8 Perubahan Warna Kuku ini Bisa Ungkap Masalah Kesehatanmu

18 December 2018, at 11:30
2
0
8 Perubahan Warna Kuku ini Bisa Ungkap Masalah Kesehatanmu

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Kalau pun tidak, beberapa orang hanya memperhatikan keindahannya saja. Padahal, dari kuku kamu bisa melihat kesehatan seseorang.

Pertumbuhan kuku dapat menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan seseorang. Mungkin kamu belum tahu, kuku jari yang sehat pada umumnya tumbuh sekitar 3,5 mm per bulan. Hal ini juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi, penyakit, penuaan, obat-obatan dan trauma.

Begitu pula dengan perubahan warna pada kuku yang dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan seperti adanya infeksi atau penyakit yang lebih serius. Kamu harus tahu apa saja penyakit yang mungkin ditandai dengan warna kukumu. Apa saja?

1. Kuku Kuning

kuku kuning
sehatly.com

Pada umumnya, kuku yang berubah menjadi kuning menunjukkan bahwa kamu sedang terinfeksi jamur. Kondisi ini jika tidak segera ditangani akan memburuk.

Kuku kuning yang terkena jamur semakin lama akan menjadi hijau dan rapuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh penuaan.

Sering menggunakan cat kuku dan merokok juga dapat menyebabkan kuku menjadi kuning.

2. Kuku Putih

kuku putih
intisari.grid.id

Kuku dengan warna sangat putih dan terdapat garis-garis merah muda pada bagian atasnya juga merupakan salah satu indikasi bahwa kesehatanmu sedang terganggu. Kondisi ini menunjukkan bahwa kamu mengalami gagal jantung kongestif.

Akan tetapi, kuku putih juga bisa jadi disebabkan oleh penuaan.

3. Kuku Pucat

kuku pucat
shutterstock.com

Kuku pucat biasanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi atau asupan darah ke ujung-ujung jari. Dalam kasus yang parah hal ini bisa menyebabkan anemoa dan kekurangan zat besi dalam aliran darah.

Kondisi kuku pucat dengan dengan ujung berwarna kemerahan atau gelap ini juga dapat mengidentifikasi adanya masalah lain. Warna kuku seperti ini bisa jadi disebabkan oleh sirosis hati, gagal jantung, diabetes, hati, ginjal, reaksi kemoterapi, atau hipertiroidisme.

4. Kuku Biru Keunguan

kuku biru keunguan
linisehat.com

Penyebab kuku menjadi biru keunguan biasanya berkaitan dengan gangguan peredaran darah. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen dan adanya penyakit jantung bawaan.

Kendati demikian, tetap harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila kamu mengalami hal ini. Karena bisa jadi warna kuku biru keunguanmu disebabkan karena benturan atau trauma yang dialami oleh kuku.

5. Kuku Merah Tua

kuku merah tua
meramuda.com

Kamu pasti sering melihat warna kuku yang satu ini. Tetapi bukan karena menggunakan cat kuku ya yang dimaksud, melainkan kuku tanpa polesan yang berwarna seperti itu.

Kuku merah tua diidentikkan dengan seseorang yang rentan terkena penyakit jantung. Apabila kemerahan terlihat hingga ke ujung kuku maka bisa jadi kamu mengidap autoimun atau penyakit lupus.

Baca Juga: Muncul Garis Putih di Kuku, Pertanda Apakah Itu?

6. Kuku Abu-Abu

kuku abu-abu
orami.co.id

Kondisi kuku berwarna abu-abu biasanya merupakan indikasi bahwa kamu sedang mengonsumsi obat-obatan. Warna pada kuku ini bisa disebabkan karena obat anti-malaria dan minocylin.

Akan tetapi jika kuku berubah menjadi abu-abu ketika kamu tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah yang terjadi padamu.

7. Kuku Menghitam

kuku menghitam
runnersworld.com

Biasanya kuku menghitam disebabkan oleh pendarahan di kulit bawah kuku karena luka atau trauma. Akan tetapi, jika warna hitam tersebut ada di permukaan kuku, kamu harus segera periksa ke dokter.

Hal ini bisa jadi merupakan tanda dari melanoma, yakni kanker kulit yang mematikan. Biasanya penyakit ini hanya memperngaruhi satu kuku dan pigmentasinya dapat menyebar ke kulit jari disekitar kuku.

8. Kuku Kecoklatan

kuku kecoklatan
grid.id

Kuku kecoklatan bisa menjadi tanda dari gagal ginjal. Dokter menyebutkan bahwa gagal ginjal menyebabkan perubahan kimiawi dalam darah yang mendorong melanin dilepaskan ke kuku.

Kondisi ini juga terjadi pada penderita kanker yang menjalankan kemoterapi.

Nah, itu dia 8 kondisi warna kuku yang merupakan tanda adanya masalah pada kesehatan tubuhmu. Kamu harus tahu agar bisa mengidentifikasi kesehatanmu sendiri melalui warna kuku jari.

Bagaimana, apakah warna kukumu berubah atau tidak? Kamu harus waspada terhadap kesehatanmu.

Tetapi kamu juga harus tahu jika perubahan warna pada kuku tidak semuanya karena kamu mengidap penyakit. Warna kukumu juga bisa berubah kalau kamu keseringan mengecat kuku kok.

0 Comment