8 Potret Gunung Everest dengan Sampah yang Berserakan, Bikin Miris dan Ngenes!

18 February 2019, at 04:00
0
0
8 Potret Gunung Everest dengan Sampah yang Berserakan, Bikin Miris dan Ngenes!

Bisa jadi, semua pendaki memiliki impian untuk bisa menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest. Apalagi dengan berbagai jalur pendakiannya yang penuh liku dan berbahaya yang semakin menantang para pendaki.

Puncak gunung yang memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, nggak heran kalau Gunung Everest disebut oleh orang-orang Tibet sebagai Chomolungma atau yang berarti Mother Goddess of the Universe.

Walau ada banyak berita mengenai banyaknya pendaki yang tewas saat mendaki gunung Everest, tetap tidak dapat menyurutkan nyali para pendaki lainnya untuk bisa menaklukkannya.

Namun sayang seribu sayang, kini Gunung Everest yang memiliki gundukan salju putih yang indah dikotori dengan sampah-sampah para pendaki yang berserakan kesana kemari.

Baca juga : Cinta Kebersihan, Warga Jepang Sampai Bereskan Sampah di 3 Negara ini

Lebih parahnya lagi, Pemerintah China sampai melakukan penutupan di salah satu base camp. Waduh, kok bisa begitu ya. Berikut potret Gunung Everest yang bikin hati miris teriris.

1. Miris Banget Karena Gunung Everest kini Banyak Sampah

gunung everest banyak sampah
news.vice.com

Saking banyaknya pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Everest, membuat semakin banyaknya sampah yang dibawa oleh para pendaki gunung. Salju putih yang menyelimuti pun berubah menjadi warna-warni sampah.

2. Jumlah Sampah hingga 8,4 ton

sampah di gunung everest hingga 8,4 ton
gettyimages.com

Sudah ada sebanyak 8,4 ton sampah yang berhasil dikumpulkan oleh para petugas. Namun, yang tersisa di atas sana masih sangat banyak.

3. Rata-Rata Sampahnya adalah Tenda dan Kebutuhan Pendakian lainnya

bersih-bersih di gunung everest
dailymail.co.uk

Sampah berasal dari sisa pendakian, mulai dari tenda, tabung kompor gas, hingga kotoran manusia. Waduh, kok bisa sampai ditinggalkan begitu sih?

4. Kini Pemerintah China melakukan Pembersihan secara Besar-Besaran

pemerintah cina melakukan pembersihan
gripped.com

Akibat ulah para pendaki yang enggan membawa kembali sampah bawaannya, pemerintah China pun memutuskan untuk menutup salah satu base camp menuju Puncak Gunung Everest karena sedang melakukan pembersihan secara besar-besaran.

5. Hanya ada 300 Pendaki yang Diperbolehkan Naik ke Puncak

hanya ada 300 pendaki yang boleh mendaki
livescience.com

Karena adanya pembersihan secara besar-besaran oleh Pemerintah China, hanya ada 300 pendaki saja yang tetap diperbolehkan naik ke Puncak Gunung Everest.

6. Ada 40.000 Pendaki yang Istirahat di Base Campe tersebut

pendakian di gunung everest
myrepublica.nagariknetwork.com

Selama 2015 yang lalu, sudah ada empat puluh ribu pendaki yang istirahat di base camp tersebut. Untuk mengantisipasi adanya tumpukan sampah yang semakin banyak, akan diberlakukan aturan.

Yakni para pendaki wajib membawa turun sampah minimal 8kg. Jika tidak, bisa kena denda.

7. Masih Belum Diketahi sampai Kapan Base Camp akan Ditutup

daki gunung
chinadaily.com

Masih belum diketahui sampai kapan base camp untuk menuju ke puncak gunung Everest akan ditutup. Yang pasti saat ini Pemerintah China masih mengupayakan sekuat tenaga untuk membersihkan gunung tertinggi di dunia tersebut.

8. Total 15 Ton dari Jumlah Sampah 40 Ton yang Baru Berhasil Dibawah Turun

sampah di gunung everest
bbc.com

Bukan hanya sampah bawaan para pendaki saja, tapi juga ada tubuh para pendaki yang sudah tewas yang ditinggalkan begitu saja di sekitar base camp. Hal itu karena, curamnya trek pendakian yang menyulitkan para pendaki untuk membawa jasad pendaki yang telah tiada.

Baca juga : Viral! Motor dengan Harga 322 Juta Dibuang Begitu saja di Tempat Sampah. Ini Penjelasannya

Seharusnya kita sebagai manusia harus mencintai alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, termasuk saat melakukan pendakian di gunung.

Kalau nantinya gunung dengan hamparan salju putih yang indah, digantikan dengan warna warni sampah tentu nggak mau dong ya?

Yuk, mulai cintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Topics:

0 Comment