8 Lokasi Wisata di Bali yang Memungkinkanmu Bisa Bertemu dengan Penghuni Lautan, Termasuk Lumba-Lumba

15 September 2018, pada 05:00
1
0
8 Lokasi Wisata di Bali yang Memungkinkanmu Bisa Bertemu dengan Penghuni Lautan, Termasuk Lumba-Lumba

Saat liburan ke Bali, mungkin kamu hanya akan berpikir untuk menikmati keindahan pantainya saja. Tapi, tahukah kamu kalau ada kegiatan seru lain yang bisa kamu lakukan di wilayah lautan di Bali ini? Nah, salah satunya adalah melihat hewan-hewan di dalamnya. Menariknya lagi, kamu juga bisa menyaksikan mereka tanpa atau menggunakan peralatan snorkeling dan diving.

Mau tahu apa dan dimana saja lokasinya? Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Bali yang Qupas rekomendasikan untukmu jika kamu ingin menyaksikan para penghuni lautan. Bahkan, kamu juga bisa melihat lumba-lumba, lho. Yuk, intip!

Baca juga: 10 Air Terjun di Bali Utara dengan Pesona Menakjubkan, Tarif Masuknya Nggak Bikin Kantong Jebol

1. Pulau Menjangan

pulau menjangan
instagram.com/campatour

Pulau Menjangan masih bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau kecil yang berada di barat laut Bali ini juga termasuk wilayah teritorial Kabupaten Buleleng. Selain akan melihat kawanan rusa atau kijang liar yang merupakan satwa dilindungi di kawasan ini, tentu kamu juga bisa menikmati alam bawah laut dengan menyelam atau snorkeling.

Untuk bisa sampai ke Pulau Menjangan, kamu bisa menyewa kapal dengan harga rata-rata Rp 400 sampai Rp 600 ribuan. Memang harga ini terlalu mahal kalau digunakan satu atau beberapa orang saja. Namun, kamu bisa menyewanya bersama dengan pengunjung lain dengan tarif sekira Rp 40 ribu.

snorkeling di pulau menjangan
instagram.com/menjangan_trip

Jam operasional objek wisata ini memang 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Meski begitu, lebih baik datang di pagi hari saat teriknya matahari masih belum terlalu menyengat. Kegiatan menyelam dan snorkelingmu pun tentu akan lebih menyenangkan.

Jangan lupa review dan share foto di sini, Pulau Menjangan Bali

2. Pantai Lovina Bali

pantai lovina
instagram.com/pegi_pegi

Pantai Lovina merupakan objek wisata yang ada di Bali Utara, tepatnya 10 kilometer ke arah barat Kota Singaraja. Daya tarik pantai berpasir hitam ini pun bukan terletak pada panorama alamnya, melainkan aktivitas lumba-lumba di tengah lautan lepas. Menariknya lagi, kamu sudah bisa menyaksikan atraksi hewan laut menggemaskan ini 1 kilometer dari bibir pantai.

Bagaimana untuk bisa menyaksikannya? Jangan khawatir, ada banyak perahu tradisional milik nelayan yang siap mengantarmu untuk melihat lumba-lumba selama 2 jam dengan tarif Rp 150 ribu per orang. Biaya ini pun sudah termasuk sarapan pagi, lho. Tapi, kalau tanpa makanan, cukup sediakan budget senilai Rp 110 ribu saja.

pantai lovina bali
tripcanvas.com

Waktu terbaik untuk melihat aksi lumba-lumba ini adalah pagi hari, sekira pukul 06.00 sampai 07.30 WITA. Pasalnya, lumba-lumba akan bermunculan di waktu ini. Jadi, kamu juga harus berada di lokasi pantai paling lambat jam 05.30 WITA. Tertarik untuk berkunjung?

