Qupas Beauty

8 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kecantikan, Ada Nggak di Skincaremu?

28 June 2020, at 06:00
8 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kecantikan, Ada Nggak di Skincaremu?

Vitamin, dikenal akan fungsinya dalam menunjang kesehatan tubuh. Tapi yang sering dilupa, senyawa ini juga menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan kulit, kuku, bahkan rambut.

Nah, kali ini Qupas akan fokus mengulas tentang manfaat vitamin B untuk kecantikan. Vitamin B sendiri punya delapan jenis dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Maka dari itu, simak dulu yuk jenis-jenis vitamin B dan manfaatnya untuk kecantikan berikut ini!

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 (Foto: verishop.com)
verishop.com

Vitamin B1 mempunyai sifat anti-stress, antioksidan, dan bisa melawan radikal bebas. Selain itu, ada pula manfaat anti-aging yang mampu membantu mencegah penuaan dini.

Kesimpulannya, kulit yang kering, sensitif, dan mudah berjerawat mungkin disebabkan oleh kekurangan vitamin B1.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 (Foto: davidjones.com)
davidjones.com

Vitamin B2 atau biasa disebut Riboflavin termasuk senyawa yang penting untuk pemilik acne-prone skin. Sebab, salah satu fungsinya adalah bisa membantu mengontrol produksi minyak supaya wajah nggak mudah berjerawat.

Selain itu, vitamin B2 mampu merangsang pergantian sel supaya berbagai noda di wajah cepat hilang dan kulit tampak lebih glowing.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Skincare Niacinamide (Foto: instagram.com/deciem)
instagram.com/deciem

Telah dibuktikan mampu mengatasi segala masalah kulit, Niacinamide hingga disebut sebagai 'master-of-everything'. Jenis vitamin B yang satu ini bisa mengatasi jerawat, iritasi, hiperpigmentasi, tanda-tanpa penuaan, kulit kering, hingga masalah yang cukup serius seperti rosacea, eczema, dan dermatitis.

Tapi, meskipun fungsi vitamin B3 sangat banyak, bukan berarti bebas dari efek samping. Pada beberapa kasus, Niacinamide terkadang membuat kulit jadi meradang.

Baca juga: Pilihan Serum Niacinamide yang Bagus dan Bikin Wajah Mulus

4. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin B5 (Foto: theskincarecompany.com.au)
theskincarecompany.com.au

Vitamin B5 mungkin cukup mudah ditemukan di skincare untuk memperbaiki skin barrier. Ya, karena salah satu fungsinya adalah bisa memperkuat lapisan pelindung kulit.

Kemudian, Pantothenic Acid mempunyai peran yang besar dalam mengurangi peradangan, mengontrol produksi sebum, dan menjadikan kulit terasa lebih kenyal.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 (Foto: instagram.com/itsskin_official)
instagram.com/itsskin_official

Pyridoxine bisa jadi sahabat buat kamu yang ingin mengatasi jerawat hormonal. Karena vitamin B6 mempunyai peran penting dalam regulasi hormon di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B6 terbukti mampu mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh rendahnya level estrogen di dalam tubuh.

6. Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 (Foto: holikaholika.co.id)
holikaholika.co.id

Vitamin B7 atau dikenal juga dengan nama Biotin diklaim bisa melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Menariknya lagi, manfaatnya nggak sebatas buat kulit aja.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Swiss, Biotin juga dibutuhkan untuk menyehatkan kuku lho.

7. Vitamin B9 (Folic Acid)

Vitamin B9 (Foto: instagram.com/naturaldermaproject.official)
instagram.com/naturaldermaproject.official

Mampu mempercepat pertumbuhan dan pergantian sel, vitamin B9 bagus untuk membuat kulit jadi glowing. Lebih dari itu, Folic Acid juga bisa menjaga keindahan rambut.

Berbagai masalah seperti mencegah munculnya uban di usia muda, ketombe, rambut rontok dan kusam, bisa diatasi oleh vitamin B9.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Skincare Penghilang Flek Hitam (Foto: facebook.com/misshaMYlove)
facebook.com/misshaMYlove

Bermasalah dengan hiperpigmentasi? Kamu bisa mengandalkan manfaat dari vitamin B12.

Vitamin B12 atau Cobalamin bekerja dengan sangat baik dalam menghilangkan noda hitam baik yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ataupun bekas jerawat.

Itulah 8 jenis vitamin B beserta manfaatnya untuk kecantikan. Nah, kira-kira senyawa ini ada nggak di skincare yang setiap hari kamu pakai?