8 Makanan khas Wonogiri, Masakan Ndeso dengan Bumbu "Jangkep" Nempel di Lidah

04 September 2018, at 14:12
0
0
8 Makanan khas Wonogiri, Masakan Ndeso dengan Bumbu "Jangkep" Nempel di Lidah

Wonogiri, mungkin kebanyakan orang akan menyebutkan beberapa tempat wisata air yang sejuk dan asri. Tapi pada kenyataanya, ada banyak sekali tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sana. Salah satunya, museum Karst Wonogiri.

Yang menjadi museum Kars terbesar se-Asia Tenggara loh. Nah, baru tahu kan ya? Eits, tunggu masih ada lagi. Wisata kulinernya yang tiada bandingannya, sudah pernah mencicipinya kah Sobat Qupas? Masakan ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh khas enak dan murah ke daerah asalmu. Apa saja ya? Nih,

Baca juga: Hawa Dingin ingin Makan yang Berkuah, Ada 5 Kuliner Berkuah Khas Malang yang Bikin Kamu Ketagihan

1. Cabuk wijen

cabuk wijen
instagram.com/ekasarimaryono

Kuliner khas Wonogiri ini biasanya disebut dengan sambal wijen. Warna hitam berasal dari sisa pembuatan minyak biji wijen dan dicampur merang padi. Biasanya sambal wijen ini disajikan dengan menu pecel Ndeso. Cara untuk mengolahnya cukup sulit dan memakan waktu yang tidak sebentar, bentuknya akan seperti pepes pindang dibalut dengan daun pisang. Rasa sambal pedas dan pahit getir yang tercampur di mulut.

2. Jangan lombok ijo

jangan lombok ijo
instagram.com/dapurcintya

Eits, kata “jangan” yang tersemat di nama masakan khas Wonigiri ini artinya bukan larangan, melainkan sayur. Jadi, nama aslinya sayur lombok ijo. Dibuat dari cabe keriting dengan isian tahu, tempe, dan kacang panjang. Biasanya disantap saat ada acara besar seperti pernikahan dan khitanan.

3. Pindang kambing

pindang kambing
instagram.com/pempek_selera27

Kalau dengan masakan pindang pasti yang terfikir adalah pepes pindang yang pedas dan gurih dibalut dengan daun pisang. Di Wonogiri ada kuliner pindang kambing yang mempertemukan ikan pindang dengan daging kambing dalam satu mangkuk yang lezat. Daging kambing yang dipilih adalah kikil dan jeroan. Kuliner ini sudah temasuk legendaris, paling terkenal dijual oleh Mbah Sinem yang menjadikannya kuliner Wonogiri 2018 yang paling dicari. Wah, mantap nih!

4. Nasi tiwul

nasi tiwul
instagram.com/chrismanabee

Tiwul yang terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk menjadi bubuk tepung. Dulunya, tiwul hanya dimakan dengan kelapa parut. Tapi kini sudah banyak inovasi tambahan, misalkan saja dicampur dengan nasi dan dilengkapi pula dengan ikan asin, urap-urap dan kerupuk puli. Sampai hari ini, makanan ini menjadi makanan pokok warga Wonogiri. Resep makanan khas wonogiri yang masih ada dan terjaga cita rasanya hingga kini.

Baca juga: 7 Restoran di Jogja Berlatarkan Sawah, Sensasi Makan Pakai Camping!

5. Wader goreng

wader goreng
instagram.com/amazingindonesiafood

Menu masakan yang bisa kamu temui di tempat wisata Wonogiri, seperti di Waduk Gajah Munkur. Di sana kamu akan menemukan banyak warung makan yang menjajakan wader goreng. Itu merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Untuk membuatnya cukup mudah, tinggal digoreng atau diberi tepung agar renyah kriuk-kriuk. Pelengkapnya sambal terasi,tempe, dan tahu.

6. Tempe besengek

tempe besengek
instagram.com/witriyuwono

Besengek yang menjadi kuliner Wonogiri ini berbahan dasar tempe kara yang dibungkus dengan daun jati dan irisan cabe rawit yang pedas. Biasanya dimakan sebagai lauk dengan nasi tiwul. Kalau kamu ingin mencicipinya langsung aja ke pasar Mayaran, di sana banyak penjualnya. Harganya cuman 3ribu rupiah aja. Masakan tradisional khas Wonogiri paling dicari nih.

7. Lentho

lentho
instagram.com/jabalom

Camilan Wonigiri yang terbuat dari kacang tholo dan singkong. Kemudian digoreng renyah sebagai santapan di sore hari sambil berkumpul dengan keluarga. Untuk rasanya sendiri ada sensasi rasa gurih dari kacang tholo dan ketumbar, jadi ingin nagih. Biasanya dimakan dengan gigitan cabe rawit pedas.

8. Geti wijen

geti wijen
instagram.com/yoanestavonnyfisher

Geti wijen merupakan camilan wonogiri yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Terbuat dari jahe, gula jawa, dan wijen. Sensasi hangat dan aroma jahe yang enak bikin kamu ingin lagi. Dan lagi, cemilan wonogiri ini tanpa bahan pengawet loh. Tapi bisa bertahan cukup lama. Menyehatkan bukan?

Jalan-jalan ke Wonogiri, jangan lupa menyantap kuliner wonogiri paling dicari tahun 2018 ini ya, Sobat Qupas. Biar ada pengalaman tak terlupakan dari sesuap makanan dan camilan khas Wonogiri.

0 Comment