8 Kota di Indonesia Ini Ramah Perempuan, Cocok untuk Solo Traveling

08 March 2019, at 16:00
0
0
8 Kota di Indonesia Ini Ramah Perempuan, Cocok untuk Solo Traveling

Semua orang pasti butuh liburan. Terkadang sebagian dari mereka pun ingin mencoba merasakan liburan sendiri atau solo traveling. Termasuk untuk para perempuan di Indonesia.

Tapi seringkali banyak orang menganggap rawan bagi perempuan yang pergi sendiri. Padahal di Tanah Air kita ini ada banyak tempat yang aman untuk dikunjungi oleh kaum hawa.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasinal jatuh pada hari ini, 8 Maret 2019, Qupas sudah siapkan rekomendasi kota yang aman untuk para ladies kunjungi.

Baca juga: Nggak Perlu Takut Solo Traveling, Wanita Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Penasaran dimana saja lokasinya, kan? Yuk langsung simak saja.

1. Jogja

titik nol jogja
instagram.com/luludheaz

Dear Ladies, ini Jogja atau Yogyakarta adalah kota yang aman untuk kamu yang ingin liburan sendiri. Seperti diketahui, wilayah satu ini memang jadi incaran para turis domestik maupun mancanegara.

Tempat yang seolah membuatmu menggali kerinduan di masa lalu ini menawarkan banyak destinasi. Mulai dari yang berkaitan dengan kesenian hingga budaya pun ada.

Selain itu, banyak penginapan murah di Jogja yang bisa kamu tempati untuk sementara. Harganya pun bervariatif dan dimulai dari Rp50.000,00.

Ingin belanja oleh-oleh khas Jogja? Di sekitaran Malioboro banya yang bisa kamu beli. Seru, kan?

2. Solo

pasar antik triwindu solo
instagram.com/pashanita

Solo atau Surakarta juga nggak jauh berbeda dari Jogja. Kota ini menjadi salah satu incaran para turis. Kamu ingin jadi solo traveler? Tentu saja aman.

Di kota ini, kamu bisa masuk ke Keraton Solo dan menikmati makanan khas Kota Surakarta, seperti cambuk rambak.

Hobi koleksi barang-barang antik? Kamu juga bisa membelinya di Pasar Antik Triwindu. Bahkan sekedar hunting foto di wisata klasik Solo ini juga bisa kok.

3. Bukittinggi

jam gadang bukittinggi
instagram.com/epok.95

Dilansir dari Wikipedia, Bukittinggi adalah kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Mungkin dengan pengertian tersebut, banyak orang akan beranggapan bahwa tempat ini kurang cocok untuk solo traveling, khususnya perempuan.

Padahal tempat ini ramah bagi turis wanita. Angkutan umum tersedia. Tapi kamu juga bisa keliling hanya dengan jalan kaki saja di kawasan wisata Bukittinggi.

Saat ke kota kecil yang sejuk ini, jangan sampai melewatkan landmark hingga tempat menarik di Bukittinggi, seperti:

  • Jam Gadang
  • Pasar Atas
  • Pasar Bawah
  • Rumah Bung Hatta
  • Jempatan Limpapeh, dan lain sebagainya

Kulineran di kota ini juga sayang untuk kamu lewatkan. Kamu bisa coba nasi kapau, sate Padang, Martabak Kaka, pisang epe hingga teh talua.

4. Bandung

jalan braga bandung
instagram.com/nomaddelia_

Bandung juga ramah untuk perempuan, nggak terkecuali bagi yang ingin solo traveling. Apalagi bukan rahasia umum lagi kalau Kota Kembang ini incaran para traveler.

Di sini, banyak spot instagramable yang bisa kamu ekslore. Salah satunya adalah Jalan Braga seperti potret mojang Bandung di atas.

Selain itu, kamu juga bisa mampir ke taman yang ada di setiap sudut Kota Bandung, seperti Taman Jomblo. Hmm, apa memang mereka yang datang ke tempat tersebut bisa dipastikan nggak bawa pasangan ya?

5. Malang

kampung warna warni malang
instagram.com/dianaputriles

Nggak kalah dari Bandung, Kota Malang juga menawarkan sensasi liburan yang seru. Pun demikian bagi perempuan yang ingin traveling sendirian.

Salah satu objek wisata di Malang yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Warna Warni Jodipan. Harga tiketnya hanya sekitar Rp3.000,00 per orang.

Baca juga: Instagenik Banget Wisata di Malang Ini, Mampir Yuk!

Lokasinya pun sangat strategis, yakni sekitar 400 meter sebelah selatan Stasiun Kereta Api (KAI) Malang Kota Baru.

6. Batu

museum angkut batu
instagram.com/isnadseptiana

Kota Batu adalah tetangga dari Malang. Wilayah ini pun bisa dibilang gudangnya tempat wisata.

Salah satunya adalah Museum Angkut yang akan menyajikan spot foto dengan latar beragam alat transportasi. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Jatim Park 3 yang belakangan ini tengah digandrungi para wisatawan.

7. Semarang

lawang sewu semarang
instagram.com/ardiantidian

Kota Lumpia juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Kulinernya murah dan kamu bisa menemukan tempat nongkrong yang instagenik seperti Delman Resto maupun Spiegel Bar & Bistro.

Selain itu, beragam alat transportasi juga tersedia di sini. Mulai dari kereta, Bus Trans Semarang yang terintegrasi hingga ojek online pun ada.

Semakin menarik lagi dengan adanya banyak tempat wisata, seperti Lawang Sewu hingga yang terbaru di Semarang yakni Saloka Theme Park.

8. Palembang

pulau kemaro palembang
instagram.com/mutiaovirz

Palembang selain terkenal dengan kuliner pempek yang enak, juga jadi tempat yang menyediakan wisata aman bagi para solo traveler perempuan.

Destinasi wisata di Palembang mudah dijangkau. Kamu pun bisa menggunakan ojek online kesayanganmu.

Kalau jalan-jalan ke Palembang, jangan sampai melewatkan wisata ikonik Jembatan Ampera hingga Pulau Kemaro, ya!

Nah, itulah sederet kota di Indonesia yang cocok dan aman dikunjungi oleh para solo traveler perempuan. Mumpung sebentar lagi liburan, nggak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan liburan.

Baca juga: Ini Asyiknya Solo Traveling yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selamat Hari Perempuan Internasional ya, para Ladies! Jangan lupa luangkan waktu untuk liburan.

0 Comment