8 Restoran di Jakarta yang Jawa Banget, Soal Rasa Jelas Paling Enak

31 December 2018, pada 12:00
1
0
8 Restoran di Jakarta yang Jawa Banget, Soal Rasa Jelas Paling Enak

Kalau lagi gajian seperti sekarang ini, yang jadi pegawai perantauan pasti rindu dengan kampung halaman. Kangen sama suasana rumah beserta orang-orangnya dan juga sama masakannya. Wah, homesick seketika akan datang menghampiri.

Kebetulan, kalau kamu anak perantauan dari Jawa yang sekarang menetap di Jakarta Timur bisa dateng ke tempat makan ini. Ada banyak menu Jawa yang enak dan tak tergantikan, bikin rasa kangenmu puas terbalaskan.

1. Gula Merah

Gula Merah Jakarta
instagram.com/laurents_sie

Restoran Jawa di Jakarta Timur ini memiliki segudang menu makan Jawa yang enak. Dengan aneka menu itu citarasa yang disajikan pun masih masa seperti asalnya.

Nasi Urap dan Nasi Empal yang bisa dinikmati dan nggak boleh dilewatkan begitu saja. Kalau di nasi Urap ada sayuran dengan bumbu kelapa. Nasi empal ada daging yang super lembut dengan kuah kecap manis.

Masakan ala Jawa banget yang bisa menggoyang lidah para pengunjug. Apalagi sajian khas beralaskan daun pisang jadi makin menggoda deh aromanya.

Berlokasi di : Bintaro Jaya Xchange Mall CBD, Lantai Upper Ground

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

2. Warung Gudeg Yogya Bu Darmo

warung gudeg yogya bu darmo jakarta
instagram.com/alexsancaya

Anak Jogja mana suaranya? Kangen makan masakan Jawa yang manis-manis ya. Tenang ada Gudeg Bu Darmo yang punya menu nggak terlalu manis. Tapi juga citarasa Jogjanya nggak luntur begitu saja.

Sepiring gudeg ada penuh lauk pauk seperti tahu kuah santan, empal, telur, dan ayam kuning. Disajikan diatas nasi putih yang hangat. Nggak lupa juga kamu bisa minta kremesan ayam juga. Enak kan?

Harganya hanya dua puluh ribu rupiah saja. Masih dapat es teh manis lagi. Murah kan?

Berlokasi di : Jalan Mataram Raya No.62, Manggis, Jakarta Timur

Buka dari : 06:00-18:00 WIB

3. Omah Sendok

Omah Sendok Jakarta
instagram.com/omahsendok

Anak perantauan Jawa yang lagi tinggal di daerah Senopati wajib mampir ke sini deh. Dari pintu awal masuk saja bakal terasa sentuhan khas Jawa dengan interior kayu dimana-mana. Ukiran diatas jendela yang makin melambangkan Jawa.

Biasanya restoran di Jakarta ini memang tempatnya yang luas untuk acara penting seperti pernikahan, pertunangan, atau reunian. Disamping itu juga karena masakan Jawanya yang enak dan banyak.

Nasi pecel, urapan, dan selat solo. Jangan sampai terlewat untuk dicicipi ya. harganya mulai dari tiga puluh ribu rupiah per porsi.

Berlokasi di : Jalan Taman MPU Sendok No.45, Senopati

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

4. Dapur Solo

Dapur Solo
instagram.com/henjiwong

Dari namanya saja sudah ketahuan masakan Jawa yang menjadi andalan dari tempat makan di Jakarta ini. Benar saja, ada sederet menu seperti comro, serabi solo, bubur jawa hingga nasi langgi ditawarkan di sini.

Masalah harga hanya sekitar tujuh belas ribu sudah kenyang. Kalau minumannya jelas nggak lepas dari sajian hangat jahe yang nikmat.

Sepaket menu makan dan minuman lengkap ala Jawa banget. Kalau malas untuk pergi ke restonya bisa pesan antar juga loh. Tinggal pesan, bayar, lalu makan deh.

