8 Resep Semur Daging Sapi yang Gampang dan Pasti Jadi

24 August 2018, at 02:58
0
0
8 Resep Semur Daging Sapi yang Gampang dan Pasti Jadi

Salah satu olahan daging sapi yang banyak dipilih karena cara membuatnya cukup mudah adalah semur daging. Berbeda dari olahan daging berkuah pada umumnya, kuah pada semur terbilang lebih light. Kendati demikian, kamu masih bisa menikmati gurinya kaldu dari daging sapi yang tercampurkan.

Tidak hanya itu saja, semur daging juga dikombinasikan dengan beberapa bahan makanan seperti tahu, suun hingga sayuran yang menjadikan masakan satu ini semakin menyegarkan. Kali ini Qupas akan memberikan delapan resep semur daging sapi yang mudah untuk dibuat. Apa saja sih resep semur daging sapi yang mudah, pasti jadi dan tentu saja memiliki cita rasa yang lezat?

Baca juga: 10 Camilan Penurun Kolesterol Setelah Pesta Daging Saat Idul Adha

1. Resep Semur Daging Original

semur daging original
elevenia.co.id

Kamu yang tidak ingin menambahkan bahan makanan lain pada semur daging, tidak ada salahnya untuk menjajal mempraktikkan resep semur daging original berikut. Jangan lupa pula untuk menyiapkan sejumlah bahan-bahannya, antara lain:
- 250 gram daging sapi yang sudah direbus
- 1 batang sereh, pukul hingga pipih
- 3 lembar daun jeruk nipis
- kecap, secukupnya
- air, secukupnya
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 1 butir pala
- 1 buah cabai merah besar
- merica bubuk, secukupnya
- 1 ruas lengkuas, pukul hingga pipih
- garam, secukupnya
- gula, secukupnya

semur daging original
instagram.com/sajiansedap/

Cara membuat resep semur daging original ini diawali dengan mengiris daging sapi yang telah direbus. Kemudian pukul setiap irisan daging sapi hingga teksturnya menjadi lebih lembut. Namun, jangan terlalu keras agar tekstur daging tidak hancur. Selanjutnya, kamu bisa memulai untuk menumis bawang putih, bawang merah, kemiri, pala dan cabai besar yang sudah diblender hingga halus.

Tumis hingga harum dan masukkan sereh, merica, daun jeruk dan kecap secukupnya. Aduk merata. Jangan lupa pula untuk menambahkan daging dan air untuk kuah. Biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tambahkan gula atau garam sesuai selera.

2. Resep Semur Daging Tahu

semur daging tahu
masakapaya.com

Selain diisi dengan daging sapi, ternyata resep semur daging juga bisa dikombinasikan dengan tambahan tahu. Kamu dapat menggunakan tahu putih atau tahu kuning, sesuai selera. Bahan-bahan yang harus disiapkan pun hampir sama dengan resep semur daging original.
- 250 gram daging sapi, potong dadu
- 250 gram tulang sapi, untuk kaldu
- 7 cm jahe, pukul hingga pipih
- 7 siung bawang merah, haluskan
- 15 biji cengkeh
- 3 buah bunga lawang
- 7 buah tahu putih/kuning, potong dadu
- 100 gram cabai rawit
- 2 buah bawang bombay, iris tipis
- 9 siung bawang putih, haluskan
- 11 siung bawang merah, haluskan
- 1 cup air perasan jeruk kalamansi (Jeruk kalamansi memiliki bentuk dan ukuran yang menyerupai jeruk nipis. Sayangnya, daging buah jeruk kalamansi berwarna kuning)
- 7 lembar daun jeruk
- 2 bungkus penyedap rasa sapi
- 1 pouch kecil kecap manis
- garam, secukupnya
- gula, secukupnya

semur tahu daging
www.dapurumami.com

Resep semur daging tahu ini diawali dengan merebus daging sapi, tulang serta beberapa bumbu. Bumbu yang harus dimasukkan pada air rebusan kali ini adalah jahe, 7 siung bawang merah, cengkeh dan bunga lawang. Rebus daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk dan harum. Setelah iu, tiriskan daging. Selanjutnya siapkan wajan anti lengket dan panaskan minyak untuk menumis.

