8 Gejala Demam Berdarah yang Sering Tidak Disadari

05 September 2018, at 09:11
0
0
8 Gejala Demam Berdarah yang Sering Tidak Disadari

Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang telah memakan banyak korban nyawa. Penyakit yang satu tergolong sebagai penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja tanpa kompromi, baik anak kecil hingga orang tua.

Demam berdarah sendiri disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyebaran virus ini biasanya pada wilayah atau daerah yang tropis maupun subtropis, seperti Indonesia.

Maka tak heran, jika beberapa tahun belakangan ini, pemerintah setempat melakukan berbagai upaya dan penyuluhan agar masyarakat lebih sadar akan bahaya dari demam berdarah. Adapun program penyuluhan tersebut tentang penyebab datangnya nyamuk aedes aegypti.

demam
intermedicas.com

Seperti diketahui, nyamuk berbahaya itu sangat suka dengan tempat yang kotor, misalnya genangan air atau tumpukan sampah. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, khususnya rumah dan sekitarnya agar tidak menjadi sarang nyamuk berbahaya ini.

Sebab, penyakit demam berdarah itu bisa dibilang sebagai penyakit dadakan. Maksud dari dadakan adalah gejala serta tandanya tidak terlihat, alias samar. Sudah banyak korban yang tidak menyadari kalau dia sedang mengidap demam berdarah sehingga penyakitnya semakin parah dan sulit disembuhkan.

Untuk itu, alangkah baiknya supaya kamu mengetahui apa saja tanda dan gejala demam berdarah agar bisa mengatasinya langsung sebelum terlambat. Nah, agar lebih jelas, berikut adalah gejala-gejalanya.

Baca juga : Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Ya Bedanya?

1. Sering Demam

demam
parade.com

Banyak yang tidak menyadari, bahwa demam biasa juga merupakan pertanda dari terjangkitnya demam berdarah. Sebab, kondisi yang dimunculkan hampir sama. Bedanya, kalau gejala demam berdarah biasanya seseorang menjadi lebih mudah dan sering demam. Walau sudah sempuh, namun beberapa hari kemudian demam lagi, dan begitu seterusnya. Jika kamu merasakan hal ini, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

2. Muncul Memar

memar
vonvon.id

Selanjutnya, tubuhmu akan memar-memar tanpa sebab. Pada hal ini, banyak orang yang merasa bahwa memar tersebut akibat dari benturan benda keras seperti kasur, kursi, dan sebagainya. Padahal, memar saat demam itu perlu diwaspadai karena merupakan gejala awal dari demam berdarah.

3. Mual dan Muntah

mual
catatanmini.com

Kalau kondisi ini memang selalu dirasakan oleh orang yang sakit, bukan? Itulah yang menakutkan, banyak yang menganggap bahwa mual dan muntah adalah hal wajar saat sakit, terutama demam. Tapi, jika mual dan muntah berlangsung dalam jangka waktu panjang, bisa jadi itu adalah gejala awal terjadinya demam berdarah yang tidak boleh disepelekan.

4. Perdarahan Gusi

sakit gusi
wajibbaca.com

Selanjutnya, demam berdarah juga bisa ditandai dengan terjadinya perdaharan pada gusi dan mulut. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sariawan belaka, padahal ada bahaya serius yang mengancam di baliknya. Bahkan, perdarahan itu bisa semakin parah dan menular ke hidung sampai terjadi mimisan. Jika kamu mengalami hal ini dalam waktu panjang, besar kemungkinan kamu telah terkena demam berdarah.

5. Nyeri Otot

nyeri otot
journal.20fit.co.id

Lantas yang tidak kalah penting juga, sebagian otot pada tubuh akan merasakan nyeri yang luar biasa. Nyeri itu terasa seakan tubuh sedang lelah akibat aktivitas yang berat, walaupun kamu tidak melakukan aktivitas apapun. Ketika nyeri itu berlangsung dibarengi dengan demam, maka segeralah periksa ke dokter sebab ada kemungkinan lain, selain terkena demam berdarah.

6. Feses Berubah Warna

sakit perut
waktuku.com

Dan yang tak kalah penting juga, kamu harus memerhatikan bentuk, tekstur, serta warna feses. Biasanya, seseorang yang terjangkit demam berdarah akan mengalami perubahan pada fesesnya. Feses menjadi lebih keras dan cenderung berwarna hitam pekat. Jadi, saat kamu mengalami demam dan ternyata fesesmu berubah tekstur dan warna, maka kamu telah terkena demam berdarah.

7. Sesak Napas

sesak napas
ibudanmama.com

Gejala demam berdarah selanjutnya adalah terjadi kesulitan saat bernapas. Mungkin kesulitan napas dalam hal ini tidak sekuat dari asma, namun ada perbedaan yang cukup signifikan. Asma akan kambuh ketika hawa dingin, namun susah napas karena demam berdarah akan datang pada suhu apapun, baik panas ataupun dingin.

8. Emosional Terganggu

emosi
vebma.com

Dan yang terakhir adalah emosional tidak stabil. Ketika kamu menderita demam berdarah, apalagi dalam gejala awal, maka kamu akan menjadi orang yang mudah marah dan hilang mood. Hal itu dikarenakan hormon dalam tubuh sedang kacau akibat virus yang menyerang. Kamu pun menjadi lebih pesimis dan mudah putus asa karenanya.

Nah, itulah beberapa gejala demam berdarah yang harus kamu waspadai sebelum telat dan menjadi masalah serius bagi kesehatanmu.

0 Comment