8 Makanan khas Blitar, Lezatnya Bikin Lidah Bergetar

09 September 2018, at 02:59
0
0
8 Makanan khas Blitar, Lezatnya Bikin Lidah Bergetar

Blitar, Kotanya bapak Proklamator Indonesia yang menyimpan banyak sejarah di masa penjajahan hingga kemerdekaan. Bahkan Bung Karno juga dikebumikan di tanah kelahirannya. Kompleks pemakamannya hingga kini masih banyak dikunjungi oleh para ziarah yang ingin mendoakan beliau.

Bukan hanya wisata religi saja yang paling menonjol di Blitar, namun juga memiliki banyak makanan khas Blitar yang membuat lidahmu bergoyang. Sambil memuaskan hasrat dan melepas penat, perut juga jangan dibiarkan kosong melompong.

Berikut, 10 makanan khas Blitar bikin perutmu kenyang, hatipun senang.

Baca juga: Bosan dengan Makanan Nusantara yang Itu-itu aja? Saatnya Mencoba 5 Menu Korea Berikut Ini!

1. Soto daging bok ireng

soto daging bok ireng
instagram.com/yuwonooktav

Makanan khas Blitar yang satu ini memang disajikan dalam porsi mungil. Hanya berisikan nasi dengan cambah kecil, seledri, dan potongan jeroan sapi yang bisa disantap hanya dalam 3-5 suapan sendok saja. Jadi, kalau sobat Qupas biasanya makan dalam porsi besar disarankan untuk memesan 3 mangkok biar kenyang.

Berlokasi di :

  • Jalan Kelud, Kepanjen Lor, Blitar.

2. Nasi ampok

nasi ampok
instagram.com/andinifitriana_

Nasi ampok ini versi nasi jagungnya masakan khas Blitar. Nasi jagung didaerah lainnya biasanya mencampukan jagung halus dan dicampur dengan nasi, tapi di Blitar tanpa dicampurkan nasi. Dimakan dengan ikan asin, terong, dan sambal terasi, harga per porsinya hanya 4ribu rupiah saja.

Berlokasi di :

  • Alun-alun Blitar, Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Blitar.

3. Peyek uceng

peyek uceng
instagram.com/nienanien

Bikin aneka peyek di rumahmu yuk! Caranya gampang loh, hanya perlu tepung beras, sagu, santan, dan daun jeruk. Untuk toppingnya akan ikan uceng yang hanya sebesar jari kelingking orang dewasa. Bisa jadi camilan saat diperjalanan nih.

Berlokasi di :

  • Peyek Uceng Sukaria, Jalan Cokropati Ds.Babadan, Wlingi.

4. Sayur tewel

sayur tewel
instagram.com/edy.s.wignyo

Makanan khas Blitar yang selanjutnya adalah Sayur Tewel. Memiliki bahan utama nangka (tewel) dengan olahan santan yang gurih. Biasanya ditambahkan ikan asin, tempe, tahu, dan kerupuk. Jadi makanan desa yang pastinya dengan cita rasa kuat Nusantara.

Berlokasi di :

  • Ds Ngoran, Nglegok, Blitar.

Baca juga: 7 Nasi Goreng Enak di Jakarta, Mulai dari Nasi ijo hingga Ati Ampela. Awas Ngiler!

5. Tahu lontong bumbu lawu

tahu lontong bumbu lawu
instagram.com/ferasidharta

Tahu lontong juga menjadi makanan khas Blitar yang wajib sobat Qupas cobain. Yang paling enak dan khas Berada di Jalan Lawu. Dengan isian tahu goreng, lontong, cambah, kacang goreng, dan irisan seledri agar terlihat lebih segar.

Berlokasi di :

  • Tahu Bumbu Lawu, Jalan Lawu, Blitar.

6. Soto Babat

soto babat
instagram.com/y_wilis

Masih kuat makan menu berat nggak nih, sobat Qupas? kalau iya, wah kebetulan. Ada soto babat yang bisa kamu cicipi dengan kuah kuning kental, irisan babat dan usus sapi. Masih ada tambahan cambah yang krenyes krenyes saat disantap.

Berlokasi di :

  • Warung Soto Babat Mardi Waluyo, dekat RSUD Mardi Waluyo.

7. Es pleret

es pleret
instagram.com/blitarfoodies

 

Es pleret menjadi minuman khas Blitar yang berhasil membawa kota itu untuk memecahkan rekor muri. Ada kegiatan minum es pleret terbanyak se Indonesia. Membanggakan! Isiannya terbuat dari tepung beras lalu dicampur dengan sirup dan santan sebagai kuahnya.

Berlokasi di :

  • Jalan Muara Takus, Jatimalang, Blitar.

8. Es drop

es drop
instagram.com/kurota.risa

Jangan beranjak dulu ya, masih ada yang manis dan menyegarkan di Blitar. Yang satu ini paling legendaris banget, namanya es drop. Dijual keliling dengan sepeda ontel, dijajakan pinggir jalan. Es krim khas Blitar yang hingga kini di cari oleh banyak anak muda. Sekarang variasinya makin banyak loh. Wah mantab ya!

Berlokasi di :

  • Jalan Anggrek no.51, Sukorejo.

Makanan khas Blitar diatas memang wajib banget buat dicicipi satu per satu, kalau ada yang ketinggalan pasti kurang lengkap rasanya. Apalagi dengan rasa manis, asin, pedas, dan gurih yang tercampur di mulut sobat Qupas. Jadi nggak pengen cepet-cepet ngabisin deh.

0 Comment