Masukkan bawang putih, merah, bombay hingga harum. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan air perasan jeruk, daun jeruk, penyedap rasa dan kecap manis. Aduk hingga semuanya tercampur merata dan masukkan daging sapi dan air secukupnya. Tunggu hingga matang, barulah tambahkan potongan tahu dan kecilkan api. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam.

3. Resep Semur Bakso Daging

semur bakso daging
instagram.com/nonyadaulika

Jika kamu bosan dengan irisan daging yang begitu saja, olahlah daging sapi tersebut menjadi bakso sapi. Maka dari itu,  siapkan sejumlah bahan untuk bakso dan kuah semur, seperti:
- 250 gram daging sapi, potong kecil-kecil
- 3 sdm makan tepung kanji/tapioka
- 1 cup es batu berukuran kecil-kecil
- 2 siung bawang putih
- garam, secukupnya
- 1 butir putih telur
- 1 bungkus penyedap rasa sapi
- 1 sdm merica bubuk
- 1 sdt baking powder
- 1 batang sereh, pukul hingga pipih
- 3 lembar daun jeruk nipis
- kecap, secukupnya
- air, secukupnya
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 1 butir pala
- 1 buah cabai merah besar
- merica bubuk, secukupnya
- 1 ruas lengkuas, pukul hingga pipih
- garam, secukupnya
- gula, secukupnya

semur bakso daging
nstagram.com/opibun/

Pertama-tama, kamu akan membuat bakso daging sapi terlebih dahulu. Masukkan daging sapi di dalam freezer dan tunggu hingga setengah mengeras. Selanjutnya, giling daging menggunakan meat grinder atau blender. Pada proses penggilingan, masukkan es batu dan haluskan hingga keduanya tercampur secara merata. Jika daging sudah halus, masukkan bawang putih yang telah digoreng, garam, putih telur, penyedap rasa, merica bubuk, tepung kanji/tapioka dan baking powder.

Campurkan hingga halus. Selanjutnya, keluarkan daging dan uleni adonan tersebut hingga kalis. Setelah adonan dirasa kalis, bentuklah adonan daging berbentuk bulat dan langsung masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Lakukan cara tersebut hingga adonan daging habis dan tunggu bakso sapi mengapung. Selanjutnya siapkan wajan anti lengket, panaskan minyak dan tumis beberapa bumbu yang sudah dihaluskan.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan antara lain: bawang putih, bawang merah, kemiri, pala dan cabai besar. Kemudian hingga harum dan masukkan sereh, merica, daun jeruk dan kecap secukupnya. Aduk merata. Jangan lupa pula untuk menambahkan bakso yang sudah matang dan air rebusan daging sebagai kuahnya. Biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tambahkan gula atau garam sesuai selera.

4. Resep Semur Daging Pedas

resepkuekeringku.com

Masyarakat Indonesia termasuk sebagian dari kamu termasuk orang yang menyantap masakan pedas? Tenang, resep semur daging berikut dapat memenuhi hasrat yang begitu menggemari makanan pedas. Kendati demikian, tentu saja masakan satu ini terasa lebih nikmat karena berisikan potongan daging kurban yang baru didapat. Nah, agar tidak terlalu lama menunggu akan lebih baik untuk menyiapkan sejumlah bahan, seperti:
- 350 gram daging sapi, potong dadu dan rebus setengah matang
- 1 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- air secukupnya
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- 4 buah cabai rawit
- 1 butir pala
- 2 buah cabai merah besar
- 1 sdt jinten
- merica bubuk, secukupnya
- kecap manis, secukupnya
- garam secukupnya

semur daging sapi pedas
resepkoki.id

Langkah pertama adalah dengan memasukkan daging, daun jeruk, daun salam dan sedikit air. Gunakan api kecil dan tunggu daging menjadi lebih empuk. Ambillah wajan lainnya dan tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, pala, cabai merah besar, jinten dan merica yang sudah dihaluskan sebelumnya. Jangan lupa menambahkan kecap manis.

