8 Gestur Tubuh Bayi ini Jadi Cara Si Kecil Berkomunikasi, Apa Maknanya?

29 December 2018, at 01:00
2
0
8 Gestur Tubuh Bayi ini Jadi Cara Si Kecil Berkomunikasi, Apa Maknanya?

Siapa bilang kalau bayi hanya bisa menangis? Bunda perlu tahu, ternyata si kecil juga punya isyarat ketika ia mengomunikasikan kebutuhan keinginan atau apapun yang ia rasakan.

Bahasa nonverbal atau baby cues namanya. Melalui gestur-gestur tertentu, ternyata Bunda bisa memprediksi apa yang sebenarnya bayi inginkan.

Bahkan ketika tanggapan bisa dilakukan secara cepat dan tepat, ikatan antara Bunda atau Ayah dengan si kecil bisa lebih erat.

Lalu apa sih sebenarnya makna dari gestur yang ditampilkan bayi ini? Penasaran kan? Yuk langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Gerakan Bayi Mengucek Mata

ilustrasi bayi mengucek mata
health.harvard.edu

Isyarat pertama yang mungkin sering Bunda lihat adalah ketika ia mengucek mata. Bahkan hal ini juga diikuti dengan menguap lebar.

Gerakan bayi yang dilakukan ini bisa jadi berarti si kecil sedang mengantuk atau merasa kelelahan.

Menurut studi, ternyata gerakan satu ini memiliki efek dalam menenangkan detak jantung serta melambatkan gerakan tubuh ketika bayi siap untuk tertidur.

2. Menarik Telinga

ilustrasi bayi memegang telinga
instagram.com/arcoirisfotografiass

Pernahkah Bunda melihat si kecil menarik telinganya sendiri? Ternyata gerakan ini punyak arti tersendiri, lho.

Gerakan menarik telinga ternyata menandakan ketika bayi siap untuk tidur. Selain itu, bisa juga berarti jia menghadapi situasi untuk menangkan emosinya sendiri.

3. Kaki Menendang-Nendang

ilustrasi kaki bayi menendang nendang
pexels.com/@pixabay

Ketika bayi merasa senang, bukan berarti selalu ditandai dengan tawanya saja. Siapa sangka, kaki si kecil yang menendang-nendang ternyata mengindikasikan bahwa ia sangat antusias dengan kegiatan tertentu.

Misalnya saja ketika ia sedang mandi atau bermain dengan Bunda dan Ayah. Pernah menyaksikan aksi menggemaskan si kecil ini, Bun?

4. Mengepalkan Tangan

ilustrasi bayi mengepalkan tangan
pexels.com/@sidharth-sircar-254372

Isyarat bayi satu ini mungkin sedikit sulit dibedakan. Tapi ada saatnya ketika si kecil terlihat mengepalkan tangan dan ia terlihat tegang.

Hal ini kemungkinan menjadi pertanda bahwa bayi tengah merasa stres atau dilanda rasa lapar. Kedua kondisi ini membuatnya tegang dan akhirnya ia mengepalkan kedua tangannya.

Untuk menghadapinya, Bunda bisa memberi si kecil ASI guna meredakan rasa laparnya. Bisa juga Bunda menggendongnya agar tingkat stres si kecil bisa berkurang.

Baca juga: 8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!

5. Melakukan Kontak Mata

bayi melakukan kontak mata
instagram.com/alsukazanskaya

Ada saatnya bayi secara langsung menatap wajah Bunda tepat di manik mata. Apa sih artinya?

Ternyata hal ini bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang tertarik dengan segala interaksi yang sedang berlangsung. Wah, senangnya kalau hal ini terjadi ya!

6. Mengalihkan Pandangan

bayi mengalihkan pandangan
pexels.com/@pixabay

Bunda mungkin pernah mengalami hal ini, yakni ketika si kecil tiba-tiba memalingkan wajahnya. Apa sih artinya?

Ternyata hal ini bisa menjadi pertanda kalau ia sedang bosan, lho. Atau bahkan si kecil juga nggak tertarik ketika Bunda mengajaknya bermain.

Saat ia tiba-tiba memalingkan muka dari salah satu area pandang juga bisa bermakna kalau ia mengalami overstimulasi. Jadi nggak heran kalau si kecil butuh hal baru untuk ia saksikan.

7. Melengkungkan Punggung

ilustrasi bayi melengkungkan punggung
nmlarsen.blogspot.com

Terkadang bayi akan melakukan gerakan seperti ini. Punggungnya melengkung dan terkadang juga dikombinasikan dengan tangisan. Lalu apa artinya?

Hal ini bisa jadi karena si kecil merasa nggak nyaman akibat refluks, asam lambung pada bayi. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuat ia sendawa ya, Bun!

8. Tangan Tersentak

ilustrasi arti tangan bayi tersentak
pexels.com/@studio-7042-215243

Ketika si bayi tertidur, secara tiba-tiba tangannya tersentak. Ternyata ini pertanda bahwa ia sedang kaget atau measa waspada.

Bukan hanya ketika ia terlelap saja. Bahkan saat si kecil tengah terjaga dan terbaring dengan tenang, tangannya bisa secara refleks tersentak ketika ada suara keras maupun cahaya terang.

Jadi Bunda bisa langsung menenangkannya ketika hal ini terjadi pada si kecil. Jangan panik ya, Bun!

Nah, itulah beberapa isyarat dari bayi untuk menunjukkan apa yang sedang ia rasakan. Bunda perlu mengetahuinya supaya dapat memberi respon secara cepat dan cepat.

Poin plusnya, hal ini bisa membuat hubungan Bunda dan si kecil akan semakin erat. Yuk coba amati gerakan si kecil seperti yang sudah Qupas ulas di atas, Bun!

0 Comment