8 Kuliner Tulungagung dengan Menu yang Bikin Ketagihan

08 December 2018, at 15:00
2
0
8 Kuliner Tulungagung dengan Menu yang Bikin Ketagihan

Kuliner Tulungagung memang memiliki ciri khas tersendiri bagi warganya. Asin, gurih, pedas, dan manis semuanya tercampur jadi satu. Nggak heran deh kalau banyak yang suka kangen dengan rasa masakannya.

Apalagi untuk warganya yang merantau ke luar daerah, jauh dari tanah lahir. Waduh, pasti bakal merasakan home sick sekali ya.

Apalagi ada fakta menarik pada sajian kuliner khasnya. Waduh apa ya?  Biar nggak penasaran, baca-baca deh masakan kota Marmer yang bikin kamu berliur ke mana-mana.

1. Lodeh Lodho

lodeh lodho
instagram.com/warungkebunsari

Lodeh lodho ini jadi masakan khasnya Tulungagung. Di sepanjang pinggir jalan selalu ada warung makan dengan menu “lodho”. Terbuat dari kuah santan yang menghangatkan, karena ada jahe geprek yang ikut ditumis sebagai bahan dasar kuah.

Disajikan di sebuah cobek bersama lele goreng yang sudah dilumuri sambal cabai merah. Biasanya menu ini disajikan dengan nasi uduk dan urap sayur. Paling cocok dimakan saat nasi masih hangat.

Bumbunya yang lengkap memang membuat rasanya semakin lengket di lidah. Jadi ingin datang terus dan terus. Satu porsinya sekitar dua puluh ribu rupiah saja. Jaminan puas dan kenyang makan deh!

Berlokasi di : Mangunsari, Kedungwaru, Tulungagung

Buka dari : 09:00-21:00 WIB

2. Ayam Lodho

ayam lodho tulungagung
instagram.com/susi_khouw

Kuliner Tulungagung selanjutnya adalah Ayam Lodho yang sudah terkenal di mana-mana. Menu ini selalu ada di acara besar seperti syukuran, selametan, dan hajatan lainnya. Masakan ini terbuat dari kuah opor ayam yang kemudian disiram pada ayam panggang.

Semakin enak lagi kalau ditambah dengan lontong atau nasi putih hangat. Disajikan dengan sayur urap-urap dan bawang goreng yang banyak. Hangatnya kuah santan yang gurih dan kental memang membuat banyak orang ingin merasakannya lagi.

Maklum saja, wilayah dengan sebutan kota Marmer ini memang memiliki produksi perkebunan kelapa terbanyak keempat di Jawa Timur menurut BPS tahun 2016. Jadi nggak heran kalau masakannya banyak yang berkuah santan.

Berlokasi di : Jalan Mayor Sujadi Timur No.12, Kedungwaru, Tulungagung

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

3. Tahu Lontong

tahu lontong
instagram.com/afterworking

Hampir di beberapa daerah yang ada di Jawa Timur mengenal tahu lontong sebagai kuliner daerahnya yang khas. Begitu juga di Tulungagung, ada hidangan enak menggiurkan dengan ulekan bumbu kacang.

Tahu Lontong Mbah Ganong memang terkenal dengan potongan lontong dan tahunya yang besar. Membuat perut terasa kenyang secara cepat. Isiannya pun terbuat dari potongan tempe goreng, tahu goreng, lontong, dan irisan timun.

Harganya cukup merakyat sekali loh, hanya enam ribu rupiah saja. Wah, kalau di kota lain bisa lebih dari harga di Tulungagung ya.

Berlokasi di : Jalan Adi Sucipto, Tulungagung

Buka dari : 08:00-habis

4. Soto Ayam Condong Raos

soto ayam condong raos
instagram.com/umi_chans

Semangkuk kuah soto ini cukup mengenyangkan. Terlihat dari porsi nasinya yang banyak dan melimpah. Dengan irisan ayam yang besar dan jumlahnya menggiurkan. Selain itu juga ada kuah soto bening yang segar saat dinikmati disiang hari.

Telur yang disediakan berbeda dengan soto di daerah lain. Karena tambahannya ada irisan telur bebek asin yang gurih dan bergizi. Bagus jika dikonsumsi setiap hari, karena kuning telur bebek asin memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi.

Untuk bisa menyantap menu kuliner Tulungagung yang satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar dua puluh lima ribu rupiah saja. Itu sudah termasuk minum dan kerupuk.