Jangan lupa review dan share foto di sini, Pantai Lovina Bali

3. Seawalker Tour Sanur Bali

seawalker tour sanur
instagram.com/gabriella_raya

Nggak punya pengalaman menyelam atau berenang bukan menjadi masalah saat berkunjung ke objek wisata yang terletak di Puri Santrian, Sanur ini. Pasalnya, di sini kamu bisa melihat penghuni lautan hanya menggunakan helm kedap air tanpa membawa tabung oksigen yang sangat berat. Aktivitasmu pun dijamin aman karena akan ada pendamping yang selalu menemani.

seawalker tour sanur bali
instagram.com/gustucasper26

Untuk bisa melakukan aktivitas seru ini, kamu cukup menyediakan budget senilai Rp 760 sampai Rp 830 ribu per orang. Biaya ini sudah termasuk asuransi, pajak, pelayanan dan berbagai fasilitas lain. Kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut selama 30 menit dengan tarif ini. Informasi penting lain, hanya pengunjung usia 9 sampai 70 tahun yang diperkenankan untuk menyelam.

Jangan lupa review dan share foto di sini, Seawalker Tour Sanur Bali

4. Dolphin Lodge Bali

Dolphin Lodge
instagram.com/athletic_babey

Bukan hanya menyaksikan lumba-lumba seperti di Pantai Lovina. Dolphin Lodge juga memungkinkanmu bisa berinteraksi hingga berenang bersama hewan cerdas ini. Pengalaman seru di objek wisata yang terletak di Jalan Tirta Empul, Pantai Mertasari, Sanur Kauh ini pun bisa kamu nikmati selama 35 menit.

Jam operasional Dolphin Lodge ini dibuka mulai 08.00 sampai 16.00 WITA. Harga tiketnya pun beragam. Untuk anak di bawah 5 tahun yang hanya diperbolehkan menonton atraksi lumba-lumba saja, tarif tiketnya senilai USD 34,5 atau sekira Rp 511 ribu. Sedangkan untuk pengunjung dewasa yang juga hanya ingin melihat, biayanya mencapai USD 39,5 atau kurang lebih setara dengan Rp 584 ribuan.

Dolphin Lodge Bali
instagram.com/dolphinlodgebaliofficial

Berbeda saat kamu ingin berinteraksi dengan lumba-lumba, biayanya bisa mencapai USD 69 atau Rp 1 juta 21 ribuan (anak) dan USD 79 Rp 1,1 jutaan (dewasa). Sementara tarif untuk bisa berenang bersama lumba-lumba dengan durasi 30 menit, budget yang perlu disediakan adalah USD 79 (dewasa maupun anak). Tapi ingat, batas usia minimal untuk bisa berenang dengan hewan cerdik ini adalah 12 tahun. Tertarik untuk mencoba wisata seru di Pulau Bali ini?

Jangan lupa review dan share foto di sini, Dolphin Lodge Bali

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Pantai Sanur dan Sekitarnya, Mana Pilihanmu?

5. Odyssey Submarine Bali

odyssey submarine bali
instagram.com/odysubbali

Di objek wisata yang terletak di Jalan Amuk, Manggis, Antiga, Karangasem ini, kamu bisa melihat keindahan bawah laut perairan Bali Timur. Nggak perlu basah-basahan dengan menyelam atau snorkeling. Di sini kamu hanya perlu naik kapal selam Odyssey yang bisa mengangkut beban sebesar 3.500 kilogram. Menariknya lagi, pengunjung segala usia dan kondisi bisa menikmati segala aktivitas di kapal selam dengan durasi waktu 45 menit.

melihat biota laut di odyssey submarine bali
instagram.com/odysubbali

Harga tiket untuk bisa memasuki kapal selam ini pun bervariasi, yakni Rp 110 ribu (0 - 5 tahun), Rp 450 ribu (5 - 12 tahun) dan Rp 650 ribu (12 - 70 tahun). Selain itu, ada paket keluarga dengan tarif Rp 1,9 jutaan lho. Biaya ini pun sudah termasuk antar jemput, welcome drink, makan siang, sertifikat menyelam hingga asuransi. Menarik, kan?

