Qupas Weekend

8 Film Perang Dunia II Terbaik yang Menyimpan Banyak Kisah Menarik

20 January 2020, at 12:00
1
8 Film Perang Dunia II Terbaik yang Menyimpan Banyak Kisah Menarik

Belakangan ini, bioskop Indonesia diramaikan dengan kehadiran "1917". Film tentang Perang Dunia I tersebut baru saja memenangkan Golden Globe Award dan juga sukses di Box Office.

Selain kisah Perang Dunia I, drama Perang Dunia II yang nggak kalah dahsyat juga sering diangkat menjadi film lho.

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 8 film Perang Dunia II yang menyimpan banyak cerita menarik dan wajib banget kamu tonton. Simak langsung yuk daftarnya!

1. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)
jeded.com

Film perang terbaru garapan Christopher Nolan ini menceritakan tentang ratusan ribu tentara Inggris, Belgia, dan Perancis yang terlantar di Dunkirk saat Perang Dunia II sedang berkecamuk.

Berhasil menggugah sisi emosional penonton, "Dunkirk" pun mendapatkan review yang sangat positif. Di sini, kamu bisa mengetahui keganasan Perang Dunia II dari sudut pandang darat, udara, dan laut sekaligus.

2. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge (2016)
imdb.com

Dibintangi oleh Andrew Garfield, "Hacksaw Ridge" mengangkat kisah heroik Desmond Doss. Salah satu pahlawan terbaik Amerika yang nggak pernah memegang senjata meski terlibat dalam ganasnya Perang Dunia II melawan tentara Jepang.

Desmond Doss yang awalnya jadi korban bully rekan satu kamp-nya hingga terancam dipenjara karena dianggap sebagai pembangkang, pada akhirnya justru dianugerahi penghargaan tertinggi "Medal of Honor" karena kegigihannya menyelamatkan lebih dari 75 tentara Amerika di Hacksaw Ridge.

“Hacksaw Ridge” bahkan dianggap sebagai salah satu film biografi terbaik dan berhasil mendapatkan standing applause selama 10 menit saat diputar di acara Venice Film Festival 2016.

3. Land of Mine (2015)

Land of Mine (2015)
imdb.com

"Land of Mine" menceritakan tentang kisah prajurit muda Jerman yang menjadi tawanan Denmark. Mereka kemudian ditugaskan untuk membersihkan semua ranjau yang ada di pantai dengan tangan kosong.

Alhasil, sebagian besar dari pasukan yang masih berusia amat muda tersebut meninggal.

4. Fury (2014)

Fury (2014)
imdb.com

Film tentang perang yang diperankan oleh Brad Pitt ini mendapat banyak pujian karena dianggap berhasil menampilkan visualisasi yang sangat mendekati peristiwa aslinya.

Untuk kisahnya sendiri, "Fury" bercerita mengenai seorang sersan yang nekat membawa tentaranya dengan sebuah tank menuju pertahanan Nazi. Padahal, sebenarnya ia tahu kalau pasuka Jerman punya pertahanan dan senjata yang lebih mumpuni.

Baca juga: Bukan Cuma "1917", 5 Film Tentang Perang Dunia I Ini Juga Sajikan Cerita yang Menarik

5. The Imitation Game (2014)

The Imitation Game (2014)
psu.edu

"The Imitation Game" bisa dibilang sebagai salah satu film perang terbaik yang mengangkat kisah Alan Turing. Pada masa itu, ia ditugaskan oleh pemerintah Inggris untuk memecahkan kode Enigma yang dipakai oleh Jerman.

Dan nggak sebatas itu, akal jenius Alan Turing ternyata juga menyumbang banyak pada kelahiran berbagai teknologi serba canggih seperti yang kita pakai saat ini lho.

6. Letters from Iwo Jima (2006)

Letters from Iwo Jima (2006)
wikimedia.org

Mau nonton film perang Amerika dan Jepang, "Letters from Iwo Jima" mungkin bisa jadi pilihan yang bagus. Ceritanya akan menggambarkan situasi di Iwo Jima dari perspektif tentara Jepang.

Lewat "Letters from Iwo Jima", kamu bisa melihat betapa tangguhnya tentara Jepang dalam mempertahankan benteng terakhir dari serbuan musuh.

7. Downfall (2004)

Downfall (2004)
amazon.com

Selama ini, image yang tertanam pada Adolf Hitler adalah sosok yang kejam dan nggak kenal ampun. Tapi lewat film tentang Perang Dunia II ini, kamu bisa melihat karakternya dari sisi yang berbeda.

"Downfall" menceritakan tentang masa-masa akhir Perang Dunia II di Berlin dari sudut pandang Taudl Junge, sekretaris pribadi Adolf Hitler. 

8. The Pianist (2002)

The Pianist 2002
pinterest.com

"The Pianist" termasuk salah satu film yang akan embawamu melihat keadaan Perang Dunia II di Eropa. Atau lebih tepatnya saat Jerman dan beberapa negara lainnya menyerbu Polandia.

Film yang berhasil membawa pulang piala Oscar dalam tiga kategori sekaligus ini melihat Perang Dunia II dari sudut pandang Wladyslaw Szpilman. Seorang pianis legendaris Polandia yang berhasil bertahan hidup dari peristiwa pelik itu.

Baca juga: Dikira Fiksi, 5 Film Kolosal Terbaik ini Ternyata Berkisah Tentang Sejarah Dunia

Itulah 8 film Perang Dunia II yang menyajikan kisah yang menarik. Kamu sudah nonton yang mana?