Qupas Beauty

8 Jenis Pembersih Makeup Sesuai Teksturnya, Mana yang Cocok Untukmu?

15 February 2020, at 06:00
8 Jenis Pembersih Makeup Sesuai Teksturnya, Mana yang Cocok Untukmu?

Membersihkan makeup termasuk langkah paling dasar dalam merawat wajah. Karena itulah, kamu juga harus pintar-pintar memilih produk cleanser supaya riasan terangkat sempurna dan skincare yang dipakai bisa bekerja secara maksimal.

Tapi sekarang ini, jenis pembersih makeup yang ada di pasaran jenisnya banyak banget. Teksturnya pun berbeda-bedan dan kamu jadi bingung mau pilih yang mana, ya nggak?

Nah, biar nggak bingung lagi, simak dulu yuk 8 jenis pembersih makeup sesuai dengan teksturnya berikut ini!

1. Cleansing Milk

Cleansing Milk (Foto: ratutips.com)
ratutips.com

Cleansing Milk adalah pembersih makeup yang teksturnya berupa krim seperti susu. Selain berfungsi untuk membersihkan wajah dari sisa riasan, formulanya juga lembut dan bersifat melembapkan.

Itulah mengapa cleansing milk akan membantu mengangkat makeup tanpa menghilangkan kelembapan dan minyak alami dalam kulit.

2. Micellar Water

Micellar Water (Foto:  instagram.com/garnierindonesia)
instagram.com/garnierindonesia

Micellar water adalah produk pembersih berbahan dasar air yang telah dimurnikan dari kandungan logam berat. Di dalamnya diberi tambahan micelles, yaitu partikel minyak yang sangat kecil untuk mengangkat minyak dan kotoran dari kulit wajah secara efektif.

Cara kerjanya yang mampu menarik makeup waterproof, minyak, ataupun kotoran seperti magnet dan tanpa perlu dibilas lagi membuat produk ini punya banyak penggemar.

3. Cleansing Water

Cleansing Water (Foto: instagram.com/neogen_global)
instagram.com/neogen_global

Cleansing water juga terbuat dari air yang telah dipurifikasi, mirip seperti micellar water. Bedanya, produk pembersih wajah ini punya bahan tambahan yang lebih banyak, seperti essential oil, ekstrak buah-buahan, dan mineral lainnya yang akan membantu menutrisi kulit.

Kalau fokus utama micellar water sebagai agen pembersih, cleansing water efektif untuk membersihkan wajah sekaligus menutrisinya secara bersamaan.

Baca juga: 5 Cleansing Water Terbaik yang Efektif Angkat Makeup Sekaligus Menutrisi Wajah

4. Cleansing Gel

Cleansing Gel (Foto: instagram.com/sukinskincare)
instagram.com/sukinskincare

Pembersih makeup yang satu ini konsistensinya berupa gel. Cleansing gel dikenal sebagai produk dengan formula ringan dan bisa memberi efek menenangkan.

Biasanya, cleansing gel diaplikasikan dengan cara mengoleskannya langsung ke seluruh wajah hingga makeup terangkat, kemudian disapu dengan memakai bantuan kapas.

5. Cleansing Oil

Cleansing Oil (Foto: instagram.com/thebodyshopindo)
instagram.com/thebodyshopindo

Cleansing oil dikenal sebagai pembersih makeup waterproof yang paling ampuh. Seperti namanya, bahan dasarnya terdiri dari oil atau minyak.

Karena itulah, makeup remover ini biasanya jadi favorit pemilik kulit kering.

6. Cleansing Balm

Cleansing Balm (Foto: instagram.com/banilaco_official)
instagram.com/banilaco_official

Cleansing Balm juga digemari oleh para wanita yang biasa memakai makeup tebal. Karena teksturnya yang seperti balsem mampu mengangkat makeup waterproof dan sisa kotoran lainnya tanpa meninggalkan residu atau kesan berminyak.

Kamu bisa memakai cleansing balm dengan cara mengoleskannya ke seluruh wajah dan diiringi dengan pijatan lembut. Setelah semua makeup luntur, bersihkan dengan kapas.

Baca juga: 5 Cleansing Balm Korea yang Paling Fenomenal dan Ampuh Angkat Makeup Waterproof

7. Cleansing Stick

Cleansing Stick (Foto: instagram.com/stivesskin)
instagram.com/stivesskin

Super praktis, pembersih wajah yang dikemas dalam bentuk batangan atau dikenal dengan nama cleansing stick paling cocok untuk dibawa traveling.Selain nggak makan tempat, cara mengaplikasikannya juga mudah.

Yaitu tinggal dioleskan langsung ke wajah dan teksturnya yang padat akan langsung berubah menjadi busa saat terkena air. Fungsinya pun two in one lho, bisa menggantikan peran makeup remover dan facial wash sekaligus.

Ritual double cleansing yang biasanya harus menggunakan dua produk, yakni makeup remover kemudian dilanjutkan dengan facial wash, bisa kamu ringkas dengan pemakaian clansing stick.

8. Cleansing Wipes

Cleansing Wipes (Foto: hellosasyachi.com)
hellosasyachi.com

Bukan tisu basah biasa, cleansing wipes adalah produk pembersih wajah dalam bentuk tisu basah yang formulanya bersahabat dengan wajah dan tentunya efektif untuk membersihkan makeup juga kotoran.

Dilihat dari bentuk dan cara pemakaiannya yang praktis ini, cleansing wipes juga bisa jadi pilihan yang pas buat dibawa saat traveling.

Nah, itulah 8 jenis pembersih makeup yang perlu kamu ketahui. Gimana, kira-kira mana yang paling cocok untukmu?