Maag merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh kebanyakan orang. Maag sendiri menyerang lambung sehingga terjadi luka atau peragangan yang menyebabkan rasa nyeri, sakit, mulas, dan terkadang perih.

Walau terkesan sebagai penyakit umum, tapi maag tidak bisa disepelekan oleh siapapun. Pasalnya, jika dibiarkan tanpa solusi, penyakit ini bisa menjadi kronis yang tentunya cukup mengkhawatirkan bagi kesehatan tubuh.

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
medicalnewstoday.com

Sebab, yang diserang oleh maag adalah lambung dan sistem pencernaan. Akibatnya, kamu akan menjadi sulit makan dan perutmu menjadi sensitif terhadap makanan tertentu. Biasanya, orang yang mengalami maag, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan asam seperti makanan pedas, kecut, dan pahit.

Kemudian, ketika maag sudah menjadi kronis, akan ada berbagai macam efek berbahaya yang tentunya tidak mudah untuk disembuhkan. Bahkan, beberapa kasus terjadi memperlihatkan jika maag kronis juga berpotensi mengancam nyawa seseorang.

Oleh karenanya, kamu harus tahu apa saja penyebab maag kronis sehingga bisa mengantisipasi lebih awal. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

Baca juga : Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Sehari-hari? Lakukan Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

1. Telat Makan

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
korankaltara.co

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh penderita maag adalah pola makan yang baik dan benar. Sebab, maag sendiri bisa terjadi akibat kamu sering telat makan. Apalagi telat itu merupakan kebiasaan setiap hari, maka asam pada lambung akan meningkat dan akhirnya susah diatasi. Untuk itu, usahakan makan tepat waktu dan perhatikan porsinya. Penderita maag disarankan untuk makan tidak terlalu banyak agar tidak terjadi penumpukan gas yang menyebabkan sesak.

2. Makanan Pedas

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
carasehat78

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan pedas merupakan salah satu biang kerok dari datangnya maag kronis. Jika kamu memiliki hobi makan makanan pedas, maka sebaiknya kurangi dari sekarang. Sebab, dari kebanyakan kasus terjadi, penderita maag tidak berhasil sembuh akibat masih bandel dan tetap mengonsumsi makanan pedas.

3. Konsumsi Kafein

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
merdekagoal.com

Dan yang perlu kamu ketahui pula bahwa maag bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung kafein. Sebab, sifat dari kafein itu sendiri bisa membangkitkan keasaam pada lambung. Oleh karenanya, kurangi atau hindari kafein sampai gejala maag itu benar-benar hilang agar terhindar dari maag kronis.

4. Konsumsi Alkohol

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
hellosehat.com

Bukan rahasia lagi jika alkohol merupakan minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalam segelas alkohol, mengandung berbagai macam zat dan senyawa kimia yang bisa merusak organ di dalam tubuh, termasuk lambung. Maka dari itu, jangan pernah mencicipi minuman ini, sebelum maag kronis menyerang lambungmu.

5. Merokok

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
hellosehat.com

Kebiasaan merokok memang menjadi salah satu pola hidup yang dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini. Namun, alangkah baiknya jika kamu menyadari bahwa merokok bukanlah kebiasaan baik, karena di dalam rokok terdapat segudang racun dan zat kimia yang bisa membunuh secara perlahan. Selain itu, rokok dipercaya bisa meningkatkan gas dalam perut yang akhirnya memicu maag kronis.

6. Stres

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
mengutip.com

Dan yang harus diperhatikan juga adalah stres. Sebab, stres menjadi salah satu penyebab maag kronis yang jarang disadari oleh kebanyakan orang. Bila dijelaskan secara sederhana, stres bisa memacu irama jantung lebih cepat, kemudian sirkulasi darah dan udara pada tubuh akan kacau yang akhirnya membuat penumpukan gas berlebih pada lambung. Oleh karenanya, kelola stres dengan baik sebelum terjadi hal yang merugikan kesehatanmu.

7. Terlalu Lelah

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
evzinbio.com

Jika kamu adalah seorang pekerja yang memiliki rutinitas tinggi, maka kamu harus banyak istirahat. Sebab, maag kronis juga bisa disebabkan oleh kondisi fisik yang terlalu lelah akibat aktivitas sehari-hari. Dengan kondisi tubuh yang melemah, maka penyakit akan mudah menyerang, apalagi penyakit itu menempel pada organ sensitif, seperti lambung.

8. Makan Terlalu Cepat

8 Penyebab Maag Kronis yang Sering Disepelekan
dancemagazine.com

Dan penyebab maag kronis lainnya adalah cara makan yang terlalu cepat. Perlu disadarai, ketika kamu makan terlalu cepat, maka makanan yang ditelan belum benar-benar halus. Akibatnya, lambung akan bekerja lebih keras daripada semestinya. Untuk itu, kunyahlah makanan sampai benar-benar halus sebelum menelannya.

Sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab maag kronis?

0 Komentar