8 Tempat Makan di Banyuwangi untuk Mengisi Perut Sebelum ke Bali

08 January 2019, at 12:00
0
0
8 Tempat Makan di Banyuwangi untuk Mengisi Perut Sebelum ke Bali

Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata alam memukau dan tak terlupakan. Ada Kawah Ijen yang menjadi destinasi liburan ramai dan menjadi daya tarik di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini.

Eits, tapi nggak hanya itu saja loh. Ternyata Kota Bahari ini juga menyimpan banyak kuliner lezat yang tak boleh terlewatkan.

Berikut delapan tempat makan di Banyuwangi yang bisa untuk pengisi perut dikala melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Dewata. Siap-siap ambil buku catatan ya!

1. Pecel Pitik

pecel pitik khas banyuwangi
instagram.com/sandraasilvera

Di Banyuwangi ada satu desa yang memiliki kekayaan budaya tradisionalnya yang kental. Hidangan pecel pitik biasanya hanya dihidangkan saat ada acara adat.

Masakan yang berbahan dasar ayam kampung dengan bumbu kelapa parut halus dan pedas ini memang disajikan dengan semangkuk nasi putih yang hangat. Harganya pun hanya dibanderol sebesar lima belas ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Desa Kemiren, Banyuwangi

Buka dari : 08:00-Habis

2. Rujak Soto

rujak soto kuliner khas banyuwangi
instagram.com/kulinerbanyuwangi.id

Rujak Soto juga menjadi sajian khas yang wajib kamu coba selagi berada di Banyuwangi. Apalagi dengan perpaduan menu masakan rujak dan soto dalam satu piring.

Isiannya tidak jauh berbeda, sayur dan buah rujak yang kemudian disiram dengan kuah soto dan irisan daging sapi. Tentu rasa kaldu daging sapinya terasa hingga ke lidah. Harganya cuma dua puluh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Warung Mbok Mbret, Jalan Raya Jember No.72, Banyuwangi

Buka dari : 08:00-16:00 WIB

3. Pecel Rawon

ilustrasi pecel rawon di banyuwangi
instagram.com/kulinergresik

Pecel rawon juga bisa menjadi kuliner enak yang wajib dicicipi saat berada di Banyuwangi. Satu sajian penuh dengan lauk yang melimpah.

Apalagi dengan nasi rawon empal atau nasi rawon buntut goreng yang enak dan khas. Kuliner Banyuwangi yang satu ini bisa dipesan dengan harga mulai dari dua puluh lima ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Joyoboyo No.18, Kaliputo, Banyuwangi

Buka dari : 05:30-17:30 WIB

4. Lodeh Koro Pedas

lodeh koro pedas
ita-thediffusionofexperience.blogspot.com

Lodeh merupakan masakan khas Banyuwangi dengan kuah santan yang pedas dan gurih. Dicampur dengan sayuran koro, tempe dan tahu goreng. Tentu akan menambah kelezatan.

Agar semakin lengkap kelezatan di setiap menu masakannya, bisa ditambahkan juga ayam rebus dan daging sapi. Satu piring menu lodeh koro pedas, tentu akan menggoyang lidahmu.

Berlokasi di : Jalan Raya Wongsorejo, Banyuwangi

Buka dari : 24 jam

Baca juga : Pilihan Kuliner Banyuwangi untuk Dicoba pas Liburan Nanti

5. Sego Tempong Mbak Wah



Sego Tempong Mbak Wah
instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Sego Tempong menjadi kuliner Banyuwangi yang selanjutnya. Memiliki cita rasa sambal yang pedasnya menggigit lidah. Untuk sajian sayurnya, ada sayur kelor yang segar dimakan dengan satu dendok sambal merah.

Dan lagi untuk ikannya, bisa memilih ikan goreng atau ikan teri yang nantinya bisa dicampur dengan sambal merah. Harganya cuman dua belas ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Yos Sudarso (Dekat Hotel Illira), Banyuwangi

Buka dari : 06:00-habis

6. Mi Kuah Warung Kepiting

mi kuah warung kepiting banyuwangi
instagram.com/alfian.galang

Mi Kuah Warung Kepiting, bisa jadi kuliner enak bagi para pecinta menu seafood yang sedap. Kuah dari satu porsi menu mi-nya diracik dengan rempah-rempah khusus.

Nggak heran deh, kalau makan satu sendok kuah mi sudah bisa bikin ketagihan. Cita rasa kepiting juga ada dalam kuah yang juga diberi potongan sayur-sayuran.

Berlokasi di : Jalan Kepiting No.29B, Banyuwangi

Buka dari : 11:00-23:00 WIB

7. Sego Cawuk

sego cawuk banyuwangi
instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Masih dengan sajian nasi yang mengenyangkan, tempat makan di Banyuwangi yang satu ini juga tak boleh terlewat. Nasi dengan kuah dan parutan kelapa, membuat segar tenggorokan di siang hari.

Bisa juga tambah menu lainnya seperti dendeng dan telur dalam satu porsi sego cawuk. Tenang harganya paling murah cuma enam ribu rupiah saja. Gimana ingin mencobanya?

Berlokasi di : Jalan Wahid Hasyim (500m dari Stasiun Rogojampi)

Buka dari : 08:00-habis

8. Ayam Pedas Rantinem Genteng

ayam pedas rantinem genteng
instagram.com/ayampedas.rantinem

Menu ayam pedas yang ada di restoran ini dijamin deh bikin kamu ingin nambah nasi terus menerus. Apalagi kalau kamu senang dengan menu masakan pedas.

Bumbu kuah santan dan lalapan yang pas dihidangkan dengan sepiring menu tersebut yang khas dengan bumbu rempah genap. Bikin semua orang rasanya ingin balik lagi.

Berlokasi di : Dusun Krajan, Genteng, Banyuwangi

Buka dari : 16:00-03:00 WIB

Delapan tempat makan di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan. Sudah dicatat dalam perjalanan liburanmu? Jangan sampai ada yang terlewat ya. Nanti bisa menyesal!

0 Comment