya adalah "Peter Rabbit". Memiliki judul asli "The Tale Of Peter Rabbit", karya Beatrix Potter itu pertama kali diterbitkan tahun 1902 dan terdiri dari beberapa seri.

Kisah klasih si kelinci tersebut juga memiliki sekuel berjudul "Peter Rabbit 2: The Runaway" yang bisa kamu saksikan pada 7 Agustus 2020 mendatang, lho!

8. Mulan (Segera)

Film Dari Dongeng Klasik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Terakhir, ada film live action Disney yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar yaitu "Mulan". Meskipun waktu rilisnya ditunda karena virus corona, namun euforia terkait film ini masih cukup besar.

"Mulan" diangkat dari dongeng klasik Tiongkok tentang pahlawan perempuan bernama Hua Mulan yang tercatat dalam manuskrip kuno dinasti Qing dan Ming.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa film yang diangkat dari dongeng klasik terkenal dunia. Kamu paling suka yang mana?