8 Kuliner Solo dengan Rasa Sejuta Rempah-Rempah

18 September 2018, at 04:37
1
0
8 Kuliner Solo dengan Rasa Sejuta Rempah-Rempah

Makanan khas Solo memang memiliki sejuta rasa nikmat dan lezat. Campuran rasa manis dalam sepiring makanan yang enak untuk dinikmati. Apalagi kalau mencoba kuliner Solo dengan kuah hangat hingga berasap. Mantap deh!

Kota kelahiran Presiden Jokowi ini punya resep rahasia dalam setiap masakannya yang dijaga sepanjang masa. Bahkan beberapa diantaranya menjadi favorit Presiden. Wah, wajib kamu coba banget nih. Berikut delapan kuliner solo yang enak dengan rasa sejuta rempah-rempah,

Baca juga: 7 Tempat Makan di Bogor yang Terjangkau dan Cantik untuk Foto

1. Cabuk Rambak

cabuk rambak kuliner solo
instagram.com/the.lucky.belly

Kudapan pagi hari yang disantap oleh warga Solo. Disajikan pincukan, berisikan lontong yang diiris tipis, sambal wijen, dan kelapa parut. Ada tambahan kerupuk karak yang menambah sensasi kriuk dalam mulut. Biasaya dijual seharga 5ribu rupiah saja. Biasanya yang jual seorang nenek yang sering mangkal di Jalan R.A.Martadinata. Buka dari pagi sampai habisnya dagangan.

2. Sate Buntel

sate buntel kuliner solo
instagram.com/surabayafoodies

Kuliner solo ini dinamakan sate buntel karena terbuat dari olahan daging kambing yang sudah dicincang. Kemudian dikepal-kepalkan pada sebuah bambu. Dibungkus juga dengan lemak yang empuk. Untuk 10 tusuk sate buntel, kamu hanya perlu membayar 35ribu rupiah saja. Ada banyak warung makan sate di Solo, salah satunya di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.112, Banjarsari.

3. Tengkleng

tengkleng kuliner solo
instagram.com/ariefzhulfarwan

Makanan khas Solo yang satu ini terbuat dari olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan kuah pedas manis kecap. Menggiurkan memang, apalagi dimakan saat siang hari dalam keadaan perut kosong, pasti akan lahap. Penasaran? Langsung saja mampir ke warung Bu Edi yang ada di Pasar Klewer, yang bukanya dari jam 2 siang. Tapi jangan terlalu sore ya, warung ini sudah dikerumuni antrean sejam sebelum buka loh!

4. Timlo

timlo kuliner solo
instagram.com/bawahgoban.id/

Satu lagi nih, makanan dengan nama “solo”, yaitu timlo Solo. Sejenis dengan sop yang berisikan personil tetap, seperti suwiran daging ayam, telur, pindang kecap, ampela ati, dan sosis Solo. Makanan Solo ini bisa kamu coba di Jalan K.H.Ahmad Dahlan no.60. Menawarkan menu timlo komlit dengan harga 20ribu rupiah. Kamu juga bisa mencoba timlo sosis berbentuk pipih dengan harga 15ribu rupiah saja. Cukup terjangkau, bukan?

Baca juga: 7 Restoran di Jogja Berlatarkan Sawah, Sensasi Makan Pakai Camping!

5. Tahu Kupat

tahu kupat kuliner solo
instagram.com/jajansolo

Di setiap porsinya, tahu kupat berisi tahu goreng, lontong, mi kuning, dan tauge yang memberikan rasa krenyes-krenyes saat memakannya. Untuk kuahnya sendiri ada kuah bawang dan kuah kecang yang dicampur, kemudian ditaburi seledri sebagai penyegar. Nggak lupa irisan cabe ijo yang menambah rasa pedas. Di Solo, tahu kupat paling terkenal berada di Jalan RM SAID, buka dari jam 7 pagi hingga menjelang sore. Harganya cuma 10ribu rupiah saja.

6. Selat Solo

selat solo kuliner solo
instagram.com/eatsavory_solo

Dulunya, makanan ini disajikan untuk para raja atau bangsawan kala itu. Jaman yang mulai berganti, makanan itu sudah dapat ditemui dan dicicipi di pernikahan dengan budaya Jawa. Selat solo memiliki sajian sayur sayuran mirip salad. Ada kentang, wortel, kacang polong, tomat, dan selada. Bistik jawa bisa dicicipi di Gang II no.42, Serengan, dengan harga sekitar 28ribu rupiah saja. Warung makan enak di solo ini memiliki dekorasi ornamen keramik nan unik.

7. Pecel Ndeso

pecel ndeso kuliner solo
instagram.com/rindacaesara

Kalau makanan khas Solo yang satu ini benar-benar berisikan sayur mayur yang menyehatkan. berisikan jantung pisang dan kembang turi sebagai pelengkap sayuran yang jarang ditemui di nasi pecel daerah lain. Tahu bacem dan nasi karaknya juga nggak terlupakan loh. Kriuk dan manis. Pecel ndeso beras merah ini bisa kamu temui di Toko Roti Wonder yang buka dari pagi hingga jam 10 siang. Seporsi dihargai 5ribu rupiah saja.

8. Sambal Tumpang

sambal tumpang kuliner solo
instagram.com/melaniatjung

Satu lagi kuliner Solo yang memiliki sejuta rasa, sambal tumpang. Rasa gurih, manis, dan pedas yang melezatkan dimakan dengan nasi hangat atau nasi bubur. Semuanya cocok sebagai makan pelengkap. Ditambah dengan irisan tahu goreng, pete, dan tempe busuk yang dimasak dengan rempah-rempah khusus. Resep rahasia untuk mengolahnya. Bisa dibeli di Warung Pecel Bu Kirs yang buka dari pagi hingga siang hari, dekat dengan Pengadilan Negeri Solo.

Itulah sederet kuliner yang bisa kamu cicipi selama berlibur mengelilingi wisata di Solo. Kalau sudah sampai di Jawa Tengah, jangan lupa mampir juga ke kota Semarang. Agar perjalananmu bisa lengkap dan menemukan banyak pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

0 Comment