8 Kuliner Tradisional Khas Gunungkidul dengan Rasa Tiada Duanya

19 December 2018, at 12:00
1
0
8 Kuliner Tradisional Khas Gunungkidul dengan Rasa Tiada Duanya

Kalau sudah liburan asyik di Gunungkidul Yogyakarta, jangan lupa juga mampir ke warung makan untuk sekedar mengenyangkan perut. Kalau perut kenyang kan hati juga senang. Apalagi setelah seharian berkeliling daerah Gunungkidul dan main-main ke tempat wisata di sana.

Setelah isi digaleri penuh fotomu, kini saatnya berburu gambar masakan khas Yogyakarta yang enak dan legit. Berikut sederet nama masakan dan tempat makan yang enak dan bisa kamu kunjungi.

1. Gatot Gunungkidul

gatot gunungkidul
instagram.com/cakeancookies

Camilan khas Pantai Gunungkidul yang ada di pasar tradisionalnya adalah gatot. Terbuat dari singkong kupas lalu dijemur di bawah sinar matahari.

Setelah kering, gatot direndam selama 12 jam, kemudian dikukus selama 2 jam. Bisa disajikan sangat hangat dengan bungkus daun pisang dan kelapa parut.

Berlokasi di : Pasar Tradisional Legi Kuwon, Kuwon Lor, Pacarejo

Buka dari : 06:00-10:00 WIB

2. Sayur Lombok Ijo

sayur lombok ijo
instagram.com/minni_gunawan/

Sayuran berkuah dengan kuah santan yang khas Gunungkidul. Sayur lombok ijo artinya adalah cabe hijau. Kuah masakan ini memang terasa pedas dengan irisan cabe hijau rawit, kacang panjang, dan tempe rebus yang enak.

Sangat khas pedas manis. Biasanya disediakan saat ada hajatan besar dari suatu keluarga, seperti pernikahan dan khitan.

Berlokasi di : Jalan Jogja- Wonosari, Jambu Rejo, Bandung, Gunungkidul

Buka dari : 09:00-18:00 WIB

3. Sego Abang

sego abang
instagram.com/jogjaeatguide/

Sego abang atau nasi merah juga menjadi kuliner khas Gunungkidul. Berasal dari beras merah yang dikukus diatas tungku yang terbuat dari tanah liat sehingga aroma wangi yang terasa hingga saat suapan terakhir.

Disajikan dengan tempe goreng tepung, ayam goreng kering, dan urap-urap kacang panjang yang bisa menambah khas masakan. Apalagi di dekat pantai gunungkidul ada warung-warung yang menjual masakan ini untuk para wisatawan.

Berlokasi di : Jalan KRT Judodiningrat Siraman Wonosari, Gunungkidul

Buka dari : 08:00-20:00 WIB

4. Nasi Tiwul

nasi tiwul
hmzwan.com

Nasi tiwul khas Gunungkidul ini terbuat dari gaplek. Itu adalah singkong yang sudah dikeringkan dan dikukus kembali. Setelah itu dicampur dengan nasi putih yang hangat.

Biasanya disajikan dengan ikan asin kering, sambal ijo, dan terong goreng. Kalau beruntung, bisa juga dinikmati dengan kerupuk puli yang kriuk-kriuk. Harganya hanya sekitar tujuh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Pasar Argosari, Jalan Brigjen Katamso

Buka dari : 06:00-10:00 WIB

Baca juga: Mengenal Mie Lethek, Mie Sehat Organik Asli Jogja

5. Bakmi Jawa

bakmi jawa
instagram.com/myfunfoodiary/

Kalau mau mencoba menu maskan berbahan dasar mi, Gunungkidul pun punya. Ada bakmi legendaris yang ada di kota Jogja berada di daerah pantai Gunungkidul.

Ada dua aneka masakannya, ada yang berkuah dan goreng. Jelas pilih yang berkuah ya, karena kaldu sapinya terasa dengan telor bebek dan sayur-mayur menjadi isiannya.

Berlokasi di : Warung Bakmi Mbah Minto, Jalan Lingkar Utara, Piyaman

Buka dari : 17:30-23:00 WIB

6. Sambal Bawang

sambal bawang
instagram.com/mod_eka/

Sambal bawang juga menjadi kuliner khas Gunungkidul yang harus disantap saat berada di sana. Ada sambal terasi dan sambal bawang yang enak dan khas di sana.

Apalagi kalau disantapnya dengan gorengan ikan asin, tempe goreng, dan tahu sutra. Jadi nikmat maksimal deh.

Berlokasi di : Jalan Taman Bhakti, Gang Sindoro, Jeruksari

Buka dari : 08:00-17:00 WIB

7. Oseng Bunga Pepaya

oseng bunga pepaya
instagram.com/anachela_yogurt/

Nah, yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Oseng bunga pepaya mungkin hanya bisa kamu temui di Gunungkidul atau waktu masak sendiri dirumah. Kuliner yang tiada duanya lagi deh.

Tumisan bumbu cabai rawit yang menghilangkan pahit bunga pisang ini bikin rasa pedas yang menggigit lidah. Aroma cabai pun sengaja mendominasi agar pahitnya nggak kerasa. Cocok dimakan dengan nasi hangat dan sambal bawang.

Berlokasi di : Jalan Laksda Adisucipto No.264, Caturtunggal

Buka dari : 19:00-04:30 WIB

8. Urap Trancam

urap trancam
resepkoki.id

Urap trancam juga jadi masakan khas Gunungkidul paling dicari. Terbuat dari parutan kelapa yang menjadi bahan dasar utama.

Lalu ada sayuran mentah yang seperti kacang panjang, daun kemangi, dan potongan mentimun. Harus banget dicicipi saat berada di pantai Gunungkidul, Yogyakarta.

Berlokasi di : Dekat Pasar Legundi

Buka dari : 06:00-12:00 WIB

Sambil menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai Gunungkidul, sekalian deh mencicipi menu masakan khas yang ada di sana. Jadi biar nggak sia-sia juga, liburan menjadi lengkap lagi dengan menyantap menu kuliner khasnya yang unik.

0 Comment