8 Tiket Kapal Laut Murah Untuk Liburan Hemat

02 September 2018, at 08:00
0
0
8 Tiket Kapal Laut Murah Untuk Liburan Hemat

Kapan laut menjadi salah satu alat transportasi pilihan jika kamu nggak bisa menggunakan jalur darat untuk mengunjungi suatu wilayah. Tiket kapal laut pun bisa lebih murah dibandingkan saat kamu menggunakan jalur udara.  Selain bisa menikmati suasana hamparan lautan, tentu kamu bisa lebih hemat.

Sahabat Qupas, berikut ini ada beberapa informasi terkait tiket kapal laut murah yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk menuju lokasi wisata favorit di Indonesia. Jadi, kamu bisa memperkirakan berapa total biaya yang  harus kamu persiapkan untuk berlibur. Penasaran? Yuk, simak beberapa informasi berikut ini.

Baca juga: Kamu Mau Beli Tiket Pesawat Murah? Belilah di Hari-Hari Ini

1. Surabaya - Lombok

kapal laut kmp legundi
youtube.com/user/ryo95id

Kekayaan alam Lombok yang luar biasa membuat pulau ini digandrungi oleh para wisatawan. Mulai dari Lingkoq Datu, Pantai Penyisok, Bukit Pergasingan, Pantai Setangi, sampai Kepulauan Gili ada di sini. Siapa sih yang nggak pengen dimanjakan dengan keindahan berbagai wisata di Lombok?

Untuk berkunjung ke Lombok, ada dua jalur yang bisa kamu tempuh untuk mencapai lokasi ini, yakni jalur udara dan laut. Keduanya pun memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, termasuk soal biaya hingga estimasi waktu perjalanan. Jalur udara memang akan membuatmu lebih cepat sampai, namun harga tiketnya lebih mahal. Untuk itu, jalur laut bisa jadi pilihan. 

pantai setangi lombok
instagram.com/fanobrott

Kamu bisa menggunakan kapal feri KMP Legundi yang diberangkatkan dari Surabaya agar bisa sampai ke pulau dengan sejuta pesona ini. Selama 20 jam perjalanan, kamu akan menikmati sensasi berada di atas alat transportasi ini sambil menikmati hamparan laut. Pas banget untuk digunakan orang-orang yang nggak mabuk laut.

KMP Legundi untuk jalur Surabaya - Lombok melayani pelayanan setiap hari Selasa dan Sabtu saja dengan jam keberangkatan pukul 14.00 WIB. Sementara untuk penyebeerangan Lombok -  Surabaya, jadwal keberangkatannya setiap hari Senin dan Kamis pukul 09.00 WITA. Jadi, jangan sampai salah jadwal jika kamu ingin menggunakan jasa ini, ya!

Tarif yang dikenakan untuk dewasa adalah Rp 87 ribu dan anak-anak Rp 62 ribu dari arah Surabaya - Lombok. Sebaliknya, dari Lombok - Surabaya, kamu cukup sediakan budget Rp 80 ribuan bagi penumpang dewasa dan Rp 55 ribuan untuk anak-anak. Murah banget, kan?

Tapi, kalau kamu bawa kendaraan pribadi, seperti sepeda, motor maupun mobil, biayanya tentu akan bertambah. Bahkan, bisa sampai jutaan rupiah kalau kamu membawa mobil. Jadi, lebih baik nggak usah bwa kendaraan supaya bisa lebih hemat. Cocok banget untuk para backpacker.

2. Surabaya - Makassar

kapal gunung dempo
jadwalkapalpelnino1.blogspot.com

Makassar juga menjadi salah satu destinasi wisata para turis, baik dari dalam maupun luar negeri. Berbagai wisata menarik, seperti Pantai Losari, Benteng Rotterdam, Taman Nasional Bantimurung, Taman Laut Taka Bonerate, Tanjung Bira dan lainnya memang bisa memanjakanmu dengan pemandangan cantik. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan berbagai jalur, termasuk mengarungi lautan untuk bisa sampai ke ibu kota Sulawesi Selatan ini.

Ada 3 kapal laut yang bisa kamu gunakan supaya bisa sampai ke Makassar, seperti KM Gunung Dempo, KM Ciremai dan KM Nggapulu. Harganya pun terbilang murah, yakni Rp 276 ribuan untuk dewasa, Rp 212 ribuan untuk anak-anak dan Rp 44 ribuan untuk bayi. Terjangkau banget, kan?

tanjung bira makassar
instagram.com/lynnhalianto

Jadwal keberangkatan masing-masing kapal pun berbeda. KM Gunung Dempo berangkat dari Surabaya pukul 11.00 WIB dan sampai ke Makassar sekitar jam 12.00 WITA. Jadi, selama 25 jam, kamu akan mengarungi lautan jika naik kapal ini. 

