8 Kuliner Magelang yang Khas, Ada yang Buka Hingga Tengah Malam

07 September 2018, at 09:13
0
0
8 Kuliner Magelang yang Khas, Ada yang Buka Hingga Tengah Malam

Candi Borobudur sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang ada di Indonesia. Bahkan beberapa wisatawan lokal maupun internasional menjadikan Candi Borobudur sebagai tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi.

Nggak heran deh kalau selalu ramai pengunjung. Kalau sudah sampai di sana, cicipi juga menu makanan khas Magelang dengan segala citarasa yang kaya akan rempah-rempah. Delapan kuliner Magelang yang siap menggoyang lidahmu bareng teman berliburmu,

Baca juga: Asyiknya Wisata Kuliner Malam di Semarang ke 5 Tempat Makan Ini

1. Kupat tahu

kupat tahu
instagram.com/hesti88

Kupat tahu menjadi kuliner Magelang yang menjadi incaran banyak wisatawan. Dengan isian potongan tahu halus yang sudah digoreng, lontong, cambah, kubis, bakwan goreng, daun seledri, dan bawang goreng yang banyak. Untuk yang suka pedas, bisa juga ditambahkan ulekan cabai agar lebih mantap. Camilan pendampingnya adalah gorengan kerupuk dan keripik yang renyah kriuk-kriuk.

Berlokasi di :

  • Warung kupat tahu pak slamet, Jalan Tentara Pelajar, Kemirirejo, Magelang.

Buka dari :

  • 08:00-22:00 Wib

2. Bakso kerikil

bakso kerikil
instagram.com/jogjafood

Bakso kerikil ini adalah isian bakso yang berukuran kecil dan banyak hingga memenuhi mangkuk. Jadi kalau mau mencoba menu bakso yang satu ini, siapin dulu perut yang benar-benar kosong. Kalau nggak, bakal kekenyangan hanya dengan dua kali suapan pertama. Kuliner Magelang ini bisa kamu cicipi hingga ke Jogja.

Berlokasi di :

  • Jalan Ade Irma Suryani, Potrobangsan, Magelang.

Buka dari :

  • 08:00-23:00 Wib

3. Mangut lele

mangut lele
instagram.com/dad_dish

Cukup mudah untuk membuat mangut lele di rumah, goreng lele hinga kering dan masak dengan santan dan bumbu pelengkap lainnya. Kemudian tambahkan kunyit dan cabai untuk rasa pedas. Jika dilihat memang seperti penyetan lele namun, rasa yang disajikan tentu berbeda jauh ya.

Berlokasi di :

  • Jalan Magelang-Jogja Km 13, Pabelan, Magelang.

Buka dari :

  • 07:30-19:30 Wib

4. Brongkos daging sapi

brongkos daging sapi
instagram.com/warungijo_mbakprih

Menu andalan pagi hari yang menyajikan menu berkuah cokelat dengan kuah kental santan dan potongan daging sapi. Kuah hitam bumbu brongkos ini terbuat dari ulekan keluak yang menghasilkan warna hitam. Paling mantabnya lagi adalah cabai yang juga di masak utuh tanpa dipotong, menambah garang masakan. Harganya sekitar 35ribu rupiah per porsi.

Berlokasi di :

  • Jalan Magelang KM 17, Margorejo, Sleman.

Buka dari :

  • 06:00-21:00 Wib

Baca juga: 5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

5. Sego godhog

sego godhog
instagram.com/jogjabikinlaper

Sego godgod ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti nasi rebus. Sama seperti membuat mie goreng, hanya saja diganti dengan nasi. Kuliner Magelang ini memiliki isian nasi, mie, dan suwiran daging. Di beberapa warung juga ada yang menambahkan irisan jeroan sapi. Harganya cukup murah hanya 13ribu rupiah saja.

Berlokasi di :

  • Sepanjang jalan di Alun-Alun Magelang

Buka dari :

  • 10:00-21:00 Wib

6. Sop senerek

sop senerek
instagram.com/tukangngider

Kuliner Semarang yang satu ini merupakan warisan dari jaman Belanda loh. Berisikan kacang merah, potongan daging, dan pelengkap paru sapi kering. Tentunya kuah hangat dari rempah-rempahnya terasa hingga ke suapan terakhir. Bayam dan potongan wortel juga menjadi pelengkap masakan.

Berlokasi di :

  • Jalan Soekarno Hatta no.288, Mungkid, Magelang.

Buka dari :

  • 06:30-17:00 Wib

7. Nasi goreng pak yatno

nasi goreng pak yatno
instagram.com/riderkulineran

Nasi goreng di Magelang disajikan dengan sedikit mie goreng, potongan sayur-sayuran dan pete. Kuliner khas Magelang yang bisa dicoba disepanjang jalanan ini memiliki rasa yang manis ala masakan Jawa Tengah. Jadi cocok buat Sobat Qupas yang suka rasa manis dalam masakan. Biasanya selain menjual nasi goreng juga menjual mie goreng dengan potongan sayuran sebagai pelengkap juga.

Berlokasi di :

  • Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Magelang.

Buka dari :

  • 16:00-01:00 Wib.

8. Wedang kacang

wedang kacang
instagram.com/carikulinersolo

Kalau minuman khas Magelang yang satu ini emang cocok dinikmati saat malam hari. Dimasak dari kacang tanah, gula Jawa, dan gula pasir. Wedang kacang ini memiliki kuah putih santan yang menghangatkan tubuh. Apalagi ada camilan pelengkap yaitu sate pisang yang manis.

Berlokasi di :

  • Jalan Pajang, Kemirirejo, Magelang.

Buka dari :

  • 17:30-21:00 Wib

Kuliner Magelang yang khas ini memang sangat disayangkan kalau terlewati begitu saja. Apalagi kalau dinikmati setelah puas memandangi panorama indah Candi Borobudur. Jelas menambah nafsu makan lebih ya! Kalau sobat Qupas sudah pernah mencicipi kuliner Magelang yang mana nih?

0 Comment