Aduk hingga merata dan harum. Masukkan daging yang telah direbus dan air rebusan daging sebagai kuah. Gunakan api sedang dan tutup wajan hingga mendidih. Matikan api dan tambahkan sedikit garam/gula. 

Baca juga: 5 Roti Maryam Surabaya yang Hits dan Enak dari Topping Meses hingga Gule Kambing

5. Resep Semur Daging Ala Betawi

semur daging betawi
instagram.com/elizasetiawan/

Berbeda dari semur daging biasanya, resep semur daging ala Betawi rupanya memiliki kuah yang kental. Bisa dibilang jika kuah pada semur daging ala Betawi ini berbentuk seperti saus kental saja. Kendati demikian, kamu juga harus menyediakan sejumlah bahan-bahan yang hampir serupa dengan resep semur daging lainnya, yaitu:
- 350 gram daging sapi, potong tipis/dadu
- 100 gram kentang, potong dadu
- 1 buah sereh, pipihkan
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 1 buah bunga lawang
- 2 sdm kayu manis bubuk
- 1 buah kapulaga, haluskan
- 1/2 sdt jintan bubuk
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 3 butir kemiri, haluskan
- 1 buah pala, haluskan
- 1 ruas jahe, haluskan
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 6 siung bawang merah, haluskan
- kecap manis, secukupya

semur daging betawi
instagram.com/sajiansedap/

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merebus daging menggunakan sejumlah bumbu. Bumbu yang harus dicampurkan saat merebus daging antara lain: sereh, lengkuas, bunga lawang, kayu manis dan kapulaga. Rebus hingga daging menjadi lebih empuk. Setelah itu, siapkan wajan dan tumis sejumlah bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, pala, merica dan kemiri hingga mengeluarkan bau harum.

Masukkan potongan daging, kentang dan kecap. Aduk hingga merata dan tambahkan air rebusan daging, biarkan hingga volume air berkurang. Setelah volume air menyusut, matikan api dan tambahkan garam/gula secukupnya. 

6. Resep Semur Daging Kentang

semur kentang daging
masakapaya.com/

Kamu yang doyan menyantap kentang juga dapat mengombinasikan daging sapi dengan kentang. Akan lebih baik jika pada semur daging kentang, sobat memberikan kuah yang cukup banyak agar masakan satu ini tetap memberikan sensasi yang menyegarkan. Berikut sejumlah bahan yang harus dipersiapkan. 
- 350 gram daging sapi, potong dadu dan rebus setengah matang
- 1 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- air secukupnya
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- 4 buah cabai rawit
- 1 butir pala
- 2 buah cabai merah besar
- 1 sdt jinten
- merica bubuk, secukupnya
- kecap manis, secukupnya
- garam secukupnya
- 100 gram kentang, potong dadu

semur daging kentang
picbear.online/lalachanskitchen

Langkah pertama adalah dengan memasukkan daging, daun jeruk, daun salam dan sedikit air. Gunakan api kecil dan tunggu daging menjadi lebih empuk. Ambillah wajan lainnya dan tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, pala, cabai merah besar, jinten dan merica yang sudah dihaluskan sebelumnya. Jangan lupa menambahkan kecap manis.

Aduk hingga merata dan harum. Masukkan daging yang telah direbus dan air rebusan daging sebagai kuah. Tambahkan pula potongan kentang. Gunakan api sedang dan tutup wajan hingga matang. Matikan api dan tambahkan sedikit garam/gula.

