8 Obat Legendaris Tiongkok yang Terbukti Khasiatnya dan Masih Eksis Hingga Kini

27 December 2018, pada 00:00
3
0
8 Obat Legendaris Tiongkok yang Terbukti Khasiatnya dan Masih Eksis Hingga Kini

Sampai detik ini, obat-obatan tradisional tiongkok masih sangat eksis dan tetap diminati oleh banyak kalangan. Meskipun zaman semakin berkembang, akan tetapi khasiat obat-obatan herbal yang diolah secara tradisional khas Tionghoa ini tidak mengalami perubahan.

Selain ampuh mengobati berbagai penyakit, obat-obatan herbal ini juga dinilai lebih aman daripada obat-obatan kimiawi lainnya. Bahkan sudah tersohor di dunia, termasuk Indonesia. Ini dia 8 obat legendaris Tiongkok yang masih eksis hingga sekarang.

1. Lo Han Kuo

lo han kuo
picswe.com

Obat ini berkhasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, sakit tenggorokan, meredekan batuk, menghilangkan dahak, dan menguatkan paru-paru. Lo Han Kuo terbuat dari sari buah dengan nama sama yang dipadukan dengan cane sugar.

Perpaduan dua bahan tersebut kemudian menghasilkan minuman yang menyegarkan, menyejukkan, dan baik untuk kesehatan. Selain itu, obat yang satu juga tidak pahit seperti kebanyakan obat melainkan terasa enak saat diminum.

2. Tiang Wan Bu Xin Dan

tiang wan bu xin dan
unifeed.club

Obat satu ini namanya memang panjang dan susah untuk dilafalkan. Meskipun demikian, manfaatnya cukup banyak, yakni membantu menyehatkan fungsi ginjal dan menenagkan pikiran.

Banyak orang yang menggunakan Tiang Wan Bu Xin Wan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti insomnia, jantung berdebar, pelupa, dan gelisah.

Obat ini juga dapat bekerja pada wanita yang mengalami manopause dengan gejala-gejala seperti insomnia, gelisah, emosi tidak stabil dan depresi.

3. Die Da Yao Jing

die da yao jing
bukalapak.com

Obat yang satu ini hampir sama dengan minyak tawon yang merupakan obat luar. Akan tetapi, Die Da Yao Jing lebih identik dengan obat merah sehingga seringkali disebut sebagai Betradine Cina. Wah! Khasiatnya pun tidak kalah, lho.

Betadine Cina ini sangat ampuh mengobati luka lecet, luka memar, dan luka-luka lainnya dengan cepat. Pendarahan akan berhenti dan dapat mencegah adanya infeksi. Meskipun kamu harus merasakan perih saat dioleskan, tetapi obat ini manjur sekali, ya!

4.  Dilong Kapsul

dilong kapsul
herbaleo.com

Obat legendaris dari Tiongkok satu ini mungkin sedikit menjijikkan bagi sebagian orang. Dilong Kapsul diracik dari cacing tanah. Bagaimana mau mencobanya?

Tenang saja, obat ini bentuknya berupa kapsul dan tidak terlihat unsur cacing tanahnya.

Sejak dulu cacing tanah memang sudah terkenal memiliki khasiat sebagai obat penurun demam tinggi sebagai gejala tifus dan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh setelah sembuh dari sakit tifus.

Baca Juga: Sekilas Mirip, Begini Cara Membedakan Gejala DBD dan Tifus

5. Fufang Ejiao Jiang

fufang ejiao jiang
tionghoa.info

Fufang Ejio Jiang memiliki khasiat yang cukup banyak dan beranekaragam. Mulai dari membantu mempercepat pemulihan setelah terserang sakit demam berdarah, melancarkan haid yang tidak teratur, sampai membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi pasien kemoterapi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi obat satu ini tidak seperti kebanyakan obat yang pahit dan menyiksa, kok. Fufang Ejio Jiang berbentuk cairan dengan warna coklat yang memiliki rasa manis.

6. Angong Niu Huang Wan

angong niu huang wan
aliexpress.com

Namanya yang panjang dan cukup rumit membuat orang-orang Indonesia seringkali menyebutnya “angkung”.

Obat ini terkenal sebagai pertolongan pertama bagi pasien stroke karena khasiatnya untuk melancarkan penyumbatan pembuluh darah agar sel-sel otak tidak mati.

Hal tersebut akan membantu menyelamatkan kerusakan otak lebih dini agar tidak menjadi lebih parah dan meluas. Selain mencegh stroke, An Kung Niu Huang Wan ini juga bisa mengatasi koma atau kejang akibat panas tinggi dan meningitis.

7. Pil Po Chai

pil po chai
straitstimes.com

Pil Po Chai merupakan pil legendaris yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun di Tiongkok. Obat ini sering digunakan untuk mengobati beragam penyakit, seperti:

  • Diare
  • Perut mulas
  • Mengurangi mual dan muntah
  • Asam lambung
  • Keracunan makanan, dan lain sebagainya

Pokoknya semua penyakit yang berhubungan dengan salurah pencernaan atau bagian usus bisa disembuhkan dengan Pil Po Chai. Komplit sekali, kan? Tidak perlu mencari-cari obat lagi karena sudah ada satu solusi.

8. Minyak Gosok Cap Tawon

minyak tawon
angklinjohn.id

Siapa yang tidak kenal Minyak Gosok Cap Tawon alias Minyak Tawon? Minyak ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal, bengkak, luka dan lain sebagainya.

Sebenarnya, minyak ini bernama Too Boo Loeng. Akan tetapi namanya diganti menjadi Minyak Gosok Cap Tawon setelah didistribusikan oleh PT Tawon Jaya Makassar.

Minyak yang diracik dari minyak kelapa, minyak kayu putih, daun lada, cengkeh, jahe, kunyit dan bawang ini memiliki dua varian, seperti:

  • Tutup berwarna merah atau premium untuk gatal-gatal dan lain sebagainya
  • Tutup putih kualitas spesial untuk pemijatan

Kalau kamu pernah menggunakan varian yang mana dari minyak ini?

Nah, itu dia 8 obat legendaris Tiongkok yang masih terbukti khasiatnya hingga saat ini dan tentunya masih tetap eksis. Kamu bisa menemukannya di toko-toko obat tradisional milik etnis Tiongkok atau toko-toko online.

Meskipun telah terbukti khasiatnya, kamu tetap harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan tersebut, ya! Terutama jika kamu memiliki komplikasi.

0 Komentar