Perjalanan menggunakan KM Ciremai menuju ke Makassar memakan waktu selama 28 jam. Keberangkatan dari Surabaya ke Makassar dari pukul 21.00 WIB sampai 01.00 WITA lusa harinya. Sementara itu, kamu akan mengarungi lautan selama 30 jam jika menggunakan transportasi KM Nggapulu. Dari Surabaya berangkat pukul 23.59 WIB dan akan tiba di Makassar jam 06.00 WITA lusa harinya.

3. Surabaya - Benoa/Denpasar

kapal awu surabaya benoa
kabarkan.co.id

Sudah jadi rahasia umum kalau Pulau Bali menyimpan eksotismenya sendiri, baik dari kebudayaan hingga wisata alam. Untuk sampai ke sini, kamu pun bisa menggunakan berbagai jalur, baik udara hingga laut. Buat kamu yang ingin berhemat, jalur laut tentunya bisa jadi pilihan meski jarak tempuhnya cukup jauh. 

Kamu bisa menggunakan kapal laut AWU yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pukul 09.00 WIB dan akan tiba di Benoa (Denpasar) keesokan harinya, yakni jam 10.00 WITA. Selama 25 jam mengarungi lautan tentu nggak bakal membuatmu bosan. Apalagi untuk yang suka menikmati ketenangan.

tanjung benoa bali
terraceatkuta.com

Tarif tiket ini pun sangat terjangkau. Cukup sediakan Rp 189 ribuan untuk penumpang dewasa, Rp 147 ribuan bagi anak-anak dan Rp 36 ribuan untuk bayi. Cocok banget untuk kamu yang pengen liburan hemat ala backpacker dan nggak diburu waktu, kan? Patut dicoba nih.

Apalagi, setelah sampai ke Benoa, ada berbagai wisata yang sudah menantimu. Mulai dari Pantai Tanjung Benoa, Pulau Penyu Bali, Hutan Bakau Tanjung Benoa, Kuil Caow Eng Bio hingga Pura Dalem Ning Lan Taman Beji bisa kamu kunjungi. Bahkan, kamu juga bisa menelururi berbagai wisata di Bali yang nggak kalah keren.

4. Makassar - Bima

kapal laut binaiya
beritatrans.com

Tiket kapal laut murah lainnya bisa kamu beli dengan rute Makassar - Bima. Dengan menggunakan KM Tilongkabila, KM Binaiya hingga KM Leuser kamu bisa tiba di salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini. Buat kamu yang nggak puas dengan wisata Makassar, Bima pun bisa jadi pilihan untuk berlibur. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai wisata kece, seperti Bukit Pundu Nence, Pulau Kelapa, Pemandian Madapangga hinggaSungai Kalate Ndira.

Lama perjalanan yang ditempuh saat menggunakan KM Tilongkabila bisa mencapai 27 jam. Kapal berangkat pukul 12.00 tiba di Bima jam 15.00 WITA keesokan harinya. Tapi, jadwal nggak menetap, dimana ada hari saat kamu akan menginap sekitar 10 hari di lautan. Jadi, sebaiknya selalu cek jadwal di akun resmi PT. Pelni, ya!

pulau kelapa bima
instagram.com/ama_bibu

Begitu juga saat kamu menggunakan KM Binaiya dan KM Leuser. Kamu bisa menikmati suasana lautan selama berhari-hari karena rute kapal laut yang nggak langsung ke Bima. Jadi, tetap pantau saja tiket kapal laut di situs resmi PT. Pelni. Dijamin nggak bakal ketinggalan.

Untuk harga, perjalanan menggunakan KM Tilongkabila dari Makassar ke Bima mematok tarif Rp 201 sampai Rp 851 ribuan (dewasa) dan Rp 25 ribu hingga Rp 90 ribuan (bayi). Semua tergantung rute yang diambil dari kapal laut. Semakin pendek rute yang diambil, maka harga tiket jauh lebih terjangkau.

Begitu pula dengan KM Binaiya yang mematok harga Rp 201 sampai Rp 639 ribuan (dewasa) dan Rp 25 hingga Rp 69 ribuan (bayi). Sementara itu, harga tiket KM Leuser hanya sekitar Rp 201 ribu (dewasa) dan Rp 25 ribu (bayi). Jadi, siap-siap update informasi agar selalu siaga soal jadwal. 

Baca juga: Harga Tiket Masuk di Asian Games 2018 mencapai 5juta, ini loh Caranya Nonton Murah agar Tetap Eksis Tanpa Bikin Dompetmu Tipis!

5. Surabaya - Jayapura

km dobonsolo
jadwalkapalpelnino1.blogspot.com

Jayapura adalah ibu kota Papua, dimana di sini banyak objek wisata yang super keren dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Raja Ampat yang pastinya sudah familiar, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Danau Sentani, Lembah Baliem dan masih banyak lagi wisata alam lain yang bisa banget memanjakan matamu. Nggak heran, banyak turis yang tertarik untuk berkunjung ke Papua. Termasuk kamu?

