8 Jenis Essential Oil yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Merawat Kecantikan Wajah

19 January 2019, at 02:00
0
0
8 Jenis Essential Oil yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Merawat Kecantikan Wajah

Beberapa waktu belakangan, essential oil atau minyak esensial jadi bahan alami yang difavoritkan wanita di seluruh dunia untuk merawat kecantikan wajah.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, essential oil diketahui memiliki nutrisi untuk kulit dengan konsentrasi tinggi. Kandungannya diperoleh dari beberapa bagian tumbuhan, seperti daun, batang, biji, buah, ataupun bunga.

Manfaat yang ditawarkan minyak esensial juga beragam. Misalnya saja mengobati jerawat, melembabkan, anti-aging, hingga memutihkan wajah.

Tapi tentu saja, kamu harus mengetahui jenis minyak esensial yang tepat untuk kulitmu. Nah, supaya tak salah pilih, Qupas telah merangkum 8 essential oil yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. Seperti berikut ini.

1. Grapeseed Oil

grapeseed oil untuk kecantikan
stylecraze.com

Grapeseed Oil diekstraksi dari biji anggur dan sangat baik untuk merawat kulit berjerawat. Sebab, di dalamnya tinggi akan kandungan beta-carotene, vitamin C, D, E, dan linoleic acid atau omega 6.

Wajah berjerawat biasanya cenderung memproduksi minyak berlebih karena kekurangan linoleic acid. Nah, nutrisi di dalam grapeseed oil tersebut tentunya bisa mengatasi masalah ini.

Selain itu, linoleic acid juga bersifat anti-microbial dan anti-inflamatory. Sehingga bibit jerawat akan ditumpas habis sebelum terjadi peradangan lebih lanjut.

2. Tea Tree Oil

tea tree oil untuk jerawat
shopify.com

Selain grapeseed oil, ada tea tree oil yang namanya sudah sangat terkenal karena ampuh membasmi jerawat. Minyak esensial ini juga mudah ditemukan dalam produk skincare anti acne.

Tea tree oil berasal dari tanaman spesial Melaleuca Alternifolia yang hanya ada di Australia. Sifat antibakteri di dalamnya juga diklaim sangat unik dan punya kemampuan ajaib untuk mengobati jerawat.

3. Olive Oil

minyak zaitun untuk kecantikan
oldwayspt.org

Kamu pasti sudah tak asing dengan minyak esensial yang satu ini. Olive oil atau minyak zaitun telah dimanfaatkan sejak lama untuk memberi kelembaban alami pada kulit.

Tapi khasiatnya tak berhenti di situ saja. Olive oil punya kandungan vitamin A dan E yang ampuh untuk mencegah penuaan, membuat kulit terasa lebih halus, sekaligus menjadikannya terlihat lebih cerah.

4. Avocado Oil

avocado oil
consumerlab.com

Buah yang dikenal punya kandungan lemak baik ini juga menyimpan manfaat yang luar biasa ketika berubah bentuk menjadi minyak esensial. Sebut saja bisa mendorong produksi kolagen agar kulit jadi lebih kenyal.

Tak hanya itu, avocado oil kaya akan oleic acid (omega 9)  dan sifat memiliki humectancy. Karakternya ini akan mengunci kelembaban kulit dalam waktu yang sangat lama.

Itula mengapa, minyak alpukat sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.

Baca juga: Lendir Siput dan Bahan Unik Skincare Lainnya yang Bisa Kamu Pilih untuk Mengobati Jerawat

5. Almond Oil

almond oil untuk kecantikan
rewardme.in

Almond Oil memiliki tekstur yang ringan dan dikatakan sangat aman untuk kulit sensitif. Formulanya mudah meresap dan ampuh untuk membersihkan pori secara mendalam.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengganti produk makeup remover atau pembersih wajah. Menariknya lagi, minyak almond juga mampu mengatasi tampilan mata panda yang membandel lho.

6. Argan Oil

argan oil untuk kecantikan
restoregrowth.com

Nutrisi yang terdapat dalam argan oil mirip dengan minyak zaitun. Yakni ada vitamin A dan E yang dibutuhkan kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan flek hitam.

Selain itu, 80 persen kandungan argan oil terdiri dari asam lemak yang ampuh untuk melawan radikal bebas .

7. Rosehip Oil

rosehip oil untuk kecantikan
stylecraze.com

Rosehip oil juga berperan penting untuk merawat kulit agar tetap awet muda. Kabarnya, minyak esensial yang satu ini jadi favorit Kate Middleton lho.

Khasiat anti aging di dalam rosehip oil berkat vitamin C, omega 3, retinoid acid, dan asam lemak omega 6 di dalamnya yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Wajah pun akan terlihat lebih cerah.

8. Rice Bran Oil

rice bran oil
stylecraze.com

Rice bran oil didapatkan dari kulit biji padi. Minyak esensial ini punya manfaat luar biasa dalam melembabkan kulit secara menyeluruh.

Hal ini karena vitamin E dan fatty acid di dalamnya sangat tinggi. Tak berhenti di situ saja, rice bran oil juga punya kandungan squalane.

Senyawa ini akan membantu area wajah yang penuh dengan sebum untuk memproduksi minyak lebih sedikit. Cocok digunakan oleh pemilik kulit kombinasi.

Nah, itulah deretan essential oil yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. Kasiatnya pun beragam, bisa mengatasi jerawat, kulit kering, berminyak, hingga mencegah penuaan. Pastikan memilih yang sesuai dengan kondisi wajahmu ya!

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Playstore atau Apple Appstore, sekarang juga!

0 Comment