8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!

16 September 2018, pada 07:00
0
0
8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!

Air Susu Ibu atau ASI, menjadi satu-satunya asupan untuk bayi di usia 0 hingga 6 bulan sebelum ia dapat mengonsumsi makanan lain. Oleh karena itu, para ibu harus benar-benar memperhatikan produksinya agar tetap cukup dan berkualitas untuk sang buah hati. Banyak sekali mereka yang menyusui hanya fokus mengonsumsi makanan untuk meningkatkan suplai ASI. Sebaliknya, mereka justru mengabaikan pengetahuan soal apa saja yang harus dihindari.

Nah, untuk membantumu, kali ini Qupas sudah merangkum 8 jenis makanan yang dapat mengurangi produksi ASI. Apa saja itu?

Baca Juga: 4 Bahaya Mengajak Bayi Naik Pesawat, Akibatnya Bisa Fatal!

1. Makanan asam

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
hellosehat.com

Kandungan asam yang berada pada beberapa jenis makanan, dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ibu menyusui. Kondisi tubuh yang seperti ini, tentu berpengaruh pada jumlah ASI yang dapat diproduksi. Tak hanya ibu, asam yang tercampur dengan ASI ibu juga bisa membuat perut bayi menjadi perih dan pencernaannya terganggu.

2. Makanan pedas

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
askmen.com

Untuk para ibu menyusui, banyak dokter menyarankan untuk mengurangi bahkan melarang konsumsi makanan pedas. Makanan pedas seperti cabai yang dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan diare pada mereka sehingga tubuh menjadi lemah dan berpengaruh pada suplai ASI. Selain itu, cabai juga mengandung zat capsaisin yang dapat menimbulkan alergi baik pada ibu maupun bayi.

3. Pil KB hormonal

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
hellosehat.com

Obat KB hormonal juga terbukti dapat mengurangi produksi ASI karena campuran hormon tambahan dari pil tersebut. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya menghentikan konsumsi obat KB jenis ini sampai bayi berusia 6 hingga 8 minggu. Sehingga, ibu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan cadangan ASI sebelum diganggu elemen lain.

4. Obat-obatan tanpa melalui resep dokter

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
hellosehat.com

Terkadang ketika pilek atau pusing, kita terbiasa membeli dan mengonsumsi obat yang dijual bebas. Namun, untuk ibu menyusui, hal ini harus dihindari. Karena, bisa saja obat-obat tersebut tidak aman bagi kualitas ASI atau dapat mengurangi produksinya. Jadi sebaiknya, apabila ibu membutuhkan obat, sebaiknya berkonsultasi dan mendapatkan resep dari dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

5. Kafein

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
babycenter.com

Konsumsi kafein pada kopi dan jenis makanan lainnya yang berlebihan juga dapat mengurangi produksi ASI. Selain itu, bayi akan menjadi rewel karena cepat pusing dan mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, bagi ibu menyusui, sebaiknya hanya mengonsumsi kopi kurang dari 3-4 cangkir per hari. Walaupun kopi memberikan efek yang menenangkan, kamu harus bersedia berkorban agar bayimu tetap mendapatkan ASI yang cukup.

6. Alkohol

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
huffingtonpost.com

Alkohol sudah pasti dapat membuat kita dehidrasi. Nah, dalam kondisi ini, tubuhmu menjadi kekurangan cairan dan dapat menghambat produksi ASI. Selain itu, minuman mengandung alkohol yang kamu konsumsi ini tentu akan tercampur dengan ASI yang diminum bayi. Hal ini dapat merusak kualitas ASI dan menghambat perkembangan bayi.

7. Nikotin

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
allaboutwomenmd.com

Merokok bisa mengurangi hormon prolaktin pada ibu sehingga mengurangi suplai ASI pula. Sama seperti alkohol, efek nikotin yang dikonsumsi ini juga akan ikut terminum bayi. Akibatnya, bayi akan mudah mual, muntah, diare, dan kram perut. Jadi, buat para ibu yang masih melakukan kebiasaan ini, sebaiknya berhenti atau mengurangi konsumsi rokok, ya!

8. Mint

8 Makanan yang Dapat Mengurangi Produksi ASI, Ibu Menyusui Perlu Hindari!
sportsvape.net

Daun-daunan mint, seperti peppermint dan seledri memang sudah terbukti berguna mengurangi produksi ASI. Bahkan, jenis mint dipakai oleh para ibu yang sedang proses menyapih sang bayi. Nah, buat kamu yang masih ingin terus aktif menyusui bayimu, tentu mint adalah makanan yang harus dihindari atau dikurangi.

Itulah 8 jenis makanan yang harus ibu menyusui hindari agar produksi ASI tidak berkurang dan tetap cukup untuk sang bayi. Beberapa dari daftar tersebut, mungkin merupakan makanan yang biasa kamu konsumsi sehari-hari. Namun, demi sang bayi, tentunya kamu mau untuk berkorban kan?

 
 
0 Komentar