8 Jajanan Enak Khas Tegal, Camilan Gurih dan Renyah yang Bikin Lidah Bergoyang

23 January 2019, at 12:00
0
0
8 Jajanan Enak Khas Tegal, Camilan Gurih dan Renyah yang Bikin Lidah Bergoyang

Warteg adalah singkatan dari Warung Tegal yang memiliki ciri khas tempat makan dengan harga yang murah meriah. Walau begitu, rasanya tetap enak tak terdandingi.

Pedas, gurih, asin dan segar di tenggorokan memang bikin nempel di lidah. Nggak heran deh, banyak orang yang mencari warteg sebagai tujuan warung makan favoritnya.

Nah, Tegal bukan hanya terkenal dengan menu makan wartegnya saja. Tapi juga menu jajanan enak khas Tegal yang akan menggoyang lidahmu. Yuk, simak!

1. Blendung

blendung
instagram.com/juwitacc

Di sebagain daerah yang ada di Jawa Tengah, mungkin jajanan pasar yang satu ini lebih dikenal dengan Grontol. Di Tegal, camilan ini memang sering kali di jumpai di pasar tradisional dengan harga yang murah meriah, liam ribuan.

Sajian jagung rebus dengan tekstur lunak dengan parutan kelapa yang gurih ini, memiliki rasa manis alami yang pas. Paling enak saat disantap di pagi hari dengan secangkir teh yang nikmat.

Berlokasi di : Pasar Martoloyo, Jalan Martoloyo No.101, Tegal

Buka dari : 05:00-12:00 WIB

2. Gulali khas Tegal

gulali khas tegal
instagram.com/fatiicha_icha

Gulali ala Tegal ini berbalut tepung dengan rasa yang manis alami. Dimakan bukan dengan ditusukkan sebuah lidi, melainkan langsung dari sebuah kertas koran.

Biasanya dijual oleh nenek atau kakek yang hingga hari ini masih mempertahankan eksistensi permen tradisional dengan harga dua ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Lapangan Kota Tegal Selatan

Buka dari : 08:00-12:00 WIB

3. Rujak Kerupuk Mie

rujak kerupuk mie
ksmtour.com

Jajanan enak khas Tegal yang selanjutnya ini harganya hanya dua ribu rupiah saja. disajikan dengan daun pisang yang dipincuk dan berii sayuran rebus dengan siraman sambal pedas.

Biasanya dijual di pagi hari sebagai sarapan menyehatkan nan mengenyangkan. Bisa juga meminta kerupuk mie dengan siraman bumbu pecel yang pedas sesuai selera para pembeli.

Berlokasi di : Pasar Pagi Blok B, Jalan Kaloran II No.18, Mangkukusuman

Buka dari : 04:00-18:00 WIB

4. Kacang Bongares

Kacang Bongares
instagram.com/makananjawa

Kacang asal Tegal yang satu ini punya rasa asin, manis, dan gurih yang akan membuatmu ketagihan saat memakannya. Cocok nih untuk jamuan bersama keluarga di rumah.

Ada rasa bawang dan original dengan berat perbungkusnya 500 gr. Harganya sekitar tiga puluh lima ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan M.T. Haryono, Kabunan, Dukuhwaru

Buka dari : 07:30-21:00 WIB

Baca juga : 8 Kuliner Tegal yang Memanjakan Perut, Wajib Kamu Coba

5. Olos

jajanan enak khas tegal
instagram.com/agussusanto_

Olos ini adalah gorengan renyah dengan sayuran pedas sebagai isiannya. Terkenal di kalangan anak muda Tegal masa kini.

Dijual dengan menggunakan gerobak di depan sekolah. Harganya hanya lima ratus rupiah per bijinya. Murah meriah sekali bukan?

Berlokasi di : Sekolahan yang ada di Tegal

Buka dari : 07:00-14:00 WIB

6. Kue Tempel

kue tempel tegal
instagram.com/bluegingerandkiwi

Jajanan enak khas Tegal yang satu ini sudah jarang sekali ditemukan. Yang masih konsisten berjualan kue tempel sampai sekarnag adalah ibu di emperan jalan HOS Cokroaminoto.

Terbuat dari tepung beras, kelapa, pisang dan gula merah. Dibuat di atas kuali panas tanpa minyak, jadi sehat nggak bikin berminyak di mulut. Harga hanya lima ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan HOS. Cokroaminoto, Pekauman

Buka dari : 09:00-17:00 WIB

7. Kerupuk Antor

kerupuk  antor khas tegal
Instagram.com/thierakirey

Camilan enak yang gurih serta renyah ini punya rasa bawang, pedas manis dan bikin ketagihan banget. Cara masaknya cukup tradisional dengan menggunakan pasir.

Harga per satu kilogramnya sekitar tiga puluh ribu rupiah saja. Tapi kamu sudah mendapatkan satu karung penuh kerupuk khas Tegal ini.

Berlokasi di : Kerupuk Antor Mbah Niti, Jalan Pener, Pangkalan, Pangkah

Buka dari : 06:00-22:00 WIB

8. Tahu Aci

tahu aci khas tegal
instagram.com/mod_eka

Oleh-oleh khas Tegal ini termasuk yang paling banyak diburu loh. Karena rasanya yang nikmat dan kenyal gurih bikin jajanan khas yang satu ini terkenal diberbagai daerah.

Untuk 10 pcs dijual dengan harga tiga puluh lima ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Sepanjang jalan alun-alun kota Tegal

Buka dari : 08:00-20:00 WIB

Itulah delapan jajanan enak khas Tegal yang bisa kamu coba selama berada di sana. Selain itu juga ada minuman menyegarkan Es Sagwan. Dengan kesegaran es serut dan butiran panjang tepung kanji, tentunya bisa melegakan tenggorokanmu.

Mau update tentang tempat makan lainnya dengan lebih mudah? Yuk langsung download aplikasi Qupas melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Mumpung gratis, lho!

0 Comment