8 Ilustrasi “Emak Lokal VS Emak Luar” Ini Bikin Ngakak, Benar Juga!

05 January 2019, pada 10:00
1
0
8 Ilustrasi “Emak Lokal VS Emak Luar” Ini Bikin Ngakak, Benar Juga!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “the power of emak-emak” yang ditujukan kepada karakteristik ibu-ibu Indonesia, kan?

Memang ada banyak istilah untuk menyebut ibu, entah dari mana asalnya. Akan tetapi sebutan “emak” kemudian menjadi populer dan menunjukkan ibu-ibu yang kuat dan tidak kenal takut.

Hal ini lantas membuat banyak warganet Indonesia membuat perbandingan antara emak-emak lokal alias Indonesia dengan emak-emak luar negeri.

Ilustrasi percakapan antara emak dan anaknya ini sangat lucu dan dijamin bisa bikin kamu ngakak. Meskipun agak ngaco, akan tetapi kata-kata yang dibuat oleh netizen ini ada benarnya juga, lho.

1. Mi Instan

mie instan
instagram.com/koplak.ngakak

Wah, benar juga! Emak-emak Indonesia kalau anaknya ingin makan mi instan pasti langsung cepat tanggap. Padahal mi instan bukan makanan yang bergizi, lho. Berbeda dengan ibu-ibu luar negeri.

Eits, tapi tidak boleh menggeneralisasikan, ya. Emak-emak lokal juga ada kok yang sadar bahwa mi instan tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

Emak-emak luar negeri juga tidak semuanya bersikap seperti itu. Semua tergantung pada pribadi dan lingkungannya.

2. Tupperware

tupperware
instagram.com/koplak.ngakak

Kalau yang satu ini sudah jelas kan, ya? Emak-emak Indonesia memang seperti terobsesi pada tupperware. Mungkin hal ini terjadi karena harga barang tersebut cukup mahal.

Emak dan tupperware, entah siapa yang memulai, akan tetapi saat ini ibu-ibu di Indonesia memang diidentikkan dengan perabotan satu ini.

3. Nilai Jelek

nilai jelek
instagram.com/koplak.ngakak

Mungkin karena pada dasarnya orang Indonesia memiliki kebiasaan berkumpul atau ikatan yang kuat sesama tetangga, maka hal seperti ini sering terjadi.

Tidak semuanya ibu seperti ini, akan tetapi dengan lingkungan yang demikian seringkali emak membandingkan buah hatinya dengan anak tetangga.

4. Hamil

hamil
instagram.com/koplak.ngakak

Kalau di luar negeri, orang-orang terbiasa tidak mencampuri urusan orang lain.

Berbeda dengan orang Indonesia yang sudah menganggap bergosip sebagai ritual dan kegiatan wajib. Apapun bisa digosipkan, termasuk kecurigaan bahwa anak tetangga hamil duluan.

Baca Juga: Tebak-Tebakan di Awal Tahun yang Bikin Ngakak sampai Terjungkal

5. Tak Ada Tandingan

tak ada tandingan
instagram.com/koplak.ngakak

“The power of emak-emak” memang sungguh mengesankan. Namun sayangnya, kekuatan tersebut sering kali disalahgunakan oleh ibu-ibu.

Hal yang seperti ini sebaiknya dikurangi ya, emak!

6. Mau Tidur

mau tidur
instagram.com/koplak.ngakak

Ilustrasi yang satu ini menunjukkan bahwa tidak ada tradisi “so sweet” dalam kehidupan emak-anak di Indonesia.

Jangankan mengucapkan “selamat malam”, yang ada malah dimarahin karena main HP terus dan tidur terlalu larut.

7. Usia 25

usia 25
instagram.com/koplak.ngakak

Di luar negeri usia memang bukan merupakan indikator untuk cepat menikah. Orang-orang itu justru lebih mementingkan pengembangan diri terlebih dahulu agar siap untuk membangun komitmen seperti pernikahan.

Sedangkan di Indonesia, banyak orang yang masih terpaku pada usia dalam hal pernikahan.

8. Sakit

sakit
instagram.com/gibranhndrt21

Kalau yang satu ini kamu pasti pernah mengalaminya. Mengeluh sakit bukannya ditanya sakitnya kenapa tetapi malah dimarahin karena terlalu sering minum es. Namun meskipun demikian, emak akan tetap merawat kamu (sambil ngomel-ngomel) dengan penuh cinta.

Ngakak nggak? Memang benar-benar lucu ya tingkah laku emak-emak yang tidak mau ditandingi ini. Meskipun lucu, beberapa hal dalam ilustrasi tersebut sebaiknya tidak dilakukan, lho, seperti halnya melanggar parkir.

Ibumu seperti emak-emak itu tidak? Walau terkesan galak dan agresif, seorang ibu memiliki kasih sayang yang luar biasa kepada anaknya.

Jika dia terlihat sangat kuat di luar, jangan pernah menyakitinya karena hatinya juga bisa terluka. Sayangi ibu atau emakmu ya, buat bahagia karena mereka bisa menjadi sekuat itu demi membesarkan dan melindungimu.

0 Komentar