8 Minuman yang Haram Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat, Akibatnya Bisa Fatal!

05 March 2019, at 05:00
0
0
8 Minuman yang Haram Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat, Akibatnya Bisa Fatal!

Ketika sakit, penanganan dokter dan istirahat saja biasanya tidak cukup. Pasti ada obat yang harus dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang suka dan terbiasa mengonsumsi obat-obatan. Rasa yang pahit dan bau yang terkadang menyebabkan mual membuat beberapa orang memilih untuk mengonsumsi obat dengan minuman yang berasa.

Padahal, idealnya obat diminum dengan air putih agar hasilnya bisa maksimal. Di sisi lain, mengonsumsi obat dengan beberapa minuman berikut bisa berakibat fatal. Apa saja?

Baca Juga: Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

1. Susu

jangan minum obat dengan susu
pexels.com/@enginakyurt

Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi penyerapan obat dalam tubuh, termasuk keasaman relatif perut, nutrisi lemak, dan lain sebagainya.

Minum obat dengan susu bisa membuat kandungan kalsium dan tetrasiklik pada antibodi bereaksi. Hasilnya, penyerapan akan melambat dan berdampak buruk pada tubuh.

Itulah mengapa minum susu setelah makan obat tidak dianjurkan. Berilah jarak sekitar 2-3 jam untuk meminumnya.

2. Alkohol

jangan minum obat dengan alkohol
pexels.com/@tookapic

Kalau yang satu ini memang sebaiknya tidak dikonsumsi, ya. Apalagi jika dipadukan dengan obat-obatan.

Alkohol mengandung unsur yang dapat meningkatkan tekanan dalam hati. Mengonsumsi bersamaan atau setelah minum obat alergi, flu, batuk, atau anti histamin akan meningkatkan rasa kantuk dan memperlambat gerak motorik serta mental.

Minum alkohol dengan paracetamol juga bisa berakibat serius karena dapat meningkatkan pendarahan pada lambung.

3. Teh

jangan minum obat dengan teh
pexels.com/@freestocks

Minum obat dengan teh juga tidak disarankan. Hal ini karena minuman tersebut mengandung zat tanin yang dapat mengikat senyawa aktif dari obat.

Selain itu, beberapa jenis obat antibiotik seperti enoxacin dan ciprofloxacin dapat menurunkan dan memperlambat kemampuan tubuh dan mengeluarkan kafein.

Itulah mengapa efek minum obat pakai teh manis adalah sakit kepala, cemas, dan peningkatan detak jantung.

4. Kopi

jangan minum obat dengan kopi
pexels.com/@burst

Sama seperti teh, minuman yang satu ini juga mengandung kafein yang bahkan lebih tinggi. Itulah mengapa kopi tidak boleh diminum dengan obat, entah bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan.

Efek stimulan dalam kopi tidak akan baik apabila dikonsumsi dengan obat asma, penekan nafsu makan, dan amfetamin.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Bisa Kurangi Risiko Diabetes, Begini Penjelasannya

5. Soda

jangan minum obat dengan soda
pexels.com/@belart84

Meskipun banyak disukai, namun nyatanya soda bukanlah minuman yang baik untuk kesehatan. Sering mengonsumsi minuman ini dapat menyebabkan efek samping seperti kegemukan, osteoporosis, dan bahkan memengaruhi kesuburan pada pria.

Minum obat dengan soda tidak dianjurkan karena kadar keasamannya yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan penyerapan menjadi sia-sia.

Selain itu, soda juga bisa bereaksi dengan obat-obatan tertentu dan menyebabkan alergi atau bahkan masalah kesehatan yang lebih serius.

6. Minuman Isotonik

jangan minum obat dengan minuman isotonik
hellosehat.com

Minuman isotonik mengandung mineral seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa menggantikan cairan tubuh.

Namun, mengonsumsi obat dengan minuman isotonik sebaiknya dihindari karena bisa berakibat fatal. Meminumnya bersamaan dengan obat-obatan hipertensi atau gagal jantung akan berbahaya bagi penderita.

7. Jus Jeruk

jangan minum obat dengan jus jeruk
pexels.com/@rawpixel

Jus jeruk tidak boleh diminum berbarengan dengan obat kanker, tekanan darah, penurunan kolesterol, atau obat untuk kekebalan tubuh.

Hal ini karena obat-obatan tersebut mengandung paracetamol dan propifenazon karena kandungan furanocoumarins di dalamnya dapat menghapus enzim pemecah obat.

Kondisi tersebut akan membuat tubuh tidak menyerap obat dengan baik dan justru menyebabkan gangguan pada lambung.

8. Jus dengan Vitamin K

jangan minum obat dengan jus vitamin k
thespruceeats.com

Selain jus jeruk, jus dengan vitamin K juga tidak boleh diminum bersamaan dengan obat. Beberapa sayur dan buah seperti brokoli, bayam, dan alpukat yang kaya akan vitamin K akan membekukan darah.

Meskipun merupakan sesuatu yang sehat, namun hal tersebut berlawanan dengan obat yang bekerja untuk mengencerkan darah.

Baca Juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan Hal Ini untuk Merawat Mata

Walaupun terlihat baik untuk tubuh, namun sesuatu bisa saja menjadi berbahaya apabila dikonsumsi bersamaan dengan hal yang tidak tepat.

Sehingga, sebaiknya selalu waspada dan perhatikan setiap hal yang kamu konsumsi.

0 Comment