8 Kuliner Tegal yang Memanjakan Perut, Wajib Kamu Coba

30 November 2018, at 12:00
1
0
8 Kuliner Tegal yang Memanjakan Perut, Wajib Kamu Coba

Sebagian dari kamu pasti pernah mendengar atau mencicipi masakan yang ada di Warteg? Ya, kepanjangannya sendiri yaitu Warung Tegal.

Biasanya warung ini identik dengan tempat makan kelas menangah ke bawah yang ada di pinggir jalan. Dan juga biasanya pemilik atau pengelolanya berasal dari kota Tegal.

Kira-kira masih ingatkan kamu dengan menu apa saja yang dijual di sana? Biar ingatannya kembali, cus deh simak.

1. Lontong Cap Go Meh

lontong cap go meh tegal
instagram.com/filipusverdi

Kuliner Tegal yang pertama adalah Cap Go Meh yang selalu menjadi santapan saat perayaan Imlek. Kuah bumbunya mirip dengan masakan sayur lodeh.

Hanya saja ada tambahan telur bumbu merah atau biasa disebut bumbu bali dan suwiran ayam yang melimpah. Dijamin deh dalam satu suapan saja sudah terasa banget bumbunya. Satu piring lontong Cap Go Meh dihargai sekitar lima belas ribu saja.

Berlokasi di : Warung Bu Wing, Jalan Jenderal Sudirman, Slawi

Buka dari : 08:00-20:00 WIB

2. Kupat Glabed

kupat glabed
instagram.com/bubueataway

Sepertinya masakan khas Tegal nggak henti-hentinya menyajikan potongan lontong sebagai pengganti nasi. Kupat Glabed adalah sepiring kuah santan dengan bumbu kuning yang terbuat dari kencur, kunir, dan ketumbar.

Lalu diberi potongan lontong yang lembut dengan tambahan sajian sate ayam dan kerang. Nggak lupa juga ada remukan kerupuk warna-warni yang menambah gurih dan sensasi krenyes...krenyes...saat di makan.

Berlokasi di : Randugunting, Tegal

Buka dari : 17:30-22:00 WIB

3. Soto Tauco Senggol

soto tauco senggol
instagram.com/rizkajohari

Hampir semua daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki sajian menu soto yang khas dengan bumbu menggoyang lidah. Soto khas Tegal ini juga sekilas mirip dengan soto pada umumnya.

Hanya saja bumbu yang digunakan terbuat dari bumbu tauco atau yang biasanya digunakan untuk memasak swikee. Nggak heran kalau nama masakan ini disingkat menjadi Sauto atau Soto Tauco. Dengan isian daging ayam suwir dan daun bawang yang melimpah. Membuat sajian ini khas dan rasanya nggak lepas dari tenggorokan.

Berlokasi di : Kawasan Pasar Senggol

Buka dari : 09:00-23:00 WIB

4. Rujak Teplak

rujak teplak
instagram.com/putri_meilovitasari

Kalau Surabaya punya sajian khas rujak cingur, nggak kalah juga Tegal punya rujak teplak. Dengan sajian untuk bumbu sambalnya yang berasal dari singkong rebus yang dihaluskan.

Untuk isian rujaknya ada rebusan daun pepaya, daun singkong, jantung pisang, dan timun.

Semuanya disajikan dalam keadaan sudah direbus, agar lebih menyehatkan juga. Ohya, rujak taplek ini juga memiliki citarasa bawang putihnya yang ngenak banget. Maklum saja, Tegal dikenal sebagai penghasil bawang putih.

Berlokasi di : Jalan Letjen Suprapto No.77-89, Kraton

Buka dari : 08:00-14:00 WIB

Baca juga: 10 Makanan Khas Pacitan Dengan Citarasa Khas, Ngangenin!

5. Sega Lengko

sega lengko
instagram.com/chan.dra

Sega Lengko menjadi kuliner kota Tegal yang menjadi ikon masakan di sana. Sega yang berarti nasi. Masakan yang satu ini memang menyajikan satu porsi penuh nasi dengan irisan mentimun, tahu, tauge, dan tempe.

Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang halus. Mungkin sekilas akan terlihat seperti nasi pecel pada umumnya, hanya saja nggak ada sajian sayur rebus.

Masakan ini sangat cocok dijadikan menu makan siang yang mengenyangkan. Ketika kamu pergi berkunjung ke Cirebon, kamu pasti akan sering menemui warung yang menjual Sega Lengko ini.

Berlokasi di : Jalan Batanghari No.1610, Mintarage, Tegal

Buka dari : 05:00-15:00 WIB

6. Rujak Kerupuk Mi

rujak kerupuk mi
instagram.com/kulinertegal

Selain sajian menu lontong, aneka kuliner Tegal juga memiliki ciri khas pendamping kerupuk yang gurih dan renyah. Salah satunya kerupuk mi.

Kerupuk mi kuning ini disajikan dengan bumbu rujak petis yang sudah diulek dengan cabai rawit. Terbayangkan bagaimana pedasnya, tapi penikmat rujak mi ini justru anak-anak kecil. Rasanya yang nampol dan bikin ketagihan. Memang paling enak disantap dengan es lontrong.

Berlokasi di : Jalan HOS. Cokro Aminoto, Pekauman

Buka dari : 08:00-15:00 WIB

7. Tahu Upil

tahu upil
instagram.com/kulinertegal

Kalau sajian yang satu ini memang paling enak dimakan dengan cocolan sambal rujak teplak yang pedas dan mencolok mata. Mengapa? Karena gurih dari tepung tahu ini memang nikmat jika dicocol dengan sambal.

Tahu upil ini sebenarnya terbuat dari tahu dengan isian aci. Bentuknya yang nggak terlalu besar inilah, akhirnya diberi nama upil yang kecil. Nantinya, kamu pasti akan bolak-balik memakannya karena ketagihan dengan rasanya.

Berlokasi di : Jalan P.Diponegoro, Mangkukusuman, Tegal

Buka dari : 09:00-20:00 WIB

8. Es Lontrong

es lontrong
instagram.com/pipit.izzati

Minuman menyegarkan yang satu ini punya sajian asik dengan kacang hijau, cincau hitam, air santan, dan sirup pandan berwarna merah. Ditambah lagi es serut diatasnya yang semakin menambah kesegaran minuman.

Asal mula nama es ini karena ada satu pedagang minuman asli Slawi yang menjual es ini di salah satu gang kecil bernama Gang Lontrong.

Dengan kesegaran sirup pandan dan es serunya yang ngangenin, kamu bisa langsung aja mampir ke alun-alun kota Tegal. Di sana sudah banyak yang jual dengan harga empat ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Pancasila, Mangkukusuman, Tegal

Buka dari : 08:00-habis

Tegal yang dikenal dengan daerah penghasil bawang putih ini sangat terasa sekali pada setiap suapan masakannya. Di setiap masakannya selalu ada cita rasa khas. Nggak heran kalau selalu membuat kangen orang yang mencicipinya. Kamu juga kah?

0 Comment