Jangan lupa review dan share foto di sini, Odyssey Submarine Bali

6. Bali Seawalker Tanjung Benoa

seawalker tanjung benoa
instagram.com/chababyspa

Selain di Sanur, di kawasan Benoa, tepatnya di Jalan Pratama Tanjung Benoa, Kuta Selatan, kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut. Bedanya, wilayah perairan yang akan kamu jelajahi ada di Tanjung Benoa. Di sini, kamu juga bisa berjalan di dasar laut sambil menyaksikan terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya. Tentu saja, dengan adanya helm kedap air, aktivitasmu ini tetap aman dan seru.

seawalker tanjung benoa bali
instagram.com/shintaabelle1313

Batas usia minimal pengunjung untuk bisa beraktivitas di sini adalah 12 tahun dan maksimal 65 tahun. Umumnya, tarifnya mencapai Rp 800 ribu per orang dengan durasi 30 menit berpetualang di dalam air. Menariknya lagi, biaya ini sudah termasuk pendamping, boat transfer, sepatu untuk berjalan di dasar laut, asuransi, tempat ganti pakaian dan handuk. Terjangkau banget, ya?

Jangan lupa review dan share foto di sini, Bali Seawalker Tanjung Benoa

7. Amed Dive Center Bali

amed dive center
instagram.com/une_frenchie_in_aussie

Pesona pantai di Bali bukan hanya terletak di bagian selatannya saja. Di Bali Timur pun ada objek wisata yang menyajikan pemandangan pantai hingga bawah laut. Kalau kamu tertarik dengan aktivitas menyelam, jasa Amed Dive Center adalah solusinya. Tentu saja, kantor penyedia jasa menyelam yang terletak di I Ketut Natih, Jalan Pantai Timur No. 801, Banjar Amed, Desa Purwakerti, Abang Purwakerti Karangasem ini akan membuat liburanmu lebih seru.

amed dive center bali
instagram.com/amed_dive_center

Di Amed Dive Center, kamu bisa memilih beberapa paket harga sesuai keinginan. Harganya mulai dari Rp 945 ribu per orang kalau kamu melakukan reservasi minimal 2 pengunjung. Paket ini sudah termasuk tempat menginap di Hotel Uyah amed and Spa Resort, menyelam di salah satu wilayah laut Tambulan atau Amed serta berbagai fasilitas lain. Tentu saja tarif ini sangat terjangkau.

Jangan lupa review dan share foto di sini, Amed Dive Center Bali

8. Bali Sharks Rescue Center

bali sharks rescue center
instagram.com/pelagicphotography

Bali Sharks Rescue Center terletak di Jalan Tukad Punggawa No.25, Serangan, Denpasar Selatan. Di sini, kamu bisa bertemu hingga berinteraksi dengan hiu yang selama ini dinilai menyeramkan, lho. Selain itu, pengalaman serta pelajaran berharga tentang pelestarian lingkungan, utamanya para ikan hiu ini juga akan kamu dapatkan.

bali sharks
instagram.com/cdogesworld

Objek wisata ini memungkinkanmu melihat hiu karang sirip hitam dan putih yang dipelihara di kandang besar laut terbuka. Menariknya lagi, kamu juga bisa mengikuti eco tour selama 3 jam, termasuk snorkeling bersapa para hiu. Cukup sediakan budget sekira Rp 1,3 jutaan, pengalaman menakjubkan akan kamu dapatkan. Dijamin liburanmu lebih bermakna.

Jangan lupa review dan share foto di sini, Bali Sharks Rescue Center

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Bali yang memungkinmu untuk bertemu para hewan laut. Pengalaman seru dan nggak terlupakan tentu akan kamu dapatkan. Apalagi, sejumlah lokasi wisata juga memungkinkanmu untuk bertemu si hewan cerdas lumba-lumba. Yakin Sahabat Qupas akan melewatkannya?

0 Komentar