Nah, untuk bisa ke sini, jalur laut bisa jadi pilihan. Kalau kamu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo hingga KM Ciremai bisa mengantarmu ke tempat tujuan. Estimasi kedangan dari Surabaya ke Jayapura adalah kurang lebih 6 hari. Jadi, selama itu, kamu akan disuguhkan pemandangan tengah laut. 

danau sentani papua
instagram.com/yosinkogoya

Semua tarif untuk KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo hingga KM Ciremai sama semua. Cukup sediakan budget Rp 830 ribu (dewasa) dan Rp 88 ribu (bayi), semua transportasi ini siap mengantarmu ke lokasi. Dijamin perjalananmu lebih berwarna. Terlebih untuk yang nggak mabuk laut.

6. Semarang - Balikpapan

kapal laut semarang balikpapan
angkotindonesia.blogspot.com

Saat liburan tiba, Balikpapan bisa jadi pilihan tempat untuk memanjakan matamu. Sebab, di salah satu kota yang ada di Kalimantan Timur ini, kamu bisa menemukan beberapa wisata alam menakjubkan. Contohnya seperti Pulau Segajah, Liang Makngkulangit, Pantai Banua Patra, Danau Cermin Lamaru, Labuan Cermin, Danau Cermin Manggar dan masih banyak yang lain.

Jalur laut bisa juga jadi pilihanmu agar bisa sampai ke Balikpapan. Kapal laut KM Binaiya pun bisa mengantarkanmu sampai ke tempat tujuan. Cukup sediakan Rp 496 ribu (dewasa), Rp 377 ribu (anak) dan Rp 68 ribu (bayi), kamu sudah bisa sampai ke Balikpapan. 

labuan cermin balikpapan
backpackerjakarta.com

Estimasi waktu yang kamu butuhkan saat naik kapal laut ini kurang lebih 4 hari. KM Binaiya akan berangkat dari Tanjung Emas, Semarang pukul 11.00 WIB dan akan tiba 4 hari kemudian, yakni jam 05.00 WITA. Selama beberapa hari, tentu kamu akan mengarungu lautan. Seru, kan?

7. Surabaya - Serui

km dobonsolo surabaya serui
jadwalkapalpelnino1.blogspot.com

Papua memang nggak pernah habisnya untuk memesona para wisatawan. Objek wisata seperti Pantai Mariadei dan Mioka hingga telaga Sarawandori  bisa kamu nikmati keindahannya. Kalau kamu menggunakan jalur laut dengan tujuan Pelabuhan Serui, ketiga objek wisata itu pun cukup dekat.

Kapal laut yang akan mengantarkanmu ke Serui dari Surabaya adalah KM Dobonsolo. Kurang lebih 5 hari, kamu akan mengarungi lautan dengan alat transportasi ini. Kapal akan berangkat pukul 20.00 WIB dan sampai ke Pelabuhan Serui jam 18.00 WIT.

telaga sarawandori serui
instagram.com/bps9408

Harga tiket yang ditawarkan kalau naik KM Dobonsolo ini adalah Rp 774 ribu (dewasa) dan Rp 82 ribu (bayi). Rute yang ditempuh pun nggak terlalu banyak. Jadi, kamu bisa lebih cepat sampai ke Pelabuhan Serui dan objek wisata siap memanjakanmu. 

8. Jakarta - Bitung

kapal doro londa bitung
hargatiket.info

Banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Suguhan alam, mulai dari Taman Laut Bunaken, Gunung Tumpa, Pulau Lembeh, Taman Laut Tumbak, Pulau Sarena dan tentunya masih banyak lainnya sayang kamu lewatkan jika datang ke sini. Yakin akan melewatkannya saat liburan?

Untuk menuju ke Sulawesi Utara, kamu juga bisa menggunakan jalur laut yang menantang sekaligus menjadi pengalaman nggak terlupakan. Dengan menggunakan KM Dorolonda, kamu pun akan tiba di lokasi dengan estimasi waktu kurang lebih 6 hari. Berangkat dari Tanjung Priok, Jakarta pada pukul 19.00 WIB, KM Dorolonda akan sampai di Bitung pada jam 06.00 WITA 6 hari kemudian.

pulau sarena bitung
instagram.com/mariaemanuela19

Harga tiket kapal laut ini pun terbilang murah. Cukup membayar Rp 684 ribu (dewasa) dan Rp 73 ribu (bayi), KM Dorolonda siap mengantarmu ke Pelabuhan Bitung. Pas banget buat kamu yang ingin berhemat tapi punya pengalaman liburan menyenangkan.

Nah, itu dia informasi terkait tiket kapal laut murah supaya liburanmu lebih hemat. Meski begitu, sebaiknya tetap cek situs resmi dari perusahaan perkapalan yang ada. Pasalnya, jadwal keberangkatan kemungkinan akan berubah setiap harinya. Semoga informasi dari Qupas bermanfaat!

0 Comment