8 Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

12 December 2018, pada 01:00
3
0
8 Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

Siapa bilang kalau bayi baru lahir belum terlalu membutuhkan mainan? Ternyata justru hal ini akan membantu tumbuh kembangnya lho, Bun.

Tapi tentu saja mainan yang bisa diberikan pada si kecil perlu disesuaikan dengan umurnya. Seperti halnya bayi usia di bawah 6 bulan.

Seperti diketahui, bermain adalah proses belajar yang paling penting dalam pertumbuhan anak. Sejak baru lahir, bayi akan mencermati apa yang ia lihat.

mainan bayi
megganhartman.com

Seiring dengan perkembangannya, kemampuan pun juga akan bertambah. Misalnya saja dalam hal motorik, sensorik, logika dan lain sebagainya.

Sebagai orangtua, nggak ada salahnya kalau Bunda memberikan mainan yang aman untuk si kecil seperti yang akan Qupas bahas berikut ini. Yuk langsung simak saja ulasannya!

1. Gambar hitam putih

buku hitam putih untuk bayi
ureadyteddy.com

Ketika baru lahir ke dunia, fungsi mata bayi belum sempurna. Bahkan ketika masih berusia 0-1 bulan, ia hanya dapat melihat hitam putih dengan jarak pandang sekitar 10-25 cm.

Seiring berjalannya waktu, tentu saja jarak pandangnya mulai bertambah.

Saat momen perkembangannya ini, Bunda bisa mencoba untuk memperlihatkan gambar atau pola hitam putih yang kontras. Pasti ia akan memperhatikannya dan terdarik dengan gambar tersebut.

Coba juga untuk menggerakannya atau menggeser mainan itu secara perlahan. Amatilah apakah mata si kecil sudah mengikuti arah gerakan tersebut. Khususnya ketika ia sudah berusia 1-2 bulan.

2. Boneka laba-laba

ilustrasi boneka laba-laba
hiveminer.com

Kenapa boneka laba-laba justru disukai oleh bayi? Terutama mainan yang digantung, ternyata bisa membantu untuk merangsang indera bayi usia 1-4 bulan.

Untuk bayi baru lahir, Bunda bisa memberikan bonek berpola hitam putih. Ketika ia sudah lebih besar dan melihat warna, ia akan tertarik dengan gantungan pada setiap kaki laba-laba.

3. Cermin antipecah

cermin untuk bayi
leapfrog.com

Ketika usianya sudah memasuki 3-4 bulan, fungsi mata bayi sudah lebih baik. Ia akan melihat warna dengan jarak pandang lebih jauh.

Bahkan ia mulai gemar melihat bayangan dirinya sendiri di cermin. Mungkin refleksinya itu adalah teman pertama baginya.

Kalau si kecil gemar melihat bayangannya sendiri, Bunda bisa memberikan cermin anti pecah untuknya.

4. Bola

bola untuk bayi
amazon.com

Mainan ini memang bukan untuk bayi baru lahir. Tapi tetap bisa diberikan ketika usianya masih di bawah 6 bulan. Khususnya ketika ia sudah bisa merangkak meski masih belum lancar.

Ia dapat menyentuh bola, meraihnya dan begitu seterusnya. Ada jenis mainan seperti ini juga dapat berbunyi ketika dipencet sehingga dapat melatih logika sebab akibat anak.

Baca juga: 10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sebenarnya Nggak Penting untuk Dibeli

5. Lonceng angin

lonceng angin untuk bayi
toylab.in

Semua bayi pasti suka musik dan bunyi yang menenangkan. Jadi Bunda bisa menggantung lonceng angin atau wind chimes di sudut yang bisa dilihat dan di dengar si kecil.

Bisa juga digantungkan di dekat tempat tidur. Bunyi lembut yang ditimbulkan oleh lonceng tersebut membuat bayi mudah terlelap lho, Bun.

6. Buku bayi

buku untuk bayi
honeywillow.wordpress.com

Ketika bayi berusia 5 bulan, ia akan gemar menggosok-gosokkan tangannya ke berbagai permukaan benda. Coba juga Bunda berikan berbagai benda untuk merangsang indera perasanya.

Nggak ada salahnya juga kalau Bunda memperkenalkan ia dengan buku khusus bayi yang terbuat dari kain dan punya tekstur berbeda-beda di setiap halamannya.

Bunda juga bisa menceritakannya sebelum ia tidur. Hal ini untuk mengenalkannya untuk membaca sejak dini.

7. Mainan lunak

mainan lunak untuk bayi
hellogiggles.com

Mainan lunak yang dimaksud ini adalah seperti Jerapah Sophie yang terkenal di Perancis sejak 40 tahun lalu.

Ternyata boneka seperti ini digemari bayi sekitar usia 4 bulan. Bahkan ia mulai suka menggigit-gigit mainan ini.

Tapi sebelum memberikannya pada si kecil, pastikan dulu kalau bahannya aman untuk bayi ya Bun!

8. Rattles

rattles untuk bayi
thechildmindingshop.co.uk

Kalau mainan ini pasti Bunda sudah tahu kalau si kecil akan menyukainya. Bunda bisa memberikannya pada si kecil, tapi pilih yang mudah digenggam dan bahan dasarnya lembut.

Ternyata ada juga rattles yang dapat dikaitkan ke tangan atau kaki bayi. Jadi kapanpun si kecil bergerak, maka mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi yang menarik.

Mainan seperti ini ternyata bukan hanya menghibur bayi. Tapi ia dapat belajar logika sebab akibat, terutama hal yang dapat menimbulkan bunyi.

Nah, itulah beberapa mainan untuk bayi baru lahir atau yang usianya masih di bawah 6 bulan. Ternyata bukan hanya untuk hiburannya belaka. Tapi mainan-mainan tersebut juga membantu untuk tumbuh kembang anak.

0 Komentar