7. Resep Semur Daging Suun

semur daging suun
baca.co.id

Sajian semur daging yang manis dan menyegarkan memang paling nikmat disantap sebagi menu utama. Bagi kamu yang tidak ingin menyantap semur daging bersama dengan nasi atau kentang, dapat menyiasatinya dengan menggunakan mi suun. Mi yang terbuat dari pati kacang hijau ini akan memberikan kenikmatan tersendiri jika disantap dengan semur daging berkuah segar. Nah, berikut sejumlah bahan yang harus disiapkan.
- 250 gram daging sapi yang sudah direbus
- 1 batang sereh, pukul hingga pipih
- 3 lembar daun jeruk nipis
- kecap, secukupnya
- air, secukupnya
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 1 butir pala
- 1 buah cabai merah besar
- merica bubuk, secukupnya
- 1 ruas lengkuas, pukul hingga pipih
- garam, secukupnya
- gula, secukupnya
- 50 gram suun, siram dengan air mendidih

semur suun daging
mindtalk.com

Cara membuat resep semur daging original ini diawali dengan mengiris daging sapi yang telah direbus. Kemudian pukul setiap irisan daging sapi hingga teksturnya menjadi lebih lembut. Namun, jangan terlalu keras agar tekstur daging tidak hancur. Selanjutnya, kamu bisa memulai untuk menumis bawang putih, bawang merah, kemiri, pala dan cabai besar yang sudah diblender hingga halus.

Tumis hingga harum dan masukkan sereh, merica, daun jeruk dan kecap secukupnya. Aduk merata. Jangan lupa pula untuk menambahkan daging dan air untuk kuah. Biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan tambahkan gula atau garam sesuai selera. 

Selanjutnya, masukkan suun yang sudah matang pada sebuah mangkuk. Siram suun tersebut dengan kuah semur daging terlebih dahulu. Baru tambahkan isian pada semur. Sobat Qupas dapat menambahkan sedikit bawang goreng sebagai taburan untuk menambahkan rasa gurih pada menu satu ini. Atau bisa menambahkan sedikit sambal segar.

8. Resep Semur Daging Tomat

semur daging tomat
bukalapak.com

Semur daging yang identik dengan rasa manis dan gurih ternyata juga dapat dimodifikasi dengan menambahkan tomat di dalamnya. Variasi resep semur daging ini pun ternyatamemiliki tekstur kuah yang lebih kental. Bagi kamu yang penasaran dengan resepnya, catat beberapa bahan berikut:
- 250 gram daging sapi, iris sesuai selera
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 5 siung bawang merah, haluskan
- 3 ruas jahe, haluskan
- 10 cabai merah besar, haluskan
- 2 butir kemiri, sangrai dan haluskan
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 2 batang sereh, pipihkan
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 3 sdm kecap manis
- 3 buah tomat, potong menjadi 8 bagian
- 2 sdm saus sambal
- 3 sdm saus tomat
- 1/2 cup gula merah, haluskan
- gula, secukupnya
- garam, secukupnya. 

resep semur daging tomat
primarasa.co.id

Hal pertama yang harus  dilakukan adalah merebus daging. Seperti resep semur daging pada umumnya, masukkan daging bersama dengan bumbu seperti daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Rebus hingga daging menjadi empuk. Selanjutnya, siapkan minyak untuk menumis bawang putih, bawang merah, jahe, cabai merah, dan kemiri hingga harum.

Setelah itu, ambil rebusan daging dan aduk hingga merata. Tambahkan kecap, saus tomat, saus sambal dan gula merah. Aduk hingga merata sebelum menambahkan air rebusan daging secukupnya. Masukkan pula irisan tomat dan tutup wajan hingga volume air menyusut.Jika sudah demikian, matikan api dan taburi dengan garam/gula sesuai selera.

Beberapa resep semur daging sapi di atas dapat dijadikan referensi untuk mengolah daging kurban yang didapat. Apalagi resep semur daging sapi di atas cukup beragam sehingga memudahkanmu dalam memilih resep yang sesuai dengan selera masing-masing. Jangan lupa untuk menyediakan nasi hangat atau mi suun sebagai pelengkap.

0 Comment