Berlokasi di : Jalan Matraman Raya No.18, Manggis

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

Baca juga: Dapur Solo dan 7 Restoran lain dengan Menu Nusantara Harga Murah

5. Mbah Jingkrak

Mbah Jingkrang Jakarta
instagram.com/trixie_yohari

Wah, kalau yang ini menyediakan menu makanan Jawa yang biasanya banyak ditemui di warung pinggir jalan. Murah meriah dengan segala bumbu masakan rahasia yang terjaga.

Ada menu tempe mendoan, sambel krecek, sambel terong, dan kuah lodeh. Waduh bisa kenyang banget deh kalau gini ini. Ada juga menu ayam rambut setan yang bikin Jingkrak atau lompat-lompat karena kepedasan rasanya.

Soal harga tenang saja, kaki lima banget. Bisa nih jadi tempat makan di Jakarta bareng teman-temanmu. Biar makin erat tali persahabatannya dengan mencicipi berbagai menu Jawa yang mumer deh.

Berlokasi di : Jalan Setiabudi Tengah No.11, Setiabudi

Buka dari : 10:00-23:00 WIB

6. Pecel Pincuk Bu Ida

Pecel Pincuk Bu Ida Jakarta
instagram.com/nanakoot_culinary

Cobain deh pecel pincuk dengan peyek kacang, telur asin, dadar jagung, dan urapan. Harganya cuman sekitar dua belas ribu rupiah saja.

Ada juga menu yang lainnya seperti ketan, gorengan, tempe gembus, dan tahu petis. Semua dijual dengan harga mulai tiga ribu hingga sepuluh ribu rupiah saja. Apalagi semuanya dihidangkan hangat dari penggorengan.

Kalau mau mencoba minuman lebih baik pilih STMJ yang akan menghangatkan tenggorokan dengan harga dua puluh ribu. Wah murah meriah banget nih. Bisa juga mengajak teman asli Jakarta yang jarang makan masakan asli Jawa.

Berlokasi di : Pasar Modeon Bintaro, Pondok Aren

Buka dari : 10:00-20:00 WIB

7. Selera Meneer

selera meneer jakarta
instagram.com/selerameneer

Kalau segala masakan yang disajikan oleh restoran di Jakarta ini, sudah jangan diragukan lagi. Percaya saja sama Meneer yang juga menjadi nama dari tempat makan tersebut.

Banyak menu klasik Jawa seperti selat solo, nasi langi, dan bistik ayam. Lengkap deh berasa lagi makan di keraton. Apalagi dengan sajian yang mewah.

Siapa yang nggak mau coba? Bisa cus ke restoran Jawa yang satu ini yang interiornya mewah!

Berlokasi di : Jalan KH. Ahmad Dahlan No.30, Gandaria

Buka dari : 07:00-21:00 WIB

8. Sop Ayam Pak Min Klaten

sop ayam pak min klater
instagram.com/effy_fd

Kuah sup dengan isi ceker ayam, ditambah lagi isian bawang goreng dan irisan daun bawang. Ada kuah kaldu ayam dengan rempah-rempah yang nendang di lidah. Kuahnya hangat disajikan semangkuk penuh.

Menunya ada tiga belas menu sup kuah yang akan menghangatkan tenggorokan. Tapi yang paling terkenal nasi sup ceker yang bisa dinikmati cuman tiga belas ribu rupiah. Akan mendapatkan semangkuk penuh ceker.

Pecinta masakan Klaten bisa merapat langsung deh ke tempat makan di Jakarta yang menawarkan menu Jawa poll.

Berlokasi di : Jalan Matraman Raya No.76, Manggis, Jakarta Timur

Buka dari : 08:00-21:00 WIB

Tempat makan di Jakarta ini memang punya menu khas Jawa yang bikin pengunjungnya melepas rasa kangen dengan segala suasana di Jawa bagian tengah.

Harganya pun murah meriah yang nggak bikin kantong bolong. Bisa banget buat dijadikan rekomendasi makan bareng teman sesama perantauan.

0 Komentar