8 Perlengkapan Makeup yang Pantang Dipinjamkan ke Teman, Bisa Fatal Akibatnya!

26 March 2019, at 13:00
0
0
8 Perlengkapan Makeup yang Pantang Dipinjamkan ke Teman, Bisa Fatal Akibatnya!

Saling meminjamkan alat makeup jadi hal yang lumrah bagi para wanita. Apalagi pada anggota keluarga atau sahabat dekat. Kamu sering melakukannya?

Kebiasaan ini terlihat sangat sepele memang. Tapi tahukah kamu, berbagi makeup bisa berisiko merusak kulit hingga jadi media penularan penyakit serius lho.

Cukup mengerikan bukan? Nah supaya kamu bisa menghindari risiko yang cukup fatal tersebut, kali ini Qupas sudah merangkum deretan alat makeup yang haram untuk dipinjamkan ke orang lain. Sebagai berikut!

1. Lipstik

bahaya meminjamkan lipstik
instagram.com/laneige_kr

Lipstik jadi alat makeup yang paling sering dipakai bersama karena keberadaannya memang tak sulit ditemukan dalam tas wanita. Bila kamu kerap melakukannya, baiknya hentikan kebiasaan ini dari sekarang.

Baik lipstik klasik atau lip cream, keduanya sama-sama akan bersentuhan langsung dengan bibir pemakainya. Akibatnya, bakteri bisa berpindah dengan cara ini.

Efek yang paling buruk pun pernah dialami wanita asal California. Ia didiagnosa terkena herpes oral karena sembarangan memakai lipstik yang digunakan sebagai tester di sebuah toko kosmetik ternama.

2. Eyeliner

bahaya meminjamkan eyeliner
instagram.com/sascofficial

Efek yang mengerikan juga bisa mengintai para wanita yang sering berbagi eyeliner. Karena patogen penyebab iritasi mengerikan juga bisa berpindah melalui makeup mata yang satu ini.

Biasanya, gejala yang muncul akan diawali seperti efek alergi kosmetik. Yakni, area kulit disekitar mata akan memerah dan membengkak.

3. Maskara

bahaya meminjamkan maskara
instagram.com/wardahbeauty

Tak berbeda jauh dengan eyeliner, kamu juga dilarang meminjamkan produk maskara terbaik andalanmu. Dikutip dari cnnindonesia.com, efek kebutaan bisa mengintai wanita yang sering berbagi maskara sembarangan.

Gejala yang muncul juga bisa diawali dengan area di sekitar mata berubah jadi memerah dan membengkak, seperti infeksi biasa.

Namun, warna mata kemudian juga akan ikut memerah dan membuat pengelihatan terganggu. Menyeramkan bukan?

4. Skincare dalam kemasan jar

bahaya berbagi skincare
stylecraze.com

Salah satu kekurangan skincare yang dikemas dalam jar adalah kurang higienis. Apalagi kalau mengambilnya tanpa bantuan spatula khusus, kandungan di dalamnya bisa-bisa terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari jari tangan.

Jadi bayangkan saja bila kamu berbagi skincare dengan temanmu. Maka akan semakin banyak bakteri yang terkumpul di dalam produk perawatan wajah andalanmu.

Bukannya makin mulus, kulitmu bisa jadi malah muncul komedo, jerawat, ataupun iritasi.

Baca juga: Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

5. Produk berbentuk stik

bahaya meminjamkan makeup berbentuk stick
instagram.com/aprilskin_korea

Skincare ataupun makeup dalam bentuk stik sedang digemari akhir-akhir ini. Karena memang praktis, mudah dibawa, diaplikasikan kapan saja, dan dimana saja.

Kamu pun juga dilarang meminjamkan foundation, concealer, contour, sunscreen, ataupun blush on stick terbaik milikmu ke orang lain. Sebab, bakteri dari wajah teman atau saudaramu bisa-bisa membuat kecantikan kulitmu terancam.

6. Aplikator makeup

bahaya meminjamkan aplikator makeup
instagram.com/minisoid

Supaya riasan bisa nempel di wajah dengan hasil yang sempurna, pastinya diperlukan aplikator makeup seperti brush dan beauty blender terbaik.

Namun sayangnya, aplikator makeup juga jadi tempat bakteri untuk berkembang biak. Apalagi bila penyimpanannya kurang diperhatikan.

Maka dari itu, jangan pernah meminjamkan aplikator makeup milikmu ke orang lain. Karena hal ini sama dengan berbagi lebih banyak bakteri yang akan berisiko menginfeksi kulit wajahmu.

7. Sisir

bahaya meminjamkan sisir
stylecraze.com

Sering dianggap sepele, meminjamkan sisir ternyata juga bisa mendatangkan malapetaka. Alat untuk merapikan rambut ini tentu saja akan bersentuhan langsung dengan kulit kepala.

Disinilah masalah bisa muncul. Ketombe, kutu, atau kondisi lain yang dimiliki pemakainya bisa saja berpindah ke rambutmu.

8. Alat cukur

bahaya meminjamkan alat cukur
gillettevenus.com

Alat cukur adalah benda pribadi yang tak seharusnya dipakai bersama dengan orang lain. Apalagi bahaya yang dibawanya juga cukup mengerikan.

Salah satunya bisa jadi media penyebaran hepatitis C. Hal ini sangat mungkin terjadi bila alat cukur yang melukai penderita hingga berdarah kemudian melakukan kontak denganmu.

Nah, itulah beberapa perlengkapan makeup yang tak seharusnya dipakai bersama orang lain karena bisa berakibat fatal. Biar lebih aman, mulai sekarang sebaiknya jangan meminjamkannya pada siapapun.

0 Comment