Qupas Weekend

8 Film Timur Tengah Tentang Anak-anak yang Penuh Haru, Jangan Lupa Siapkan Tisu!

23 June 2020, at 08:00
8 Film Timur Tengah Tentang Anak-anak yang Penuh Haru, Jangan Lupa Siapkan Tisu!

Film tentang anak-anak memang selalu punya daya tarik tersendiri. Kalau nggak lucu dan menggemaskan, biasanya genre ini akan menyajikan kisah inspiratif yang mengharukan.

Nah, buat kamu yang suka genre seperti itu, Qupas punya beberapa rekomendasi film Timur Tengah tentang anak-anak nih! Jangan lupa siapkan tisu sebelum nonton ya!

1. Theeb (2014)

Film Tentang Anak-anak (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Theeb" merupakan film Yordania berbahasa Arab garapan sutradara Abu Nowar. Film ini bercerita tentang perjuangan Theeb (Jacir Eid Al-Hwietat), anak dari suku Bedouin, yang harus bertahan hidup di gurun.

Menyuguhkan cerita dan penggambaran yang epik, film ini masuk ke dalam nominasi Academy Award 2016 lho!

2. When I Saw You (2012)

Film Anak Timur Tengah (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film Timur Tengah tentang anak-anak lainnya adalah "When I Saw You". Rilis tahun 2012 lalu, film ini bercerita tentang seorang anak pengungsi dari Palestina bernama Tarek (Mahmoud Asfa) yang terpisah dari ayahnya.

Sendirian, tanpa teman atau kenalan, Tarek harus beradaptasi dengan kehidupan barunya di Yordania. Hmm, bagaimana perjuangannya ya?

3. Wadjda (2012)

Film Timur Tengah Tentang Anak (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Wadjda" menjadi salah satu film berbahasa Arab tentang anak-anak yang mendapatkan banyak penghargaan sehingga sayang apabila kamu lewatkan.

Ceritanya sendiri berfokus pada Wadjda (Waad Mohammed), anak perempuan berumur 11 tahun yang ingin memiliki sepeda setelah diisengi oleh teman laki-lakinya yaitu (Abdullrahman Al Gohani).

Sayangnya, keinginan tersebut terhalang oleh peraturan negara yang menyebutkan bahwa perempuan nggak boleh mengendarai sepeda. Meskipun demikian, Wadjda nggak menyerah begitu saja.

Baca juga: Sarat Pesan Mendidik, 5 Film Anak Ini Wajib Ditonton Bareng Si Kecil

4. Turtles Can Fly (2004)

Film Timur Tengah Anak (Foto: imdb.com)
imdb.com

Garapan sutradara Bahman Ghobadi yang satu ini menggambarkan bagaimana perjuangan anak-anak yang tinggal di tempat pengungsian di kota Kurdi, perbatasan Turki di Irak.

Dibintangi oleh Avaz Latif, Soran Ebrahim, Hiresh Feysal Rahman, dan lain sebagainya, "Turtles Can Fly" menjadi salah satu film sedih yang bikin nangis. Coba deh nonton sendiri! 

5. The Color of Paradise (1999)

Film Timur Tengah Sedih (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film tentang anak dari Timur Tengah lainnya yang nggak kalah menyedihkan dan mengharukan adalah "The Color of Paradise".

Bercerita tentang hubungan ayah pekerja keras dan anaknya yang buta, film ini dijamin bisa membuat emosimu naik turun deh!

6. Children of Heaven (1997)

Film Sedih Tentang Anak (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kalau yang satu ini, kamu pasti sudah pernah nonton dong? Dirilis pada tahun 1997, "Children of Heaven" masih menjadi salah satu film tentang anak yang paling fenomenal.

Ceritanya sendiri mengikuti kakak-beradik bernama Ali (Mir Farrokh Hashemian) dan Zahra (Bahare Seddiqi) yang kehidupannya sangat sederhana.

Suatu hari, Ali nggak sengaja menghilangkan sepatu Zahra. Karena masing-masing dari keduanya hanya memiliki sepasang sepatu, mereka pun terpaksa menggunakan sepatu Ali secara bergantian. Merasa bersalah, Ali pun berusaha untuk mendapatkan sepatu baru untuk adiknya. Berhasil nggak ya?

Baca juga: Penuh Drama, 5 Film Mandarin Tentang Keluarga bikin Hati Mengharu Biru

7. Capernaum (2018)

Film Berbahasa Arab (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Capernaum" merupakan salah satu film Lebanon yang menyayat hati setiap penonton. Bagaimana nggak, cerita film ini berfokus pada anak usia 12 tahun bernama Zain (Zain al Rafeea) yang menuntut orang tuanya karena telah melahirkannya ke dunia yang penuh dengan rasa sakit dan penderitaan.

Kamu bisa membayangkan nggak, hal menyakitkan seperti apa yang dirasakan oleh anak kecil ini sehingga melakukan hal tersebut?

Cerita cerdas dan segar yang dihadirkan sutradara Nadine Labaki ini berhasil menyabet berbagai penghargaan lho!

8. The Kite Runner (2007) 

Film Anak Timur Tengah Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Meskipun secara teknis "The Kite Runner" merupakan film Amerika, namun garapan sutradara Marc Forster ini rasanya tetap bisa disebut sebagai film Timur Tengah. Pasalnya, tontonan ini diadaptasi dari novel terkenal karya Khaled Hosseini.

Ceritanya sendiri mengikuti Amir (Zekeria Ebrahimi/Khalid Abdalla), seorang pengungsi dari Afghanistan yang menjadi penulis terkenal di Amerika. Suatu hari, hidupnya terusik oleh rasa bersalah di masa lalu pada sahabat karibnya, Hasan (Ahmad Khan Mahmoodzada).

Well, dari 8 film Timur Tengah tentang anak-anak di atas, mana nih yang sudah pernah kamu tonton?