8 Objek Wisata di Tana Toraja yang Siap Membuat Siapa Saja Terpesona

19 July 2019, at 10:00
0
0
8 Objek Wisata di Tana Toraja yang Siap Membuat Siapa Saja Terpesona

Tana Toraja pasti sudah nggak asing lagi di telinga banyak orang. Kabupaten yang terletak provinsi Sulawesi Selatan tersebut memang terkenal memiliki budaya yang unik dan masih otentik.

Selain budaya yang masih dijaga dengan sangat baik oleh penduduk setempat, keindahan alam juga menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata ini.

Berikut ini 8 destinasi wisata Tana Toraja yang siap membuatmu terpana dan terpesona dengan keindahan alam dan budayanya.

Baca Juga: Menikmati Suguhan Alam Lappa Laona, Wisata Sulawesi ala Switzerland yang Bikin Malas Pulang

1. Lembah Ollon

lembah ollon
instagram.com/edwarhaedar_

Lembah Ollon menawarkan hamparan bukit hijau yang luas dan memukau. Di tempat ini, kamu akan melihat pemandangan indah yang seolah dilukis di atas kanvas.

Kamu bisa mencoba sensai berkemah di bukit dengan lanskap alam yang megah tersebut sambil menikmati sejuknya udara yang masih alami.

Saking indahnya, nggak sedikit orang yang menjadikan Lembah Ollon sebagai tempat foto prewedding mereka. Memang instagramable sekali sih pemandangannya!

Alamat Lembah Ollon: Bau, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Lembah Ollon: Rp10.000,00

2. Kalimbuang Bori

kalimbuang bori
instagram.com/_gobackpacking

Kalimbuang Bori merupakan kompleks megalit atau situs warisan megalitikum yang sangat unik. Bentuknya yang artistik membuatmu semakin merasakan suasana magis dari tempat ini.

Kamu juga bisa menemukan bebatuan menhir dengan usia ratusan tahun yang didirikan sebagai penghormatan atas para tetua adat ataupun keluarga bangsawan yang telah meninggal.

Alamat Kalimbuang Bori: Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket Masuk Kalimbuang Bori: Rp10.000,00

3. Pallawa

pallawa
instagram.com/kristohananto

Destinasi wisata Toraja lainnya yang juga mengesankan adalah Desa Pallawa yang memiliki banyak rumah adat unik bernama Tongkonan.

Jika kamu ingin melihat rumah adat Toraja yang diatapnya penuh dengan tumbuhan hijau dan memiliki banyak aksesoris seperti tanduk kerbau, Pallawa lah tempatnya.

Alamat Desa Pallawa: Pallawa, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Desa Pallawa: Gratis (bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Lemo

lemo
instagram.com/almirshalitteacher

Lemo merupakan salah satu kompleks pemakaman yang terkenal di Toraja. Berupa kuburan yang melekat di dinding tebing sebuah bukit, objek wisata ini merupakan satu diantara beberapa yang paling menarik.

Di sini, kamu akan menemukan banyak peti mati yang diletakkan di dalam tebing batu kapur yang dipahat dengan tangan.

Selain itu, wisatawan juga akan menemukan banyak patung bernama Tau-tau yang merepresentasikan orang yang sudah meninggal. Untuk membuat patung tersebut, harus dilaksanakan Upacara Rambu Solo yang mengorbankan minimal 24 kerbau, lho!

Alamat Lemo: Jalan Poros Makale-Rantepao, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Lemo: Rp10.000,00 (bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga: Mengintip Keindahan Pulau Lembeh, Destinasi di Sulawesi Utara Kebanggaan Jokowi

5. Londa

londa
instagram.com/morgan_nou

Selain Lemo, Tana Toraja juga masih memiliki kompleks makam lainnya yang bernama Londa. Berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Lemo, Londa merupakan sebuah kuburan yang berbentuk goa.

Londa merupakan salah satu objek wisata populer yang paling banyak dikunjungin oleh turis. Katanya, belum sah ke Tana Toraja kalau belum ke tempat ini.

Dikelilingi oleh pegunungan, Londa menawarkan suasana yang segar dan sejuk dipadukan dengan nuansa gaib dan mistis yang kental.

Alamat Londa: Tadongkon, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Londa: Rp10.000,00 (bisa berubah sewaktu-waktu)

6. To’ Tombi Lolai

to' tombi lolai
instagram.com/setosamben

To’ Tombi Lolai merupakan salah satu objek wisata di Tana Toraja yang sedang hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kawasan yang terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini mendapat julukan “Negeri di Atas Awan”. Bukan sekadar sebutan, kamu akan dimanjakan dengan hamparan awan yang menutupi pemandangan lembah saat ada di tempat dingin tersebut.

Alamat To’ Tombi Lolai: Lolai, Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk To’ Tombi Lolai: Rp15.000,00

7. Kete’ Kesu

kete' kesu
instagram.com/stuartcollin

Hampir sama seperti desa Pallawa, Kete’ Kesu merupakan desa yang memiliki sebuah kompleks rumah adat atau Tongkongan yang masih terawat dan biasanya menjadi tempat penyimpanan mayat sementara sebelum dikebumikan.

Selain itu, kawasan ini berupa perbukitan dan persawahan yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Kamu akan dimanjakan dengan lanskap hijau dan udara yang masih alami.

Alamat Kete’ Kesu: Kampung Bonoran,Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Kete’ Kesu: Rp10.000,00

8. Buntu Burake

buntu burake
instagram.com/diahgosali

Buntu Burake merupakan destinasi wisata religi di Tana Toraja yang menyuguhkan patung Yesus setinggi 40 meter. Jika melihatnya, kamu pasti akan teringat dengan monumen serupa di Gunung Corcovada, Rio de Janiero, Brazil. Keren sekali, kan?

Patung Yesus ini merupakan yang tertinggi kedua di dunia setelah Patung Kristus Raja di Polandia yang tingginya 52,5 meter. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Polandia atau Brasil karena kamu sudah bisa menyaksikan patung Yesus megah dengan pemandangan sekitar yang nggak terkalahkan di negeri sendiri.

Alamat Buntu Burake: Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB

Tiket Masuk Buntu Burake: Rp10.000,00 (belum wahana)

Jadi, kalau berkunjung ke Tana Toraja jangan lupa mampir ke delapan objek wisata keren di atas ya Sobat Qupas. Dijamin perjalanan panjangmu terbayar tuntas dengan pesona Tana Toraja yang luar biasa.

0 Comment