Berlokasi di : Jalan Raya Ngrendeng No.42, Batak, Ngrendeng

Buka dari : 07:00-18:00 WIB

Baca juga: 10 Makanan Khas Pacitan Dengan Citarasa Khas, Ngangenin!

5. Sompil Tulungagung

sompil tulungagung
instagram.com/famarandani

Hidangan khas kota Marmer yang selanjutnya adalah Sompil. Terbuat dari kuah santan lodeh merah yang pedas, campuran sayur rebung, kacang panjang, tauge, dan tempe goreng.

Nggak lupa juga ada bubuk kedelai yang ditumbuk dengan daun jeruk, ketumbar, merica, gula halus, dan garam.

Rasa masakan ini pedas dan asam. Apalagi kalau bubuk kedelainya banyak. Bisa jadi rasanya langsung mendominasi. Biasanya dijual di pasar tradisional atau penjual rujak.

Sudah pasti gampang menemukan kuliner khas yang satu ini. Harganya pun cukup murah sebesar lima ribu rupiah saja. Wah, jadi ingin langsung mencobanya nih!

Berlokasi di : Rujak Uleg Gelombang Rasa & Sompil Ayu, Bangunjaya, Pakel, Tulungagung

Buka dari : 08:00-habis

6. Sop Ayam Bu Sumirah

sop ayam bu sumirah tulungagung
instagram.com/adimichin

Tempat makan di Tulungagung yang selanjutnya adalah Sop Ayam Bu Sumirah. Mungkin ayam sudah identik sekali dengan masakan di daerah-daerah Jawa Timur.

Kuliner khas ini salah satunya. Nggak lepas dari suwiran daging ayam yang empuk. Sebelum daging ayam digoreng, direbus terlebih dahulu dengan ketumbar dan kuah kuning agar lebih meresap cepat.

Warung ini sudah ada sejak tahun 90an dan masih laris manis didatangi oleh pengunjung dari daerah lain hingga sekarang. Sajiannya bisa dibilang cukup sederhana dengan suwiran ayam goreng, telur puyuh rebus, soun, dan kol iris halus.

Nggak lupa juga perkedel kentang yang padat dengan daging cincang. Kenyang hanya dalam satu mangkuk menu saja.

Berlokasi di : Jalan Teuku Umar No.9, Kauman, Tulungagung

Buka dari : 06:00-13:00 WIB

7. Nasi Pecel  Mak Kitun

kuliner tulungagung
instagram.com/v1v1_10

Umumnya nasi pecel dijual pada pagi hari, tapi di daerah wilayah barat daya Surabaya ada penjual nasi pecel yang buka mulai malam hari. Nggak heran kalau pembelinya kebanyakan anak muda.

Terlihat dari pinggir jalan daerah Jepun sudah ramai pemuda yang mengerubungi tenda dengan banyak wadah besar tempat sayur, ayam, tempe, tahu goreng, dan sajian menu lainnya.

Yang paling enak dari pecel ini adalah bumbunya yang terasa kacang dan pedas. Maka dari itu banyak anak muda hits Tulungagung yang menjadi pelanggan setia pecel mak kitun.

Berlokasi di : Jepun, Tulungagung

Buka dari : 21:00-03:00 WIB

8. Nasi Goreng Bang Petruk

nasi goreng bang petruk
instagram.com/bellyculinary

Kuliner Tulungagung yang bisa kamu cicipi selanjutnya adalah nasi goreng dengan bumbu rendang. Wah sudah pasti rasanya kaya dengan rempah-rempah.

Kalau dulu nasgor rendang ini hanya bisa dinikmati di hotel bintang lima. Tapi di Tulungagung ada warung sederhana yang menyajikan menu nasgor rendang penuh gizi. Nasinya pun nggak lembek maupun kering berkerak. Tekstur nasinya pas di mulut. Jadi nikmat deh waktu disantap.

Untuk harganya relatif kok mulai dari lima belas ribu rupiah saja. Gimana jadi ingin ke sana? Mericanya terasa hingga ke tenggorokan lagi.

Berlokasi di : Kedung Indah, Kedungwaru, Tulungagung

Buka dari : 17:00-01:00 WIB

Kira-kira kalau kamu punya kesempatan untuk mencicipi satu dari delapan kuliner dari kota Marmer itu, mau mencoba merasakan yang mana dulu? Jangan lupa tulis daftar nama warung makan enak di kolom komentar berikut ini ya.

0 Comment