8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga

05 November 2018, pada 06:01
0
0
8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga

Ketika sudah berumah tangga, kita harus bisa menerima pasangan secara utuh. Sebab ini berkaitan dengan pernikahan yang bahagia.

Tapi kebahagiaan dalam biduk rumah tangga terkadang malah dirusak oleh hal-hal yang dianggap sepele. Padahal hal tersebut justru punya pengaruh besar.

Begitu masalah-masalah kecil ini menumpuk, maka hal ini bisa berpotensi untuk menghancurkan rumah tangga. Tentu kamu nggak ingin hal ini terjadi kan?

Untuk itu, sebaiknya simak dulu ulasan Qupas tentang hal yang kedengarannya sepele tapi justru berpotensi merusak keharmonisan rumah tanggamu. Yuk intip!

1. Saling menyalahkan

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
foryourmarriage.org

Saling menyalahkan satu sama lain apalagi dalam hal sepele adalah salah satu hal yang perlu kamu hindari saat sudah berumah tangga.

Kalau dirasa kamu dan pasangan masih saling menyalahkan untuk hal-hal yang nggak sesuai rencana, sebaiknya mulai sekarang berbenah.

Ada baiknya juga kalau kamu dan pasanganmu saling mengalah. Sama-sama introspeksi diri pun diperlukan untuk kamu dan pasangan.

Selain itu, nggak ada salahnya kalau kamu meminta maaf pada pasanganmu terlebih dahulu. Buang rasa gengsimu supaya kehidupan rumah tangga lebih harmonis.

2. Enggan mencoba untuk membangun kecocokan

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
glamour.com

Seperti yang telah kita ketahui, pernikahan adalah menyatunya dua insan dimana terkadang mereka punya sifat berbeda.

Bukan perkara mudah juga untuk bisa membuat keduanya menjadi pribadi yang cocok. Intinya masih perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang jelas sudah berbeda.

Tapi kalau kamu enggan mencoba untuk membangun kecocokan dengan pasangan, ini bisa berakibat fatal. Sebelumnya memang terlihat baik-baik saja.

Begitu masalah yang sama sudah menumpuk, yang ada hanyalah pertengkaran kerap menghiasi kehidupan rumah tanggamu. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadi kan?

Oleh karenanya, coba deh lebih berusaha untuk membangun kecocokan. Ajak juga pasanganmu untuk lebih memahami satu sama lain.

3. Harapan tentang pernikahan yang berlebihan

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
thesandstc.com

Sebelum menikah, kebanyakan orang punya impian tersendiri tentang kehidupan rumah tangga yang diinginkan. Termasuk kamu?

Tapi sayangnya nggak semuanya orang bisa berhasil untuk mendapatkan pernikahan seperti apa yang pernah ada di angan-angannya.

Saat seseorang nggak bisa menerima kenyataan ini, tentu mereka nggak puas. Bahkan malah cenderung nggak bahagia dala menjalani pernikahan.

Coba deh mulai sekarang lebih berpikir realistis dan nggak terlalu sering menonton drama pernikahan romantis. Sebab kehidupan rumah tangga nggak semulus itu.

4. Jarang Komunikasi

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
neilrosenthal.com

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam suatu hubungan. Nggak terkecuali dalam pernikahan.

Saat komunikasi jarang terjadi, ini bisa menjadi jurang pemisah antara suami dan istri. Bahkan masalah pun akan datang silih berganti.

Kamu punya masalah komunikasi dengan pasangan? Sebaiknya mulai sekarang perbaiki itu semua sebelum terlambat.

Saat sedang bersama, hindari terlalu sering memegang handphone. Ada baiknya kalau kamu dan pasangan saling membicarakan tentang kegiatan apa saja yang kalian lakukan seharian.

Meski terdengar sepele, hal ini pasti akan membuat kehidupan rumah tanggamu jauh lebih harmonis.

Baca juga: 5 Kata Romantis Sederhana Agar Pernikahanmu Tetap Penuh Cinta

5. Marah dengan diam

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
crosswalk.com

Setiap emosi yang masih tertahan akan selalu punya dampak buruk. Seperti halnya marah tanpa bersuara dan hanya dipendam.

Ini justru akan menimbulkan masalah yang lebih runyam lagi. Khususnya dalam mengatasi persoalan dalam rumah tangga.

Ketika kamu lebih memilih diam, suatu saat pasti kemarahanmu akan meledak. Tentu saja hal ini akan lebih memperkeruh suasana.

Jadi sebaiknya saling berbicaralah pada pasangan dan katakan apa yang sebenarnya nggak sesuai dalam hubungan rumah tanggamu dengannya.

6. Kebohongan kecil

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
lovebondings.com

Kebohongan, baik yang dianggap sepele maupun sebaliknya tentu bisa menimbulkan masalah besar. Bahkan bisa juga mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Tapi coba juga saling introspeksi diri. Apakah kamu dan pasanganmu masih sering menyembunyikan sesuatu dan butuh waktu untuk saling mengungkapkan hal tersebut?

Kalau ya, bisa saja kamu atau pasanganmu masih belum saling percaya. Sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaan ini deh!

7. Kurangnya komitmen

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
psychologytoday.com

Pada dasarnya, dalam pernikahan perlu adanya komitmen yang kuat dari pribadi masing-masing.

Saat salah satu pasangan sudag nggak bisa mempertahankan komitmennya, maka perselingkuhan bisa terjadi dengan mudah.

Sebenarnya komitmen bisa dibangun dari pribadi masing-masing. Tapi bisa juga dibantu dengan adanya tambahan waktu kebersamaan dengan pasangan.

Sebab kalau pasangan lebih seering menghabiskan waktu bersama, saling terbuka, kemungkinan masuknya orang ketiga lebih kecil.

8. Selalu sepaham dengan keluarga

8 Hal Sepele Ini Berpotensi Merusak Rumah Tangga
thelist.com

Pasca menikah, alangkah baiknya kalau kehidupan rumah tangga hanya diketahui oleh suami dan istri. Tentu saja orang tua atau keluarga nggak perlu lagi ikut campur.

Tapi kalau keluarga sudah ikut campur, semua jadi serba sulit. Bahkan hal ini bisa jadi pertanda kalau pasangan nggak dewasa.

Jadi mulai sekarang kamu harus memberi keputusan sendiri bersama pasangan tentang kehidupan rumah tanggamu. Melibatkan keluarga boleh saja, asal bukan dalam mengatasi persoalan internal.

Setelah membaca ulasan Qupas, terkadang memang hal-hal tersebut dianggap sepele. Padahal semuanya bisa membuat kehidupan pernikahan berjalan nggak mulus.

Untuk itu, nggak ada salahnya kalau kamu dan pasangan mulai berbenah dan saling memahami satu sama lain. Siap mencobanya?

0 Komentar