8 Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Diabetes, Hindari Mulai Sekarang!

14 November 2019, at 10:00
0
0
8 Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Diabetes, Hindari Mulai Sekarang!

Selama ini, banyak orang berpikir bahwa diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi gula. Padahal, kadar gula darah yang tinggi hanyalah gejala dari masalah kesehatan tersebut lho.

Sedangkan penyebab utama diabetes adalah faktor genetik atau keturunan dan gaya hidup yang nggak sehat.

Meskipun faktor genetik nggak dapat diubah, namun kamu bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia, berikut ini beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari agar risiko diabetes nggak meningkat.

1. Terlalu Banyak Karbohidrat

penyebab diabetes
pexels.com/@lovefoodart

Salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko diabetes adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, pasta, roti, kentang, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengganti makanan-makanan di atas dengan menu rendah karbohidrat seperti beras merah, roti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Sering Melewatkan Sarapan

risiko diabetes
pexels.com/@viktoria-alipatova-1083711

Meskipun terkesan sepele, ternyata melewatkan sarapan termasuk salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko diabetes lho! Pasalnya, hal tersebut akan membuat seseorang menjadi sangat lapar dan akhirnya makan terlalu banyak di siang harinya.

Kondisi ini akan memicu reaksi berantai yang dapat mengganggu kadar insulin dan kontrol gula darah sehingga mengalami peningkatan secara drastis. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumi makanan yang tepat saat sarapan seperti telur, yogurt, roti gandum, atau buah-buahan.

3. Makan Tengah Malam

faktor penyebab diabetes militus
hellosehat.com

Selain melewatkan sarapan, kamu juga sebaiknya menghindari kebiasaan makan tengah malam. Hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan nggak bekerja secara maksimal sehingga makanan nggak dapat dicerna dengan baik dan menyebabkan penumpukan lemak.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Parelman School of Medicine di University if Pennsylvania menemukan bahwa kebiasaan buruk tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin yang merupakan penyebab diabetes militus tipe 2.

4. Begadang

penyebab diabetes militus
medsnews.com

Hayo siapa yang sering begadang? Mulai sekarang hindari kebiasaan yang satu ini ya! Meskipun terkesan sepele, nyatanya begadang bisa menjadi salah satu faktor pendukung munculnya penyakit diabetes pada tubuhmu.

Tidur kurang dari 6 jam bisa menyebabkan terjadinya gangguan hormon yang mengendalikan rasa lapar dan gula darah, sehingga bisa membuat berat badan meningkat secara signifikan. Hal inilah yang kemudian memicu resistensi insulin yang bisa menjadi penyebab diabetes.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Waspadai Gejala Awalnya

5. Sering Mengonsumsi Makanan Asin

faktor penyebab diabetes
pexels.com/@caleboquendo

Makanan seperti gorengan, keripik, maupaun camilan yang memiliki rasa asin dan gurih memang enak dan bisa membuat ketagihan. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes lho!

Konsumsi natrium yang tinggi dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta obesitas dimana keduanya merupakan faktor pendukung diabetes.

6. Minum Alkohol dan Merokok

maningkatkan risiko diebetes
pexels.com/@elevate

Mengonsumsi alkohol dan rokok merupakan kebiasaan buruk yang nggak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat menjadi penyebab diabetes.

Kandungan nikotin dalam rokok serta karbohidrat dan gula dalam alkohol dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

7. Kurang Air Putih

meningkatkan risiko diabetes militus
pexels.com/@daria

Kurang mengonsumsi air putih nggak cuma menyebabkan dehidarasi saja lho! Ternyata hal tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor peningkat risiko diabetes.

Pasalnya, kadar gula darah akan meningkat apabila organ ginjal dan hati mengalami kekurangan cairan.

8. Mendengkur

pemicu diabetes militus
earth.com

Mendengkur mungkin menjadi kebiasaan yang nggak disadari. Namun hal ini juga bisa menjadi faktor peningkat risiko diabetes.

Orang yang mendengkur cenderung mengalami kekurangan oksigen yang dapat memicu stres yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung, tekanan darah, kadar kortisol, dan glukosa darah.

Wah, ternyata banyak kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari dapat meningkatkan risiko diabetes ya Sobat Qupas. Yuk hindari mulai hari ini!

0 Comment