8 Lontong Kupang di Surabaya, Kuliner Berkuah Hitam yang Eksis Hingga Sekarang

02 March 2019, at 05:00
0
0
8 Lontong Kupang di Surabaya, Kuliner Berkuah Hitam yang Eksis Hingga Sekarang

Untuk kamu yang tinggal di luar Jawa Timur pasti asing dengan kerang sebesar biji beras yang biasa disebut dengan kupang. Hewan laut yang hidup di lumpur air asin ini sering kali ditemui di pinggir pantai.

Dan juga, karena kupang bisa diolah menjadi sajian enak dan menggoyang lidah. Diracik dengan olesan petis hitam dan potongan lontong yang semakin mengenyangkan.

Buat kamu yang ingin mencicipi kuliner berkuah hitam khas Jawa Timuran dengan harga yang terjangkau, simak yuk!

1. Kupang Lontong Pak Misari

instagram.com/kulinersby

Kalau lagi berada di daerah Sidoarjo yang jaraknya berdekatan dengan Surabaya, mampir deh ke warung makan berkuah hitam yang satu ini. Ada sajian lontong kupang dengan porsi jumbo.

Ulekan petis hitam dan cabai rawit yang menggetarkan lidah bikin kamu kurang kalau hanya makan satu porsi saja. Tersedia juga sate kerang yang per tusuknya dibanderol dengan harga Rp5.000,00 saja.

Lokasi Kupang Lontong Pak Misari : Jalan Mojopahit No.62, Kebonsari

Buka dari : 09:00-17:00 WIB

2. Lontong Kupang Artomoro

instagram.com/dwipadw

Dulunya di Sepanjang Jalan Manyar ada deretan penjual es degan yang bisa dikunjungi waktu siang hari. Bakan juga ada penjual lontong kupang Surabaya enak yang menggugah selera.

Dengan kuah bumbu yang tak terlalu hitam, cocok buat foodies yang enggan makan petis terlalu banyak. Selain itu juga kamu bisa memesan es kelapa muda serut untuk menyegarkan tenggorokan.

Lokasi Lontong Kupang Artomoro : Jalan Raya Manyar No.5J, Manyar Sabrangan

Buka dari : 09:00-20:00 WIB

3. Lontong Kupang Pak H.Woko

instagram.com/dyanmifta

Sepiring menu kuliner khas Sidoarjo yang enak disantap saat siang hari ini punya kuah petis udang yang merasuk ke setiap bagian kupang. Nggak heran, kalau masakan ini bikin nagih banget.

Tersedia pula lontong balap dengan suguhan taoge melimpah yang segar. Harga keduanya terbilang cukup terjangkau sekitar Rp.15.000,00 saja.

Lokasi Lontong Kupang Pak H.Woko : Jalan Kalasan No.30, Pacar Keling

Buka dari : 09:30-17:00 WIB

4. Lontong Kupang Bu Wito

instagram.com/surabayafoodies

Warung makan lontong kupang di Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1980an lho. Kuah bawang putihnya terasa sedap sekali dengan petis hitam yang tak seberapa banyak.

Jadi semakin terasa segar di lidah dan enak di tenggorokan. Terlebih juga, ukuran kupang yang lumayan besar bikin kenyang seketika deh. Untuk minumnya bisa pesan es degan muda agar nikmatnya tiada tara. Nampol banget deh.

Lokasi Lontong Kupang Bu Wito : Jalan Raya Tenggilis No.128, Tenggilis Mejoyo

Buka dari : 10:00-16:00 WIB

Baca juga : 7 Kuliner Surabaya yang Pedasnya Nggak Kenal Ampun

5. Lontong Kupang Bu Vivi

instagram.com/kulinertok.sby

Lontong Kupang yang satu ini juga menyajikan gorengan dalam setiap piringnya. Kuliner Surabaya yang satu ini punya kuah hitam pekat, itu karena menggunakan petis udang.

Buat yang tinggal di daerah Surabaya Barat, langsung saja deh mampir ke sini biar nggak bingung-bingung lagi mau menyantap lontong kupang dimana.

Lokasi Lontong Kupang Bu Vivi : Jalan Raya Menganti No.28, Lidah Wetan, Wiyung

Buka dari : 10:00-17:00 WIB

6. Warung Kupang Kenjeran Pak Warno

instagram.com/kupangkenjeran_pakwarno

Kedai kupang di Surabaya yang bisa kamu cicipi selanjutnya ada di daerah Tambaksari. Rasanya kuah petis hitam dan bawang putih goreng ulek terasa hingga suapan terakhir.

Terlebih dengan harganya yang tergolong murah meriah hanya Rp15.000,00 saja. Ada segelas teh melati yang bisa disuguhkan bersama santapan enak di siang hari.

Lokasi Warung Kupang Kenjeran Pak Warno : Jalan Ploso 12 No.9A, Tambakasri

Buka dari : 09:00-20:00 WIB

7. Kupang Lontong Pak Hadi

instagram.com/yessyari

Lontong kupang di Surabaya yang ini punya bumbu petis dan bawang putih goreng terpisah. Enak nih, buat kamu yang nggak suka dengan petis udang bisa deh ambil sedikit saja.

Letaknya yang berada dekat di SMAN 17 Surabaya, membuat warung ini ramai dipadati siswa saat jam pelajaran usai. Buka setiap hari, buat wisawatan luar kota juga bisa berkunjung ke sini. Harganya mulai dari Rp10.000,00.

Lokasi Kupang Lontong Pak Hadi : Jalan Rungkut Asri No.24-22, Rungkut Kidul, Rungkut

Buka dari : 10:00-18:00 WIB  

8. Lontong Kupang Pesisir

ilustrasi foto Lontong Kupang Pesisir
pandajajan.blogspot.com

Lontong kupang yang satu ini berada di sebuah mall yang ada di Surabaya, pastinya tempat makan yang satu ini membuat makan menjadi nyaman.

Sajian hewan laut kecil-kecil ini juga tak beda dari kedai yang lainnya, hanya saja aroma bawang putih goreng yang diulek dengan kuah petis menyerbang hingga keseluruh ruangan. Bikin ketagihan banget deh.

Lokasi Lontong Kupang Pesisir : ITC Surabaya

Buka dari : 11:00-21:00 WIB

Itulah delapan lontong kupang di Surabaya yang bisa kamu coba untuk sajian makan siang hari saat berkunjung ke Kota Pahlawan.

0 Comment